Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Senin, 24 Maret 2008

Hasil Panen Jamur Total

Akhir-akhir ini kami menerima banyak pertanyaan mengenai hasil total panen jamur tiram putih. Sejauh ini kami hanya mampu memberikan jawaban berdasarkan progress panen pada mushroom house yang kami kelola selama 3 musim terakhir.

Berdasarkan beberapa literatur dan pengalaman yang ada pada budidaya jamur tiram di Malaysia dan Thailand, hasil maksimal jamur tiram putih berkisar antara 25% hingga 35% dari berat media baglog.
Baglog hasil produksi yang kami bududayakan memiliki berat rata-rata 1350 gram. Jadi hasil minimal jamur tiram putih dari media tersebut adalah 337,5 gram, sedangkan maksimalnya adalah 472,5 gram.

Berdasarkan pengalaman kami selama ini, hasil panen jamur tiram putih total selama 4 bulan masa produksi adalah berkisar antara antara 350 – 380 gram.

Beberapa hal yang mempengaruhi hasil panen jamur tiram putih antara lain adalah :
1. Pengaruh dari media baglog itu sendiri :
- Kualitas dan kuantitas bibit (stern bibit)
- Kualitas nutrisi pada media (bekatul, kapur, gypsum)
- Jenis kayu yang menjadi media serbuk gergaji.
- Sterilisasi media
- Kepadatan media
- Kadar air dan berat media

2. Pengaruh lingkungan dan perawatan :
- Kondisi suhu dan kelembaban pada mushroom house. Suhu optimal 28oC, kelembaban 85%.
- Sirkulasi udara / oksigen pada mushroom house harus baik.
- Kondisi cahaya dalam mushroom house tidak boleh terlalu banyak.
- Jarak antara rak tidak boleh terlalu dekat, jarak terbaik adalah 1m.

2 komentar: