Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Jumat, 24 Juni 2011

Ebook Rekayasa Pembuatan Bibit Jamur Tiram

UPDATE BAB VI (16 Agustus 2011)

Bismillaahirrohmaanirrohiim
berikut ini ebook tentang teknik pembibitan jamur tiram, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan. Penyusunan bertahap, jika ada tulisan (ok) berarti sub bab sudah selesai dan bisa di unduh / download.
Oya.., tulisan ini ada HAKI nya yaa.. trims.. (boleh disebarkan namun dengan menyebutkan sumbernya, dilarang keras mengutip isinya tanpa seizin penulis, dan juga tidak boleh diperjualbelikan)


Rekayasa Pembibitan Jamur Tiram Putih

I. Pendahuluan (2708 kb)

1.1. Keajaiban multiplikasi dalam pembibitan jamur (ok)

1.2. Pentingnya memahami rekayasa pembibitan jamur tiram (ok)

1.2. Pentingnya bibit yang berkualitas (ok)

II. Rekayasa Kultur Jaringan Jamur Tiram Putih (3347kb)

2.1. Pembuatan bibit F0 / PDA (ok)

2.2. Sekilas tentang PDA (ok)

2.3. Bahan yang diperlukan (ok)

2.4. Peralatan yang diperlukan (ok)

2.5. Tata cara rekayasa pembibitan PDA (ok)

2.6. Tips dan hal yang perlu diperhatikan (ok)

2.7. Memahami kegagalan dalam pembuatan PDA dan antisipasinya (ok)

2.8. Memahami perkembangan miselium PDA (ok)

2.9. Multiplikasi PDA ke PDA (ok)

2.10. Perbandingan kualitas PDA murni dan PDA ke PDA (ok)

2.11. Pentingnya memilih PDA berkualitas (ok)

III. Rekayasa penurunan generasi PDA ke bibit induk F1 (4251 kb) UPDATE!!

3.1. Pembuatan bibit F1 (ok)

3.2. Bahan yang diperlukan (ok)

3.3. Peralatan yang diperlukan (ok)

3.4. Tata cara rekayasa pembibitan F1 (ok)

3.5. Tips dan hal yang perlu diperhatikan (ok)

3.6. Memahami kegagalan dalam pembuatan F1 dan antisipasinya (ok)

3.7. Memahami perkembagan miselium F1 (ok)

3.8. Bagaimana membedakan F1 dan F2 media jagung (OK)

IV. Rekayasa generasi F1 ke F2 jamur tiram media jagung (1187 kb)

4.1. Pembuatan bibit F2 media jagung (ok)

4.2. Bahan yang diperlukan (ok)

4.3. Peralatan yang diperlukan (ok)

4.4. Tata cara rekayasa pembibitan F2 media jagung ok)

4.5. Tips dan hal yang perlu diperhatikan (ok)

4.6. Memahami kegagalan dalam pembuatan F2 dan antisipasinya (ok)

4.7. Memahami perkembagan miselium F2 media jagung (ok)

V. Rekayasa generasi F1 ke F2 jamur tiram media gergajian (16.923 KB)

5.1. Pembuatan bibit F2 media gergajian (ok)

5.2. Bahan yang diperlukan (ok)

5.3. Peralatan yang diperlukan (ok)

5.4. Tata cara rekayasa pembibitan F2 media gergajian (ok)

5.5. Tips dan hal yang perlu diperhatikan (ok)

5.6. Memahami kegagalan dalam pembuatan F2 dan antisipasinya (ok)

5.7. Memahami perkembangan miselium F2 media gergajian (ok)

VI. Membandingkan F2 media jagung dan media gergajian dalam budidaya jamur tiram (2885 KB)

6.1. Perbandingan kualitas (ok)

6.2. Perbandingan perkembangan miselium baglog (ok)

6.3. Karakter pertumbuhan jamur tiram (ok)

6.4. Resiko penggunaan F2 media jagung dan gergajian pada baglog

VII. Manajemen pembibitan jamur tiram

7.1. Pentingnya manajemen pembibitan jamur tiram

7.2. Merencanakan kebutuhan bibit

7.3. Merencanakan jadual pembibitan berdasarkan durasi perkembangan miselium

VIII. Perhitungan biaya pembibitan jamur tiram

8.1. Biaya pembuatan PDA

8.2. Biaya pembuatan bibit F1

8.3. Biaya pembuatan bibit F2 media jagung

8.4. Biaya pembuatan bibit F2 media gergajian

8.5. Menghasilkan bibit berkualitas ternyata murah..!

IX. Penutup

9.1. Kesimpulan dan Saran

62 komentar:

  1. makasih..
    semoga amal baik saudara dibalas oleh Allah berlipat ganda..
    amin..

