Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Jumat, 02 November 2007

Pengamatan panen jamur tiram putih

Kami melakukan pengamatan yang lebih intensif pada rumah jamur (kumbung) sekolah dolan sejumlah 6000 baglog. Dari jumlah tersebut kami bagi menjadi 5 periode pembukaan bibit baglog pada masa produksinya.


Grafik tersebut adalah grafik periode pembukaan ke-3 tanggal 24 agust 07 sejumlah 1200 baglog. tampak pada grafik, yang dapat disimpulkan adalah :

  • Dari pembukaan hingga pertama kali panen memerlukan waktu 7-10 hari.
  • Durasi waktu panen pada panen pertama adalah sekitar 10 hari, selanjutnya menurun, kemudian 5-7 hari setelah grafik menurun, grafik meningkat lagi menuju masa panen kedua.
  • Grafik panen ke-3 menunjukkan hasil yang cenderung mendatar, atau sudah tidak homogen lagi, hal ini disebabkan nutrisi bibit untuk menghasilkan jamur tiram putih sudah berkurang.


Dari kesimpulan tersebut, pada awal november ini kami lakukan pembukaan dari belakang dengan tujuan untuk meningkatkan kembali progress panen tetapi melalui belakang baglog.



Hal ini dapat dilihat pada foto berikut ini :

Tampak dari foto, kami telah melakukan pembukaan pada bagian belakang bibit baglog jamur. Dengan tujuan panen jamur melalui bagian belakang ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar