Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Sabtu, 08 Januari 2011

Memperhatikan perkembangan miselium PDA; F1; F2; dan Baglog jamur tiram putih

Dalam membuat baglog jamur tiram putih yang bisa berkesinambungan, ketersediaan bibit harus tetap diperhatikan. Ini untuk menghasilkan kualitas baglog yang baik. Seringkali kita terlupa, karena asyik membuat baglog, terkadang kurang memperhatikan apakah bibit F2 sudah tersedia untuk inokulasinya nanti. Padahal maksimal 2 hari dari sterilisasi di steamer, baglog sudah harus diinolukasikan.

Nah.., untuk itu ketersediaan bibit harus dijamin ada. Bagaimana memperhatikan siklus perkembangan miseliumnya..? Posting ini mungkin biar foto/gambar saja yang berbicara, agar lebih jelas..

PDA
Untuk PDA, tahap perkembangan miselium yang baik adalah pada hari ke-3 sudah tampak indukan terselimuti miselium. Di hari ke-4, miselium sudah mulai menyebar pada media agar-agarnya. Nah.. untuk botol kecil, biasanya di hari ke 7 sudah menyebar sekitar 70%, dan memasuki hari ke-10 sudah mencapai 100%. Untuk botol besar, kira-kira mencapai 100% pada hari ke-15.

PDA umur 2 hari

PDA umur 4 hari

PDA umur 4hari

PDA umur 7hari

F1
Untuk perkembangan F1, pada hari ke-3 atau 4, PDA yang dimasukkan pada media jagung sudah mulai menunjukkan reaksi pembentukan miselium. Lalu miselium tersebut mulai menjalar pada media jagung sekitar 20%-30% pada hari ke-7. Untuk mencapai 80% dari botol, biasanya untuk F1 memerlukan waktu sekitar 15-18hari. Dan mencapai 100% pada hari ke-20

F1 umur 3 hari

F1 umur 7 hari

miselia F1 umur 18hari

F2
Jika media F2 dari biji jagung, perkembangan miselium akan terpantau cepat, biasanya pada hari ke-15 atau hari ke-18 miselium sudah- mencapai kurang lebih 90%-100%. Namun jika menggunakan media gergajian, biasanya perkembangan miselium akan terpantau lebih lama. Tahap awal hingga ke mulut leher biasanya memerlukan waktu sekitar-3-5hari. Untuk mencapai 90%-100% memerlukan waktu sekitar 25-30hari.

F2 umur 3 hari


F2 umur 8 hari
Baglog
Untuk baglog, rata-rata perkembangan miselium hingga mencapai 90% memerlukan waktu sekitar 25hari-30hari. Setelah itu dibuka cincinnya, dan normalnya 7-10 hari kemudian akan tumbuh jamur tiram putihnya..

baglog umur 2-3hari



Ok mari diurutkan
PDA=15 hari ---> F1=20hari ---> F2=30hari ---> Baglog=30hari ---> tumbuh jamur 10 hari. Jadi dari awal membuat indukan PDA hingga menghasilkan jamur tiram putih memerlukan waktu 15+20+30+30+10 = 105hari.

Nah.., dengan memperhatikan siklus perkembangan miselium masing-masing bibit ini, InsyaALLAH kita bisa membuat schedulle/penjadualan kerja pada proyek jamur tiram putih dengan lebih baik.

Schedulle/penjadualan yang baik akan membuat produksi jamur kita bisa optimal dan juga tentunya sesuai dengan kualitas yang baik seperti yang diharapkan

1 komentar:

  1. kelemahan dan penyakit jamur biasanya dimana sii,trus bagaimana agar jamur tumbuh secara sempurna?


    terimakasih..

    BalasHapus