    BalasHapus
  2. langsung ke TKP...and sedot...:)mantabs ebooknya.mas..

    BalasHapus
  3. SUBHANALLAH....SEMOGA MENJADI BERKAH SAMPEAN & DI CULUPI SEGALA KEBUTUHAN SAMPEAN.....

    BalasHapus
  4. Danu Hananto5 Juli 2011 08.41

    mas saya sudah praktekkan buat kotak untuk inokulasi bibit F0,F1 dan F2,sekarang sedang dalam tahap inkubasi bibit F1 dan F2,doakan ya mas agar mulus dan lancar pembibitannya.......

    BalasHapus
  5. saya pikir tadinya bab yang belum selesai ujung2nya diperjualbelikan ternyata saya salah.salut sama mas yang mau memberikan ilmunya tanpa pamrih.

    BalasHapus
  6. Amin.. terima kasih atas doa dan apresiasinya.. mohon bagi yang meng unduh bisa mendoakan penulis kebaikan dunia dan akhirat dan ampunan dari Allah SWT.. itu saja.. buat "COBA" bersama Ebook, memang sedang kami buat VCD tentang budidaya jamur tiram putih.. nanti memang karena berbentuk keping VCD, rencananya ada biaya yang harus dikeluarkan.. itupun jika memang penjelasan di ebook dirasa kurang.. (kami sudah berusaha menjelaskan disertai foto agar cukup jelas ilustrasinya) jadi VCD itu hanya bagi yang penasaran aja..

    BalasHapus
  7. aslm wr. wb
    mas, saya br memulai budidaya jamur... alhamdulillah udah ad bberapa baglog yg dipanen.
    hasilny pun lmyn bgs.
    tp akhir2 ni krg bgus. tumbuhny kok agk kuncup. ga bs mekar. tangkai & pankalny yg malah besar. knapa y mas? ap kondisi sekitar baglog krg brsih? atw krg matahari ? atw kelembabanny? mhon infonya y mas.
    terimakasih

    BalasHapus
  8. Yang belum ada penjelasan adalah Mengapa F1 harus diturunkan F2 dengan media yg sama (jagung) dan Proses yg sama juga. Bukankah lebih baik dan efisien bila F1 langsung diinokulasikan ke Baglog. Terimakasih mas Fit, maaf banyak tanya..

    BalasHapus
  9. Pak Pram: mungkin penjelasan itu malah sudah diterangkan pada bab pendahuluan, dimana F1 masih merupakan bibit induk, bisa juga diturunan ke baglog jamur, namun sayang sekali, karena generasinya masih awal. Karena densiti dan kepadatan miselium F1 masih sangat layak untuk diturunkan ke F2. Nah, F2 sudah merupakan bibit tebar untuk inokulasi ke media tanam baglog jamur, media yang digunakan bisa jagung, gabah, millet, atau campuran serbuk gergajian kayu. Jika F1 diturunkan langsung ke media tanam baglog, maka resikonya, pada panen awal (panen perdana) jamur yang keluar karakternya menggerombol dan banyak, akibatnya jamur kecil-kecil. Itu adalah karakter mayoritas, kerugiannya biasanya dalam pemasaran menjadi kurang baik, nah setelah panen ke-2 dan seterusnya panen sudah normal.. Maaf, ebook ini memang disusun untuk pebudidaya yang sudah membuat media baglog namun masih belum membuat bibit sendiri (bibitnya beli). Ebook selanjutnya yang sedang disusun membahas khusus mengenai pembuatan media tanam baglog jamur tiram beserta teknik-tekniknya

    BalasHapus
  10. alhamdulillah dan terima kasih banyak mas saya memantau terus perkembangannya jika sdh ada vcd nya saya pesan duluan mas :D
    ..

    BalasHapus
  11. ada yang kurang nih....
    padahal butuh banget analisis biaya nya.....
    moga secepatnya rampung

    BalasHapus
  12. achamad & jacka mengatakan...

    makasih..
    semoga amal baik saudara dibalas oleh Allah berlipat ganda..
    amin..

    BalasHapus
  13. mantaffff, langsung ke TKP...

    daerah inyong, susah cari dextrosa ne mas bro... alternatif lainnya opo yo...

    BalasHapus
  14. ijin ngutip utk literatur,sumber akan disebutkan.
    jzkllah khairan katsir

    BalasHapus
  15. Terima kasih mas tuk ebook'nya, saya sedang belajar budidaya jamur tiram dg membeli baglog yg siap panen,dan rencananya saya jg ingin ujicoba membuat bibit sendiri,.,.

    BalasHapus
  16. Bismillah, mohon ijin e-booknya mas.. Terimakasih ilmunya.. mudah-mudahan bisa berkenalan lebih lanjut setelah saya , mempelajari ilmu ini....Terimakasih mas...

    BalasHapus
  17. sedot sedooooot.......
    mantabs bro.....
    semoga bermanfaat bagi kita semua......

    BalasHapus
  18. jazakallahu khairankapan@ sy akan ke malang..pgn tanya tentang steamer..hehe

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Terimakasih atas ebooknya...
    Banyak memberikan manfaat bagi usaha jamur saya.
    Semoga keikhlasan mas senantiasa mendapat ridla Allah. Amien...
    Bab VII sampai Bab IX belum bisa diunduh ya mas?
    wassalamualaikum

    BalasHapus
  20. wah pak, Ebooknya benar-benar bermanfaat dan sangat membantu saya dalam memulai bisnis budidaya jamur tiram.
    Saya doakan agar Bapak diberikan nikmat yang tiada hentinya dari Allah SWt karena kebaikan Bapak yang mau berbagi tentang Jamur

    BalasHapus
  21. mohon ijin ebooknya,terima kasih...

    BalasHapus
  22. terima kasih atas ilmunya, semoga allah memberikan barokah selalu, selamat dunia & akhirat.amiin

    BalasHapus
  23. maksih aku tertarik membudidayakan jamur manfaat banget ebook nya

    BalasHapus
  24. Subhanallah. Terima kasih ilmunya Mas Fithrawan. sangat bermanfaat walaupun saya belum pernah mencoba membudidayakan jamur tiram ini,namun dengan membaca tulisan tulisan Mas Fithrawan solah olah saya ikut membuatnya, menanamnya, memeliharanya dan ikutpula memanennya. Luar biasa. Insya Allah Mas Fithrawan mendapat kebaikan dunia dan akhirat dan ampunan dari Allah SWT. Amien

    BalasHapus
  25. Makasih Mas Fithrawan atas ilmu yang tlah disebarkan, semoga usaha mas makin maju...Aminnn..

    BalasHapus
  26. Jazakumullah mas, semoga e-book mas menjadi amal jariyah yang terus mendapatkan kebaikan sampai hari qiamat

    BalasHapus
  27. Mas kalau mau belajar langsung boleh g?

    BalasHapus
  28. mohon ijin download..mas
    utk mengingat kembali,kebetulan thn 2000 sy pernah bududaya jamur selama 7 thn. Krn pindah daerah,sy hentikan. Mau cb lg sih!? Mudah2an ebooknya menjadi berkah buat sy dan amal bua anda..amin

    BalasHapus
  29. alhamdulilah pak semoga berkah,dicari kemana2 akhirnya ketemu juga orang yang mau berbagi ilmu

    BalasHapus
  30. mohon izin nyedot... smoga dilimpahkan berkah buat mas.....

    BalasHapus
  31. Om kok pada Bab VII s/d slesai kokm gak bisa di download kenapa sih

    BalasHapus
  32. luar biasa mas, terima kasih buuuaaannyak

    BalasHapus
  33. ya allah dari beberapa yg sudah q buka baru kali ini melihat keterangan yang lengkap.... semoga kebaikan anda dibalas berlipat ganda... dan aku mintak izin untuk mengunduhnya mas karna aku pengen berbisnis jamur sejak dulu tapi baru kali ini aku menemukan penjelasan yang lengkap....

    BalasHapus
  34. Mohon ijin ebooknya ya...
    hatur nuhun pisan

    BalasHapus
  35. terima kasih banyak mas udah berbagi ilmu'y, semoga menjadi amal baik dan mendapat balasan atas kebaikan mas berbagi ilmu dari Allah SWT.

    BalasHapus
  36. mugi dados amal kebecikan damel njenengan

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah, saya menemukan situs ini. Terima kasih sekali kpd mas Fitrhawan atas sharing ilmunya yang sgt bermanfaat bagi saya dan siapa saja yg berminat di budidaya jamur tiram. Semoga menjadi amal jariyah yang bermanfaat. Setelah saya baca2 saya kok blm menemukan postingan mengenai penurunan F2 ke baglog ya mas, apa mmg blm dibikin? sekali lagi terima kasih, jazakallah khoiron katsiro...

    BalasHapus
  38. Terima kasih atas kerendahan dan keikhlasan hatinya untuk berbagi pada kami yang sangat merindukan ilmu ini, Semoga Saudara kami Fithrawan Satriyanto,ST ini tetap selalu dalam keadaan sehat, sukses, dan diberikan pula keberkahan dan kelimpahan rezeki.

    BalasHapus
  39. Maaf Mas Numpang Ngasih Info.
    Untuk Area Ponorogo dan sekitarnya kami menyediakan bibit jamur tiram putih.

    silahkan klik http://assakhiagrojamurponorogo.blogspot.com/2012/06/jual-bbit-jamur-tiram.html

    trims mas, jazakallohu khoir...

    BalasHapus
  40. terima kasih mas ilmunya ijin sedot ya!

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah mendapat ilmunya, insyaA ilmunya bermanfaat. Karena salah satu amal ibadah yg tidak akan putus pahalany adalah ilmu yg bermanfaat,insyaA mas Fithra termasuk kedalam golongan tersebut.amiin

    BalasHapus

  42. Alhamdulillah, mudah-mudahan Allah menjadikan amalan antum sebagai ilmu yang bermanfaat, jazakumullah khoiron

    BalasHapus
  43. jazakumullah khairon katsiro. Subhanallah mudah2an allah memberikan kelapangan rizqi, kesehatan dan keridhoan bagi orang yang berbagi ilmu bermanfaat untuk hidup dan kehidupan. Amiin

    BalasHapus
  44. mantaaap.. Saluuut.. Halo mas fit. Saya dari tulungagung. Mo blajar langsung bisa gak mas?? Hehe..

    BalasHapus
  45. Makasih Banyak mas Atas Ilmunya..., Semoga mas d beri rezeki yang Melimpah aminn...

    BalasHapus
  46. izin download pak. terimakasih banyak semoga manfaat yang sy peroleh menjadi pahala luar biasa untuk bapak amin :)

    BalasHapus
  47. mas..ijin download ya?
    btw kok sisa bab nya belum selesai?

    BalasHapus
  48. mas terima kasih ya atas ijin download

    BalasHapus
  49. Mas tolong dikirim e-booknya ke email saya donk, soalnya mau download mesti daftar duluu, sy sudah daftar tp gagal melulu. thanks

    BalasHapus
  50. oh ya email saya felix_lbr@yahoo.co.id
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  51. terimakasih, semoga Bapak ditambah ilmunya dan mendapatkan ridhlo dariALLOH atas kebaikannya amin
    gusdarmanto@gmail.com

    BalasHapus
  52. jazakallah akhi,,,sangat bermanfaat...salam silaturahmi..
    IWAN STIANTO- pemalang,jateng

    BalasHapus
  53. Mohon ijin sedot ilmunya gan,
    Semoga kegaikan agan di bls اللّهُ SWT. Amiiin.

    BalasHapus
  54. matur suwun mas... mugi dados amalan sholeh panjenengan ing ngarsane Allah Subhanahuwata'ala.. amin..............

    BalasHapus
  55. terima kasih mas.ijin sedot...dengan semangat berbagi, bangsa ini akan maju...moga Allah swt. membalas kebaikan mas...dan menjadi inspirasi agi yg laen

    BalasHapus
  56. Saya sangat Berterimakasih atas pembelajaran nya pak, Semoga Usaha bapak di lancarkan dan Barrakah Aamiin:D

    BalasHapus
  57. matur suwun mas,lemah teles ambles ,sing kuoso sing mbales..

    BalasHapus
  58. jangan sungkan sungkan untuk searing ilmu dan insya Allah railha jariyah dari padanya...........ijin unduh mas.....

    BalasHapus