Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Senin, 19 November 2007

Kumbung/rumah jamur tiram putih




Rumah jamur/kumbung kami, seperti pada umumnya kumbung di indonesia menggunakan bahan dasar bambu. Ini merupakan bangunan semi permanen yang paling ekonomis jika diperuntukkan bagi budidaya jamur tiram putih.
Biaya pembuatan kumbung pada umumnya rata-rata mencapai
Rp.80.000 - Rp.90.000 per m2 tergantung bahan yang dipakai, atap yang digunakan (asbes atau terpal) dan fasilitas rak baglog yang terdapat di dalamnya.

Secara teoritis, kumbung yang terbaik adalah kumbung yang dapat menjaga kelembaban optimal yang dibutuhkan untuk perkembangan jamur tiram. Selain itu terdapat sirkulasi udara yang memadai.
Gambar berikut ini adalah salah satu contoh rumah jamur atau kumbung yang terdapat di malaysia dan thailand. Bahan yang digunakan bukan gedek/besek bambu, melainkan bahan mulsa dan paranet. Rumah jamur ini memang didesain khusus untuk perkembangan jamur tiram dan merupakan bangunan semi permanen.
Secara detil, perencanaan pembuatan rumah jamur/kumbung untuk jamur tiram dapat dilihat pada gambar di sebelah ini.
Tampak dalam draftnya, desain rumah jamur tersebut tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban optimal dan mengatur sirkulasi udara yang terbaik untuk perkembangan pertumbuhan jamur tiram.

19 komentar:

  1. Assalaamu'alaikum
    mas, ada gak cara mendinginkan dan melembabkan kumbung tapi tidak dengan disiram dengan penyemprot atau sprey. Soalnya, apa nantinya kualitas jamurnya kurang baik jika terkena air? trims

    BalasHapus
  2. candra kartika sari1 Juli 2009 pukul 10.06

    kalau membeli baglognya aja, 1 bglog kira2 brp harganya ? bisa tidak diantar ketempat tujuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau beli balok perbijinya berapa bos

      Hapus
  3. ass...
    mas klo di daerah panas msh bisa buat budidaya jamur tiram g???klo bs gmn cr'y???
    thanks..

    BalasHapus
  4. Peluang Budi Daya Jamur Tiram memang sangat menjanjikan. Untuk warga Bogor dan sekitarnya yang berminat terjun dalam agrobisnis jamur tiram namun belum menguasai teknik budidaya secara intensif, AGRO JAMUR BOGOR membuka pelatihan teknik budi daya dengan system private full praktek. Insya Allah bisa langsung diaplikasikan dan memulai usaha budi daya.
    Kunjungi kami di http://agrojamurbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  5. terimakasih artikelnya sangat berguna sekali buat sy,sehubungan sy baru akan mulai membuat kumbung.

    BalasHapus
  6. Saya adalah salah satu pengunjung blog Anda. Saya senang sekali dengan budidaya jamur tiram. Terima kasih atas tulisannya.

    Palembang, 28/05/2010
    Dewi R.

    BalasHapus
  7. Saya punya rumah tdk terpakai dan bisa di modif jadi kumbung, bisa nampung 6000 bag log,dan msh bisa ditambah lagi.Masalahnya saya hanya ada waktu 10 hari setiap bulannya ada di tempat tsb.Adakah rekan2 yg mau kerja sama dalam Budidaya jamur tiram ,tempat di daerah Tulungagung.Bila ada yg berminat sms kami 08175112390.
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. jika ada yang berminat jual baglog dan jamur tiram segar di batam hub gbisnis31@yahoo.com

    BalasHapus
  9. saya juga lagi mengumpulkan data2 tentang jamur,
    permasalahan untuk saat ini mencari pengepulnya,
    bisa di infokan pengepul-pengepul di daerah Nganjuk, Kediri, Jombang, Madiun, Ponorogo

    kalau ada yang bersedia menerima hasil produksi saya bisa hubungi di
    085733322552
    berapa kebutuhan stok jamur /hari

    terima kasih

    BalasHapus
  10. minta tolong info pengepul jamur di wilayah Tulungagung dan Kediri. Kirimkan ke email: memet.strong@yahoo.co.id

    BalasHapus
  11. minta tolong info pengepul jamur di wilayah BATAM tau sekitarnya.kirim ke email: edhie_pray@yahoo.com

    BalasHapus
  12. Kalau ada yang butuh Jamur Tiram Putih segar dg lokasi Semarang (kota) yang mau ambil sendiri bisa kontak Nita 024-70087106/081326788819 atau email di enita2010

    BalasHapus
  13. Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan jamur tiram segar dari kebun sendiri/Kumbung sendiri, bisa menghubungi kami : Nita Sularso di 024-70087106 / 0856-40551966 / enita2010@gmail.com. Situs kami di jamursemarang.webs.com

    BalasHapus
  14. ass pak... kumbung jamur saya menggunakan asbes gelombang tp kok hawa di dalamnya panas, apa adasolusi pak untuk meredam panasnya....trims

    BalasHapus
  15. pak klo mau beli bibit jamur tiram f1 dman dan harga nya berapa?

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum,

    Saya adalah salah satu pengunjung anda dan saya tertarik dengan dengan budidaya jamur tiram. Mohon di beri penjelasan detail mengenai ukuran kumbung jamur beserta raknya.
    Terima kasih ,semoga allah membalas kebaikan anda.

    BalasHapus
  17. Mohon info apakah ada obat/vitamin yg baik utk merangsang pertumbuhan jamur tiram,atas infonya terima kasih/mickey-081 70333 8786

    BalasHapus