Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Jumat, 07 Januari 2011

Pemasaran jamur tiram.. (gimana sih..??)

Banyak email, telpon, sms yang menanyakan kepada kami, bagaimana sih cara memasarkan jamur tiram yang baik dan efektif..? Apakah bisnis jamur tiram ini masih cukup prospektif untuk dijalankan..?
Ada lagi yang bertanya.., apakah kami punya supplier jamur tiram yang menerima hasil panen jamur dengan jumlah besar..? Misalkan 100kg per hari..?

Pertanyaan-pertanyaan ini harus dijawab dengan jawaban.., yaa.. kalau memasarkan jamur tiram itu jangan terlalu dipikir sulit.. tapi juga jangan dipikir gampang.. Tapi dengan semakin membaiknya kondisi perekonomian masyarakat.. dan juga meningkatnya konsumsi jamur, InsyaALLAH bisnis jamur tiram ini masih akan semakin prospektif..
Ya.. jamur itu harus dianggap sebagai sayuran biasa saja lah.. Jadi orang beli jamur sama saja dengan beli sayur.. jangan dianggap mahal..
Ok, untuk memasarkan jamur tiram putih.., kita memang harus melihat potensi daya serap yang ada di masyarakat sekitar kita..

Sebelumnya paling sederhananya kita harus survey ke pasar setempat apakah sudah ada pemasaran jamur tiram, seberapa besar kebutuhannya, dan bagaimana sistemnya. Setelah pasar, kita juga perlu membidik beberapa segmen yang lainnya seperti, warung, rumah makan, outlet-outlet jajanan (seperti jamur goreng, tahu goreng), supermarket, catering, dan sebagainya..

Bahkan sekarang, tempat jualan nasi goreng, capjay, chinese food, untuk membuat capjay sudah diberi jamur tiram.., dalam survey kami, satu outlet saja membutuhkan 2-3kg per harinya..
Jadi coba dipilah lagi dan diperhatikan potensi penjualan jamur tiram tadi..:
  • Pasar tradisional
  • Warung
  • Rumah makan
  • outlet jamur crispi, tahu crispi, singkong goreng keju plus jamur
  • Outlet martabak
  • Usaha catering
  • Outlet nasi goreng
  • Supermarket
  • dll dsb deh..
Jreng.., kesimpulannya potensi penjualannya banyak sekali khan..? Kita tinggal membagi segmennya saja dan fokus pada penjualan ke bagian mana..

Pengalaman pribadi kami, pada awalnya penjualan jamur tiram kami ikut plasma saja. Untuk hal ini, memang resikonya sangat kecil, kita tidak perlu berfikir pada masalah pemasaran dan semua hasil panen jamur diterima. Namun memang, harga jamur tiram yang diterima juga tidak akan mahal. Kami sendiri saat itu sampai akhir 2008 diterima dengan harga Rp. 6000,- per Kg..
Nah.., dengan harga tersebut, walaupun ada keuntungan namun sangat sedikit.

Situasi pada pemasaran plasma

Coba kita hitung, jika per baglog hasil jamur terjual sekitar 400gram, jadi akan menghasilkan uant 0,4x Rp. 6000,- = Rp.2400,-. Dengan harga baglog Rp.1800,-, keuntungan kotornya per baglog hanya Rp.600,-. Jadi dari 10.000baglog akan menghasilkan keuntungan kotor 6juta selama kurang lebih 5bulan (1bulan inkubasi 4 bulan produksi). Dari keuntungan kotor itu masih dikurangi operasional, pembayaran tenaga kerja, kontrak lahan dan sebagainya. Kesimpulan, keuntungan bersihnya tinggal 300.000 per bulan.. hehe dikit yaa..

