Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Minggu, 04 April 2010

Penggunaan boiler agar sterilisasi baglog jamur tiram murah, efisien, dan sempurna

Pada proses sterilisasi baglog jamur tiram putih, metoda yang terbanyak digunakan adalah dengan mengkukus atau diberi steam (uap panas) hingga suhu media mencapai 100 derajat C. Setelah suhu media tercapai, kondisi ini hendaknya dipertahankan hingga 4 jam untuk menjamin panas uap telah membunuh semua bakteri yang ada.

Pengukusan baglog dapat dilakukan dengan :
  • Mengukus langsung dengan menggunakan tong
  • Mengukus langsung ke dalam steamer dengan pemasan tong seperti foto di bawah ini namun sistem ini sekarang kurang efektif karena memerlukan bahan bakar yang cukup banyak dan memerlukan waktu yang cukup lama, hingga 12-15jam.
  • Menggunakan boiler sebagai alat penghasil uap untuk dialirkan ke steamer. Dalam posting kali ini memang akan dibahas khusus secara sederhana dan singkat mengenai masalah ini.
Penggunaan boiler ini memiliki berbagai keuntungan:
  • Uap panas yang dihasilkan memiliki tekanan yang tinggi
  • Pemanasan di dalam steamer hanya membutuhkan waktu yang singkat
  • Memperbesar tingkat keberhasilan dalam proses sterilisasi
  • Efektif dalam penggunaan bahan bakar. Dengan skema yang akan dibahas ini, menurut pengalaman kami, menggunakan tong dengan kapasitas sekitar 200 liter, boiler mampu mensterilisasi sekitar 1200 baglog media jamur dalam waktu kurang lebih 8-9jam, dan hanya mengabiskan 1,5 tabung LPG ukuran 12kg. Subhanallah.. berarti jika harga LPG adalah Rp.80.000,- berarti biaya pembelian LPG = Rp. 120.000,-. Jika mampu mensterilisasi 1200 baglog, biaya per baglog untuk proses sterilisasi adalah Rp.120.000 /1200 = hanya Rp.100,- saja.
Trus... bagaimana konstruksi dari boiler itu...???? Berikut sedikit informasinya:

Sebelumnya mari kita diskusikan apa yang dimaksudkan dengan boiler.
Boiler adalah sebuah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air hingga terbentuk sebuah uap panas atau steam.
Air panas atau steam yang dihasilkan ini pada tekanan tertentu digunakan untuk mengalirkan panas ke sebuah proses, yang disini kita manfaatkan untuk proses sterlisasi media baglog jamur tiram putih.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah, setelah air panas diubah menjadi steam (uap panas) volumenya akan berubah menjadi 1600 kali, tenaga yang dihasilkan pun bisa menyerupai bubuk mesiu yang mudah meledak.. Nah.. untuk itu penggunaan boiler dan pemilihan jenis bahan untuk membuat boiler perlu diperhatikan dengan baik, karena menyangkut keamanan.

Jenis boiler yang umumnya dibuat untuk industri ini adalah :

Fire tube boiler
Yaitu dengan sistem panas dari api pemanasan melalui sebuah tube atau pipa-pipa selanjutnya air umpan berada di dalam sebuah shell atau bejana diubah menjadi steam.
Fire tube boiler ini biasa digunakan untuk kapasitas steam yang relatif kecil dengan tekanan uap (steam) yang sedang sampai besar. Fire tube boiler ini cukup efektif untuk kecepatan steam 12.000 kg/jam dengan tekanan hingga 18 kg/cm2.
Sistem fire tube boiler ini konstruksinya bisa di gunakan dalam pembuatan boiler sederhana untuk dimanfaatkan dalam sterilisasi media baglog jamur tiram.

Water tube boiler
Air umpan boiler mengalir melalui pipa-pipa masuk ke dalam drum. Air yang tersirkulasi ini kemudian dipanaskan oleh gas pembakar dan terbentuklah steam dalam daerah uap di drum. Boiler ini dipilih jika kebutuhan steam dan tenaga steam sangat tinggi seperti pada pembangkit tenaga.

Ilustrasi skemanya pada gambar berikut:

Terus bagaimana untuk konstruksi boiler yang efektif bagi sterilisasi media baglog jamur tiram?
Konstruksi yang di pilih bisa merupakan pemanfaatan skema fire tube boiler atau water tube boiler. Kapasitas air dan uap pada bejana sederhana umumnya sekitar 200 liter. Konstruksi yang dipilih bisa menggunakan plat baja atau tong sederhana.

Berikut ini salah satu skema sederhana dari boiler yang dimanfaatkan untuk menghasilkan uap panas yang dialirkan ke dalam steamer :



pembuatan boiler sesuai skema di atas


Boiler dengan modifikasi skema di atas dan
menggunakan bahan bakar kayu bakar saja

Yang perlu diperhatikan adalah :
  • Periksa betul ketebalan tong yang digunakan, sebaiknya gunakan yang cukup tebal.
  • Bejana di dalam boiler bisa menggunakan plat baja atau juga tong, bentuknya bisa menyerupai tabung juga dan di atasnya terdapat pipa baja 3".
  • Pada bagian pipa sirkulasi yang terdapat dalam boiler berguna untuk mengalirkan air yang dipanaskan oleh gas pembakar dipasang rapat secara zigzag dengan tujuan masing-masing pipa mendapatkan panas yang merata dari api kompor.
  • Gunakan pipa galvanis dengan ketebalan cukup
  • Perhatikan dengan benar posisi level air jangan sampai melebihi batas lower, karena tenaga boiler bisa sangat besar dan dikhawatirkan meledak.
  • Walaupun penggunaan tong lebih murah (paling hanya habis 2juta an) tetapi disarankan tetap menggunakan bahan plat baja atau stainlesssteel agar lebih aman dan tanah lama.

Untuk skema boiler yang menggunakan fire tube boiler, skemanya seperti berikut ini:

Untuk fire tube boiler ini yang digunakan adalah plat baja setebal 4mm, sehingga biaya pembuatannya agak mahal. Skema ini memerlukan pemanasan api yang diberi blower yang bertujuan untuk menyalurkan api lebih sempurna ke dalam pipa pengumpan panas.





13 komentar:

  1. jual alat steamer tidak. jelaskan cara sterilisasi menggunakan steamer beton ya mas..?

    BalasHapus
  2. Sya tertarik dengan alat boiler dengan steamer. untuk spesifikasi dan penawaran harga berapa ya Pak? mohon bisa dikirimkan lewat email.trims

    BalasHapus
  3. oiya, email saya teguh_baruji@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, boilerku 75% siap dirakit.tinggal pasang temperature gauge, safety valve aja...thanks Mas FIT

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Mas Fit...Saya juga tertarik dengan boiler denga streamer, mohon spesifikasi dan anggaran biaya mas dikirim ke email saya mas, asmar24@gmail.com..sukron..

    BalasHapus
  6. Danu Hananto24 Mei 2011 19.34

    Assalamualaikum,mas Fit salam kenal,Saya Danu diPalembang,alat steamer ciptaan mas Fit ini sungguh menginspirasi saya untuk dapat lebih menekuni usaha jamur tiram yang baru akan saya geluti,semoga ilmu yang mas bagi buat kami yang masih hijau ini mendapat berkah dari AllahSWT,Amien..Terima kasih mas atas ilmunyaa.......

    BalasHapus
  7. Sya tertarik dengan alat boiler dengan steamer. untuk spesifikasi dan penawaran harga berapa ya Pak? mohon bisa dikirimkan lewat email widayatno@yahoo.com.trims

    BalasHapus
  8. Ass mas Fith yg baik, untuk Boiler dgn drum ,berapa BAR yg harus di sett pada safety valve ? maturnuwun

    BalasHapus
  9. wow Saya sgt tertarik dgn alat boiler dengan steamer. untuk spesifikasi dan penawaran harga brapa ya Pak? mohon bisa dikirimkan lewat email bsaputra34@gmail.com tks u infonya

    BalasHapus
  10. sy mau beli boiler bisa tdk ?

    BalasHapus
  11. Mas bisa pesen d buatkan boilernya mas?

    BalasHapus
  12. Sya tertarik dengan alat boiler dengan steamer. untuk spesifikasi dan penawaran harga berapa ya Pak? mohon bisa dikirimkan lewat email faluq@yahoo.com.trims

    BalasHapus