Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Rabu, 24 Agustus 2011

Zakat Pertanian Kita (Sebuah penyucian jiwa dan penunjang kesuksesan)

Ramadhan sudah hampir usai.. masa-masa indah beribadah dengan segala suasananya akan segera meninggalkan kita..
Sahur bersama keluarga.., shiam (puasa) di siang hari.. lalu berbuka bersama.. malam harinya diisi dengan tarawih, tadarus Al Quran.. suasana yang hidup hingga ke pelosok-pelosok kampung..
suara bacaan Al Quran berkumandang di mana-mana.. sungguh.. semuanya hanya ada di bulan suci Ramadhan.. yang kedatangannya selalu dinantikan umat muslim seluruh dunia dengan rasa cinta..

Di akhir Ramadhan.. hendaknya kita tidak lupa untuk menunaikan zakat fitrah sebagai penyucian jiwa.. dan zakat maal (zakat harta) sebagai penyucian harta..

Dalam Al Quran Surat At- Taubah ayat 103 disebutkan:

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kalian membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoakan untuk mereka. Sesungguhnya doa kalian itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Terkadang kita akan berfikir.., duh.. kog berat yaa.. diwajibkan berzakat.. nanti keuntungannya jadi berkurang..
duh.. masih ada keperluan sana sini.. ada yang belum dilunasi sana sini.. masih banyak hutang sana sini.. dan sebagainya dari beragam dan berjuta problematika hidup dan tentunya problematika usaha, khususnya usaha pertanian jamur..
Belum kegagalan dan kontaminasi.. belum urusan dengan pedagang jamur.. dan sebagainya.. kog masih harus berzakat.. rasanya jadi beraaat...

Jujur.. itulah yang ada di pikiran kami juga sebagai manusia normal saat menjalankan usaha jamur tiram.. sampai suatu saat terlintas pula ayat Al Quran dalam Surat Al Baqoroh 261:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah bagai menanam sebutir benih yang tumbuh menjadi tujuh tangkai. Setiap tangkai menghasilkan seratus butir. Begitulah Allah melipatgandakan ganjaran bagi orang yang dikehendakinya. Allah Maha Luas pemberian-NYA dan Maha Mengetahui.."

dengan segala motifasi yang timbul dari ayat tersebut.. lalu Bismillah.. dengan menyebut Nama Allah.., dikeluarkanlah zakat, infak dan sedekah.. yang semua diniatkan untuk ALLAH SWT.. disertai doa munajat kepada-NYA..

Tidak peduli segala masalah masih menghadang.. hutang masih bertumpuk.., permasalahan jamur mulai pembibitan, kegagalan, kontaminasi, penjualan jamur, dan semuanya.. adalah masalah kecil..yang pasti jika ALLAH SWT memberi jalan keluar.. semua akan mudah saja dicarikan solusi yang terkadang berasal dari hal-hal yang tidak kita sangka..

"Wamayyataqillaaha yaj'alu makhroja.." (Barang siapa yang bertaqwa kepada ALLAH SWT, maka akan diberi jalan keluar atas segala kesulitan hidupnya..)

Jadi akhirnya hidup itu pas pas an..
pas jamur banyak pas banyak yang beli.. dan harga mahal pula
pas jamur ga ada.. pas ya lagi sepi..
pas ditagih hutang.. pas uang lagi ada..
pas lagi butuh sesuatu.. pas ada banyak yang transfer..
ya Alhamdulillah.. seperti itu..
jadi ga khawatir jika rekening tinggal 50rb karena transfernya adalah dari ALLAH SWT.. InsyaAllah..
dan semua itu benar-benar terjadi.

semua problem yang timbul silih berganti selalu diberikan solusi dari Allah SWT.. ada saja jalan keluarnya yang seringkali bikin heran sendiri.. kog bisa yaa...??

Namun semuanya harus disertai keimanan, ketakwaan dan keyakinan bahwa Allah SWT Maha Mendengar, Maha Mengetahui, Maha Memberi, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang..
Kita mohon kepada Allah SWT dalam keadaan bersimpuh dihadapannya.. memohon ampun tentunya atas segala dosa dan semua tindakan kami yang seringkali berlebih..

Allah SWT tentu Maha Pengasih.., dengan keyakinan itu, dimunajatkan segala doa kepadaNYA.... doa yang seringkali terpancar dari dalam hati.. berbahasa yang seringkali kasar dan tidak sopan pula.., sedikit bercampur curhat..
dan Allah SWT pun pernah berfirman (Aku adalah sesuai dengan prasangka hambaKU).. jadi kita mohon dengan segala khusnudzan kita segala baik sangka kita kepada Allah SWT.., dan Allah pastilah Maha Mendengar doa hambaNYA...

Lalu bagaimana dengan zakat pertanian itu..??
Dalam posting terdahulu sudah pernah kami singgung.., namun ada baiknya pada posting kali ini akan kami singgung lagi untuk sekedar refresh..

Dasar dari Zakat Pertanian adalah:

QS Al Baqoroh 267:
"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari yang Kami keluarkan dari bumi untukmu.."

QS Al Anam 161:
"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya dari hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya) dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.."

Hadist Nabi Muhammad SAW:
"Rasulullah SAW mewajibkan yang diairi oleh hujan zakatnya sepersepuluh, dan yang diairi oleh kincir, binatang, timba dan alat menyiram, zakatnya adalah seperduapuluh"

Nishab atau batas wajib untuk zakat pertanian itu adalah 5 watsak atau senilai dengan 635kg beras (makanan pokok setempat)
Untuk pertanian jamur tiram.., kami asumsikan adalah merupakan zakat pertanian yang diairi oleh alat menyiram, maka zakatnya adalah seperduapuluh atau 5%..

Lalu bagaimana cara menghitungnya..??

Bismillah.. berikut InsyaAllah adalah simulasi perhitungan zakat dari pengelolaan jamur tiram dengan kapasitas 5000 baglog jamur tiram putih:
Andaikata dari 5000baglog jamur tiram putih tersebut dapat dihasilkan sekitar 2000kg jamur (0,4kg per baglog x 5000 = 2000kg jamur tiram), maka sudah wajib dikeluarkan zakatnya karena sudah melebihi nishab sejumlah 635 kg.

Perhitungan zakatnya adalah sebagai berikut:

Asumsi harga jual jamur di tingkatan petani = Rp. 8000,- per kg

Biaya operasional jamur=
  1. Biaya perawatan Rp. 500.000 /bulan x 4 bulan = Rp. 2.000.000,-
  2. Operasional bensin, tenaga, dll diasumsikan Rp.150.000 /bulan x 4bulan = Rp. 600.000,-
  3. Pembayaran listrik, air, dll = Rp.100.000 /bulan x 4 bulan = Rp. 400.000,-
Maka total biaya operasional = Rp. 3.000.000,-
(Perhitungan operasional ini bisa disesuaikan di tempat masing-masing karena hitungan ini hanyalah merupakan asumsi saja).

Konversi biaya operasional = Rp. 3.000.000,- / Rp. 8000,- = 375 kg

Hasil panen yang harus dihitung zakatnya = 2000kg - 375kg = 1625kg

Zakat yang wajib dikeluarkan = 1/20 = 5% x 1625kg = 81,25kg

Jadi 81,25kg adalah jumlah zakat jamur yang wajib dikeluarkan, namun bukan merupakan jamur, namun makanan pokok setempat. Jadi yang wajib dikeluarkan adalah 81,25kg beras jika kita berada di Indonesia pada umumnya..

Jika diuangkan, maka 81,25kg x harga beras saat ini (asumsi RP. 8000 /kg) = Rp.650.000,-
Zakat pertanian ini wajib dikeluarkan setiap masa panen (bukan setiap tahun), Jadi jika dalam satu periode masa tanam jamur tiram adalah 5 bulan, maka setiap habis masa produksi, jumlah panen direkapitulasi dan dihitung zakatnya..

Dengan segala kebersihan niat kita.. InsyaAllah semoga Allah SWT memberi keberkahan dalam usaha jamur tiram kita dan memberikan sebesar-besarnya kesuksesan di dalamnya..

amin ya robbal alamiin....

