Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Kamis, 30 Desember 2010

Sistem refresh untuk libur sejenak..

Baglog jamur kita jika sudah memasuki masa produksi, maka akan terus menumbuhkan jamur secara bergantian.. Pada saat produksi ini akan timbul sedikit masalah jika jatuh pada hari-hari libur seperti hari besar, hari raya, libur tahun baru, dan sebagainya dimana pedagang off sementara.
Bagaimana mengantisipasinya agar panen kita tidak terbuang percuma..? Bagaimana teknik yang justru bertujuan untuk menghambat atau memperlama panen selanjutnya..?

Foto baglog setelah direfresh
lalu ditutup

Teknik yang biasa kami lakukan adalah teknik refresh. Teknik ini pernah kami bahas sebelumnya untuk mengantisipasi atau mengatasi hama ulat. Namun teknik ini juga berguna untuk menghambat panen sementara, paling tidak bisa menghambat sekitar 2-3hari jika bertepatan dengan hari libur...


Bagaimana cara kerja teknik ini..? Sederhana sekali:
  • Bersihkan baglog dengan melakukan pencungkilan mulut baglog dari bekas-bekas panen
  • Pembersihan juga meliputi bakal buah, pin head. Semua dicungkil habis..
  • Jika ada bakal miselia pun juga dibersihkan.
  • Lalu bersihkan pula lantai kumbung sebersih mungkin dari sisa-sisa bekas pembersihan tadi.
  • Langkah ke-5 ini optional, bisa juga dengan menutup kembali mulut baglog. Untuk hal ini sebaiknya membeli cincin baglog yang dilengkapi dengan tutupnya juga.
  • Lalu tutup kumbung tanpa diberi sirkulasi udara.
  • Tetap jaga kelembaban udara di kisaran 85%-90%
Setelah melakukan teknik refresh tadi, InsyaALLAH jamur tiram putih akan tertunda pertumbuhannya selama kurang lebih 2-3hari. Di hari ke-2 dari libur tersebut, bisa kembali diberikan raising yaitu pengabutan hingga ke mulut botol, jadi pada saat hari ke-3 pertumbuhan sudah normal kembali.

Jika ingin libur yang lebih lama yang mencapai kurang lebih seminggu atau 6 hari. Setelah melakukan pembersihan, mulut baglog wajib untuk ditutup kembali. Lalu jangan melakukan penyiraman kumbung dan lantai. Pada saat ini posisi baglog akan kembali di posisi inkubasi.

Keuntungan dari sistem ini adalah:
  • Karena sudah dibersihkan dengan baik, posisi baglog kembali fresh untuk pembentukan buah tanpa diganggu kotoran pada mulut baglog
  • Dapat menghambat sementara pembentukan jamur tiram pada saat yang memang tidak kita inginkan untuk tumbuh.
  • Menghemat atau mempertahankan nutrisi baglog. Jika dibiarkan menumbuhkan jamur, tentunya nutrisi baglog akan berkurang, jika jamur yang tumbuh itu bisa terjual sih.. tidak apa, lha jika memang pada saat hari libur, lebih baik direfresh saja. Dihambat pertumbuhannya, agar nutrisi dalam baglog bisa tetap stabil.
Yang perlu diperhatikan jika melakukan sistem ini adalah:
  • Pembersihan yang dilakukan harus bersih dan teliti
  • Kadar air dalam baglog harus tetap dipertahankan agar baglog tidak menjadi kering, caranya dengan menutup mulut baglog dan juga menjaga kondisi kelembaban kumbung.
  • Tetap perhatikan kebersihan kumbung.
  • Kurangi sirkulasi udara saat refresh
  • Intinya mengembalikan kondisi baglog seperti saat inkubasi. Jadi yang penting kadar air dalam baglog jangan berkurang.
Memang sebagai petani, ada kalanya kita ingin libur sejenak, karena jenuh juga jika tiap hari panen terus. Setidaknya teknik ini bisa untuk istirahat sejenak 2-3hari. Maksimal 6 hari

4 komentar:

  1. pingin usaha jamur tiram, lihat tata cara proses budidaya jamur terlalu banyak. berapa biaya harus dikeluarkan klau semua ditangani. Darimana start untuk budidaya jamur. trims.

    BalasHapus
  2. ass... apa kabar mas..
    gimana kabar bibit saya... apa kah sdh bisa didelivery kepalembang... mohon infonya...
    wass

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumsalaam wr wb.. InsyaALLAH sudah bisa Mas Ikrom.. coba sms dan email lagi untuk konfirmasi alamat supaya bisa kami prediksi biaya pengirimannya. Terima kasih.. Wass WR WB

    BalasHapus
  4. ass..........salam kenal pak.sya bru coba jd petani jamur d sidoarjo.saya mau tanya nih!.setelah panen pertama dan ke dua hasil panen saya berkurang,pa hal yg saya alami sama dengan petani lain?.terus solusinya gimana?.saya juga sudah buwat kolam d bawa raknya loh?.sebelumnya terimakasih.......wass

    BalasHapus