Pemasaran ke warung/outlet
(curah saja)


Pemasaran ke pasar tradisional dikemas per 200gram

Karena kondisi tersebut pada akhir 2008 kami dengan sedikit nekat mengajukan diri untuk keluar dari sistem plasma penjualan jamur tiram. Kami langsung melakukan survey di kota Malang dan Surabaya.., menawarkan jamur tiram. Dan Alhamdulillah responnya cukup baik dan prospektif. Syaratnya yaa.., kita jangan asal ngomong saja, kita harus benar-benar punya produk jamur tiram.. karena rata-rata pelanggan akan menanyakan kapan bisa mulai support. Di Malang dan Surabaya ada yang minta 2kg, 5kg, 10kg, 15kg, 7kg bahkan hanya 1,5kg perhari.. dari seluruh pelanggan kami kumpulkan ternyata permintaan per harinya mencapai 100kg.. Luar biasa.. dan rata-rata kami bisa menjual dengan harga Rp.8000 - Rp.10.000 per kg melihat grade dan kualitas jamur tiram..

Bayangkan, dengan sistem plasma, beda harganya Rp.8000 - Rp.6000 = Rp.2000 per kg. Jangan anggap remeh nilai 2rb /kg ini.. panen dari 2 kumbung dengan kapasitas masing-masing 8000 baglog bisa mencapai 3200kg x2 = 6400kg, coba kalikan 2rb tadi. Selisih penjualan yang bisa didapat adalah sejumlah Rp. 12.800.000,- wow.. Luar biasa..!!!
Akhirnya dengan segala resikonya kami dengan bersemangat melakukan pemasaran sendiri saja. Walaupun harus bolak-balik Malang-Junggo Batu dengan jarak rata-rata 25km (pp 50km) untuk nilai 12juta an tadi..

Operasional pemasaran (cukup motor saja)

Dan untuk ini kami hanya menggunakan sepeda motor.. karena rata-rata pelanggan meminta jamur tidak perlu dikemas, jadi dijual curah saja.., sehingga cost operasionalnya bisa cepat.

Berikut ini video pengemasan jamur untuk dijual ke pasar tradisional, membutuhkan cukup banyak tenaga untuk mengemas sekitar 80kg jamur:


Bayangkan, jika menjual ke pasar tradisonal, harus dikemas 200gram, itu membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit (operasional mahal). Jika menjual curah, untuk hasil panen 100kg, cukup dikerjakan 3 orang saja.. Ahamdulillah..

Panen 70kg hanya 3 orang yang kerja
(termasuk saya, hehe)


Kesimpulannya ya yang tadi itu.. Pemasaran tidak perlu dipikir sulit.., tapi juga tidak gampang, bagaimana usaha kita saja. Dan jangan berfikir selalu harus menjual ke tengkulak atau supplier jamur tiram yang besar saja.., jika kita mampu langsung direct sell ke pelanggan, justru harga jamur yang kita jual juga bisa semakin tinggi..

64 komentar:

  1. Agung Eko Prasetyo W7 Januari 2011 pukul 07.12

    Mas kalu dijual curah supaya kondisi jamur tidak pecah caranya bagaimana? 1 kresek berapa kg?
    Maturnuwun.

    BalasHapus
  2. Mas Agung: tentu saja ada yang pecah Mas.Tetapi itu adalah untuk pelanggan kami yang langsung diolah menjadi masakan, jamur crispi, abon, kripik, capjay, dsb. Jika pelanggan akan dijual lagi ke pasar, tentu harus utuh, karena itu potensi pemasaran harus diperluas. Per kresek 5-6kg saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Fithrawan, kalau saya mau supply jamur tiram jenis extern ke Mas Fithrawan per hari 300 kg bisa ditampung enggak Mas? Lalu bisa diterima dengan harga berapa ya.

      Mohon info Mas.

      Thanks and regards,
      Ciska

      Hapus
  3. wah...nice info...berguna sekali buat saya yang ingin mulai merintis usaha jamur tiram ini di kalimantan...mau tanya apakan untuk perkembangbiakan jamur ini memerlukan tempat yang khusus misalnya di daerah dingin, kota, dll. terima kasih..

    BalasHapus
  4. m'fith, pasar plasma jamurnya di daerah mana mas?

    BalasHapus
  5. mas, boleh nggak berbagi alamat tempat restoran atau tempat yang mau menerima jamur tiram tsb...

    BalasHapus
  6. saya do'akan sukses selalu buat wirausahawan muda ...

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum wr wb.
    Alhamdulillah sebelumnya dan saya ucapkan terima kasih dengan dengan ilmu yg disampaikan dengan jelas, mas Wawan saya sa'at ini baru menyiapkan ladang persiapan tempat untuk lokasi, sampai sa'at bangunan dan kumbung siap saya harus punya bahan untuk permulaannya, saya butuh untuk PDA ukuran besar 3 botol dan juga ada yang mau saya tanyakan masalah dengan autoclave, boiler utk kapasitas 1000 baglog berapa harganya paket lengkap, berapa pengiriman biaya sampai lokasi Cibeteung Udik Parung Bogor...saya tunggu jawabannya dan pemesanannya berapa lama utk alat tsb....Terimakasih Wasslamulaikum....Agus 087878722239 / 0813 111 111 27..FB : jamur ku (budidayajamur@yahoo.com)

    BalasHapus
  8. saya tonny
    saat ini saya melakukan pemberdayaan mengenai budi daya jamur tiram kepada korban erupsi merapi. apakah bisa dibantu pemasarannya?

    BalasHapus
  9. saya butuh JAMUR TIRAM putih banyak.........harga bgus dan kwalits bgus < 087828296500 .>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru buka blog ini jadi baru tahu ada yg perlu jamur tiram putih dalam jumlah banyak tanggal 5 September 2011. Apa sekarang masih perlu banyak ya?

      Saya bisa supplay 300 kg per hari jamur tiram jenis extern, kalau masih memerlukan.

      Lokasi di Jawa Timur. Bisa kontak saya di 0811117514.

      Berapa harga per kg nya? Saat ini kami menjual dengan harga Rp 11.000 untuk ritel

      Hapus
  10. mas fitrawan sekarana aku punya jamur tiram kering, tolong kalo ada info pasarnya ya... maturnuwun..

    BalasHapus
  11. Saya butuh jamur tiram putih segar utk wilayah Slawi Kab Tegal Jateng. 100kg/ hari. hub. 081542185397

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Doni,

      Maaf baru buka2 blog ini, jadi baru tahu kalau Mas Doni memerlukan jamur tiram putih segar 100 kg/hari pada saat posting tanggal 24 oktober 2011.
      Apa sekarang masih memerlukan ya Mas?

      Saya bisa supplay per hari 300 kg per hari. Lalu berapa harga yang bisa diterima Mas sampai Slawi?

      HP saya: 0811117514

      Thanks and Regards,
      Monic

      Hapus
  12. kami menyediakan jamur tiram segar dan jamur kuping kering, jika berminat bisa hubungi kami segera,.
    susyanto 082135131056
    solo jawa tengah

    BalasHapus
  13. Mas sy boleh minta bibit jamur tiramnya???
    Sya Mahasiswa Biologi Untad Palu, sya mau mencoba budidaya jamur tiram di kota palu...
    (085256251661)

    BalasHapus
  14. saya membutuhkan jamur tiram segar dalam jumlah banyak (300 kg ) rutin per hari untuk memenuhi kebutuhan pasar induk di bekasi, domisili saya di bogor, jika ada yang berminat kerjasama hubungi saya di 08561074005

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Bapak/Ibu,

      Kebetulan saya buka2 blog nya Mas Fithrawan dan mengetahui kalau ada posting tanggal 8 September 2012 Anda memerlukan jamur tiram segar dalam jumlah 300 kg per hari rutin.
      Saya coba call belum tersambung.

      Saat ini saya bisa supply kebutuhan jamur tiram Anda, apa saja persyaratannya dan bisa diterima dengan harga berapa per kg nya?

      Mohon feedback, HP saya: 0811117514

      Regards,
      Monic

      Hapus
    2. Salam kenal,saya penyedia jamur tiram putih dengan kwalitas terbaik. Lokasi d lembang bandung. Apabila ada konsumen yang memerlukan bisa,menghubungi saya 087776060294. Kami bisa menyediakan jamur dalam jumlah besar.

      Hapus
  15. Salam semangat mas fithrawan.... Bagi teman2 yang mau share budidaya jamur di wilayah kediri silahkan hub saya di 081234101031

    BalasHapus
  16. saya usaha jamur tiram putih, bersih, segar , dan banyak kriteria (untuk keripik, sate jamur, bakso, dll) karena jamur tiram mempunyai kriteria yang berbeda untuk macam2 jamuran biar jozzz.. hub saya Arum Sakti 085743050467/ 085228328977

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap ratusan kiloo saya kirim ke rumah andaaa...

      Hapus
  17. inspiratif banget.....semangat

    BalasHapus
  18. Saya menyediakan jamur tiram segar di daera wajak, malang.jika beminat hubungi saya 085735361722 (FIRMAN)

    BalasHapus
  19. saya menyediakan jamur tiram segar dengan produksi 100kg per hari.
    lokasi saya di garut-jawa barat.
    yang berminat bisa hubungi saya.
    call : 082115115235
    email : ndickx07@yahoo.co.id
    trims

    BalasHapus
  20. Dsni suliiit skli pmasaran

    BalasHapus
  21. ni nyoman mekarwati5 Maret 2014 pukul 13.06

    bagi yang membutuhkan jamur tiram putih segar, saya menyediakan sampai 100 kg/hari.
    lokasi saya wilayah denpasar-bali
    yang berminat hub : 085715727793
    thnks :)

    BalasHapus
  22. saya mencari penampung jamur tiram daerah bandar lampung apa kah ada yg bersedia memasarkan jamur tiram saya?

    BalasHapus
  23. Terima kasih sharingnya.. saya sedang merintis usaha jamur tiram wilayah bumijawa kab. Tegal

    BalasHapus
  24. saya menyediakan jamur tiram segar dg produksi sekitar 300kg per hari lokasi di indralaya ogan ilir sumatera selatan.. minat bisa lgsg hubungi saya ke 08127137134
    terimakasih

    BalasHapus
  25. Tuk wilayah Mandiraja Klampok,Susukan/sekitar Banjarnegara Jateng.Bila ada yg membutuhkan jamur tiram, hub 085747598943

    BalasHapus
  26. Sy di cipanas, bila ada yg berminat ambil jamur tiram segar/ kering silahkan hub 0877 3973 1000. Makasih

    BalasHapus
  27. sedia jamur segar siap panen tinggal pesan 081263332656 lokasi medan tembung dan sekitarnya, trm ksh

    BalasHapus
  28. kami menyediakan jamur tiram segar untuk wilayah surabaya. silahkan pesan dan hubungi 085785256582

    BalasHapus
  29. di jogja adakah pengepul yg membutuhkan jamur tiram putih?

    BalasHapus
  30. di jogja adakah pengepul yg membutuhkan jamur tiram putih?

    BalasHapus
  31. saya menyediakan jamur tiram putih masih segar wilayah surabaya tepatnya di medokan ayu.12.000/kg
    hub:085731717315(Alex)

    BalasHapus
  32. saya menyediakan jamur tiram putih masih segar wilayah surabaya tepatnya di medokan ayu.12.000/kg
    hub:085731717315(Alex)

    BalasHapus
  33. saya menyediakan jamur tiram segar dengan produksi 60kg per hari.
    lokasi di tasikmalaya-jawa barat.
    berminat, bisa hubungi saya.
    call : 082298353566
    email : yumanizar@gmail.com
    trima kasih

    BalasHapus
  34. selamat malam...utk yg butuh jamur tiram ..bisa wa ke 081931463538
    imam Ozan
    domisili di bandung jawa barat

    BalasHapus
  35. Saya sedang mencari buyer/pembeli jamur tiram untuk wilayah kita medan sumatera utara. Produksi jamur tiram saya per hari 220kg. Siap kontrak

    BalasHapus
  36. Untuk info dapat hubungi saya
    Ni hp/wa 0852 764 99 555

    BalasHapus
  37. Saya sedang mencari buyer/pembeli jamur tiram untuk wilayah kita medan sumatera utara. Produksi jamur tiram saya per hari 220kg. Siap kontrak

    BalasHapus
  38. Maaf kalo ada yang membutuhkan jamur tira bis hub vai tlp / wa ; 0821-1120-2107 ( budi yanto ) tks

    BalasHapus
  39. yg butuh jamur tiram putih bagus jamin ga kecewa hub wa 081288231359.husus yg dibekasi atau jakarta utk infonya silahkan add di wa

    BalasHapus
  40. yg butuh jamur tiram putih bagus jamin ga kecewa hub wa 081288231359.husus yg dibekasi atau jakarta utk infonya silahkan add di wa

    BalasHapus
  41. Saya membutuhkan jamur,
    Adakah yg bisa melakukan pengiriman ke balikpapan
    Silahkan hubungi saya 081228437113

    BalasHapus
  42. Jamur tiram segar. Siap menerima pengiriman dalam kota maupun luar kota. Hub sms/wa 085853920008

    BalasHapus
  43. Yang butuh jamur tiram putih daerah ngrambe ngawi hub WA+60184037839

    BalasHapus
  44. Saya mencoba usaha kecil kecilan budidaya jamur tiram tapi saya pusing harus memasarkan kemana sementara masyarakat di sekitar saya blm bnyak yg eminati olahan jamur tiram

    BalasHapus
  45. Saya membutuhkan jamur tiram segar dan baru dipanen 50 kg per hari. Khusus daerah malang kota.
    Silahkan sms (only) ke no 085748542063. Tawarkan harga anda.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  46. Assalamualaikium saya mau yoba usaha jamur tiram tetapi bingung pemasaranya adakah yang siap membeli. Mohon infonya
    Trimakasih

    BalasHapus
  47. Assalmualaikum
    Maaf sbelumnya perkenalkan sya abdul supplier jamur tiram
    Untuk skarang sya bisa supplie 100 kg per hari ,untuk yg bisa menerima silahkan hubungi
    WA 081358826944
    Lok Batang jawa tengah

    BalasHapus
  48. saya ingin merintis usaha budidaya jamur tiram, daerah blitar jawa timur, ingin share mengenai pembibitan budidaya sampai pemasaran. bs share wa 08119237007

    BalasHapus
  49. Assalmualaikum
    Maaf sbelumnya perkenalkan saya Rai Sugih supplier jamur tiram Putih
    Untuk sekarang saya bisa supplie 100 kg per hari ,untuk yg bisa menerima silahkan hubungi
    WA 082126437065
    email: Raisugihh@gmail.com
    Lok Tasikmalaya

    BalasHapus
  50. Barangkali ada yang masih butuh pasokan atau lagi cari jamur tiram segar, dan ingin menjualnya lagi saya siap kirim stok 100kg/hr kirm wilayah surabaya atau jawa WA 082233461237 tulungagung

    BalasHapus
  51. Www.suksesjamurtiram.blogspot.com

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. saya dari jatim mau budidaya jamur tiram tapi bingung jualnya kemana tolong infonya kalau tau tempat pengepul jamur tiram

    BalasHapus
  54. Tolong kak, apakah ada peluang penjualan jamur kering,?

    BalasHapus
  55. Saya mau usaha budidaya jamur tiram di gresik apa ada yg bisa bantu pemasaran hasil panen /pegepul jamur tiram

    BalasHapus
  56. Wah blog yang sangat menginspirasi.

    Bagi teman-teman yang memerlukan jamur tiram putih bisa hubungi WA saya di 0895-6313-57378

    BalasHapus