23 komentar:

  1. setuju saya mas, pokoknya sip dech thausiahnya....insyaallah dapat diikuti oleh para pembudidaya jamur seluruh indonesia...Amien

    BalasHapus
  2. Makasih Pencerahannya pa.. saya donlot e-book nya ya.. Ga buat di jual, mo coba bikin usaha jamur.. sekali lagi makasih ^_^

    BalasHapus
  3. maaf numpang posting liat aja jamur tiram di www.jualjamurtiram-andy.blogspot.com

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus,,,,,,,,trims mnmbah insfirasiqu mas

    BalasHapus
  5. http://www.exvortex.com/Member/Member-Area.aspx

    BalasHapus
  6. Mantap, sukses buat mas Fithrawan

    BalasHapus
  7. info nya mantaf mass saya lg mau belajar nihh

    BalasHapus
  8. Butuh suplai jamur untuk wilayah Tulungagung
    hub. Brama 085710075687

    BalasHapus
  9. UNTUK INFO BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DAERAH SUMATERA ( KHUSUS SUMATERA BARAT (SUMBAR), RIAU , PEKANBARU, JAMBI DAN MEDAN SILAHKAN BROWSING DI http://jamurtirampekanbaru.blogspot.com/
    ATAU HUB. 081267056021
    KAMI MENYEDIAKAN:
    1. JAMUR SEGAR
    2. LOG PUTIH
    3. BIBIT F1, F2 DAN F3
    PRODUK KAMI TELAH DIKIRIM KEBEBERAPA KOTA DIANTARANYA PALEMBANG, PEKANBARU, PADANG, BUKITTINGGI.

    BalasHapus
  10. UNTUK INFO BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DAERAH SUMATERA ( KHUSUS SUMATERA BARAT (SUMBAR), RIAU , PEKANBARU, JAMBI DAN MEDAN SILAHKAN BROWSING DI http://jamurtirampekanbaru.blogspot.com/
    ATAU HUB. 081267056021
    KAMI MENYEDIAKAN:
    1. JAMUR SEGAR
    2. LOG PUTIH
    3. BIBIT F1, F2 DAN F3
    PRODUK KAMI TELAH DIKIRIM KEBEBERAPA KOTA DIANTARANYA PALEMBANG, PEKANBARU, PADANG, BUKITTINGGI.

    BalasHapus
  11. keren gan , numpang promo y gan ^^ ...

    jual jamur tiram segar dan murah daerah pekanbaru dan menerima pemesanan dari luar kota.
    silahkan kunjungi :
    http://www.jualjamurtiram.com

    BalasHapus
  12. selamat berjamur ria mas, semoga kesuksesan pribadi dan profesional sellu menyertai mas Fithrawan

    BalasHapus
  13. assalamualaikum
    serbuk gergaji 100kg itu lok dibuat baglog perkiraan jadi berapa baglog ya?? mhon pencerahannya. trimakasih

    BalasHapus
  14. Setuju...Setuju....
    Emang yg namanya zakat itu melakukannya beraaaaa...t sekali. Ternyata di balik semua itu ada kemudahan dan kemurahan Allah yang lapang dan luaaaa...sekali.
    Sukses buat admin.

    BalasHapus
  15. Mantep tuh... Dunia dapet... Akhirat dapet...
    Mudah2an barokah y..

    BalasHapus
  16. saya lg mau belajar nihh , jadi saya simak dengan cermat dulu ya gan,terimakasih atas informasinuya...

    BalasHapus
  17. terimakasih mas infonya

    BalasHapus
  18. Assalamu alaikum / Salam sejahtera

    Bagi ANDA yang ingin segera memulai usaha pembudidayaan jamur tiram khusus daerah LAMPUNG, PALEMBANG, BENGKULU, JAMBI, PADANG dan sekitarnya & dan masih bingung, kami..

    Menyediakan BIBIT F2 & BAGLOG Jamur Tiram Murah diLampung, Konsultasi GRATIS!! mengenai masalah budidaya Jamur Tiram dll

    segera Hubungi kami di:
    -085269592472
    -085378032456

    dengan pengalaman produksi kami selama bertahun-tahun, dan TIPS & TRIK dari kami maka usaha anda untuk budidaya & memproduksi media (baglog) jamur tiram Insya Allah akan lebih CEPAT BERHASIL tanpa mengelami trial & error atau MINIM KEGAGALAN dan bisa menggunakan PERALATAN SEDERHANA.

    dan kunjungi juga kami di:

    http://bibitjamurtiramlampung.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus