Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Selasa, 10 Februari 2009

Kerjasama Kerja dengan KOPERASI MIN 1 MALANG

Alhamdulillah tanggal 3 Februari 2009 kemaren kami telah mensepakati kerja sama kerja dengan Koperasi Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Malang (MIN 1 Malang) yang menginvestasikan dananya pada Kumbung No. 2.

Berarti kerja sama investasi kami telah meliputi dua institusi pendidikan yaitu:
1. Sekolah Dolan Malang di bawah pimpinan Kepala Sekolahnya Drs. Lukman Hakim.
2. MIN 1 Malang yang diwakili Wakil Kepala Sekolahnya Bapak Imam Achmadi.Harapan kami,

usaha ini dapat membantu sektor pendidikan agar biaya pendidikan bisa lebih murrraaaah..

Semangat awal kami memang hasil diskusi dengan Bapak Drs. Lukman Hakim yang sampai saat ini bersama kami ingin sekali bisa mewujudkan sekolah gratis yang tidak bergantung kepada pemerintah.

Formula yang dirumuskan adalah sebagai berikut :
Orang tua siswa yang mensekolahkan anaknya di Sekolah Dolan Malang membayarkan dana investasi yang nantinya dikelola yang keuntungannya dapat untuk membantu biaya sekolah siswa.
Dana investasi tersebut pada akhirnya dikembalikan kepada orang tua siswa saat lulus. Kami dengan Bapak Lukman Hakim kemudian bersepakat menginvestasikan dana yang ada dari orang tua, guru, dan masyarakat di sektor agrobisnis jamur tiram putih ini..

Usaha ini pada mulanya dikelola oleh Agronusa Mushroom, namun karena pihak Agronusa merasa kerepotan dalam manajemen pengembangan usaha, akhirnya kini dapat kami kelola dengan utuh.
Alhamdulillah perkembangan usaha ini perlahan menuju arah yang semakin baik, dan harapan kami nantinya walaupun sedikit dapat berperan serta meningkatkan sektor pendidikan dan juga dapat meningkatkan daya perekonomian masyarakat yang berinvestasi di usaha ini tentunya.

Alhamdulillah, berarti mulai tahun 2009 ini, kumbung yang kami kelola total sudah mencapai 4 kumbung di Batu, dan 1 kumbung di Malang, dengan kapasitas sebagai berikut :
Kumbung no. 1 berkapasitas 9000 baglog (di Batu)
Kumbung no. 2 berkapasitas 8000 baglog (di Batu)
Kumbung no. 3 berkapasitas 4000 baglog (di Batu)
Kumbung no. 4 berkapasitas 8000 baglog (di Batu)
Kumbung no. 5 di Malang untuk melayani pasar kecil berkapasitas 1600 baglog.TOTAL

pengelolaan kami mencapai = 30.600 baglog. Subhanallah.. Alhamdulillah.
Pengisian baglog pada kumbung-kumbung tersebut dilakukan dengan rotasi (tidak bersamaan tentunya) untuk menjamin stabilitas produksi jamur tiram. Karena seperti yang telah kami paparkan dalam posting-posting kami sebelumnya, dalam bisnis ini yang ditekankan adalah kontinuitas dan ketersediaan barang.

Secara teknis, investasi koperasi MIN 1 Malang pada kumbung no. 2 adalah sejumlah 7000 baglog (dari kapasitas 8000 baglog) yang dijadualkan pengisiannya dapat dilakukan pertengahan bulan februari 2007.
Saat ini sedang dilakukan persiapan kumbung berupa perbaikan-perbaikan kecil, dan pembuatan baglog sejumlah total 7000.
Kapasitas panen kami sendiri saat ini turun di kisaran 25 – 40 kg /hari dan diharapkan dapat mulai stabil di atas 50kg /hari pertengahan akhir bulan februari ini sehingga dapat memenuhi semua permintaan pasar yang ada.
Kumbung yang beroperasi penuh saat ini adalah kumbung no. 4 dengan kapasitas 8000 baglog dan kumbung no. 5 berkapasitas 1600 baglog.
Sedangkan kumbung no. 1 sudah habis masa produksinya dan akan dibongkar dan dilakukan pengisian ulang. Kumbung no. 3 sudah diisi dengan kapasitas 4000 balgog dan dijadualkan mulai produksi awal maret.

Mohon maaf sekali kepada para rekanan supplier jamur tiram yang mendapat pasokan jamur tiram dari tempat kami antara lain : Bapak Achmad Yusuf (Demak-Surabaya), Bapak Yusuf (Keputih-Surabaya http://www.umbistick.com ), Mas Yoga (Surabaya), Bapak Ketut Sudama (Singaraja-Bali), Bapak Thomas (Malang), Mas Wiwid dan Mas Yuda (Malang), Ibu Ita (Malang) jika pengiriman dan pengambilan jamur tiram akhir-akhir ini sering kurang dan terlambat. InsyaALLAH besar harapan kami produksi mulai bulan Maret sudah stabil kembali.

12 komentar:

  1. Apakah masih terbuka untuk kesempatan investasi dari perorangan? Terimakasih.

    Mohon informasinya lewat email berikut:
    frisco.purba@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Kami sudah terlanjur membuat 2 kumbung seluas masing-masing sekitar 150 m2 dan setiap kumbung direncanakan diisi 15.000 baglog (bukan seperti yang Saudara anjurkan, maksimal 10.000 baglog perkumbung, karena sudah dibuat sebelum menemukan blog Saudara).

    Rencana kami, seharinya kami dapat menghasilkan 120.kg jamur tiram.(Apakah perhitungan kami ini benar?)

    Agar rencana kami tersebut dapat dilaksanakan, bagaimana/berapa jumlah baglog yang harus dimasukkan ke kumbung setiap harinya?. Kapasitas kami setiap hari maksimal dapat menghasilkan 450 bag log, dengan 2 steamer (untuk sterilisasi) dengan kapasitas 470 baglog total

    Mohon saran Saudara

    Reima kasih

    BalasHapus
  3. InsyaALLAH tidak ada masalah. Yang penting luasan kumbung cukup memberi sirkulasi untuk pertumbuhan jamur secara optimal. Dengan produksi rutin itu, Anda bisa menghasilkan 2700 baglog per minggu. Saran saya diisi setiap 2 minggu setelah baglog di ruang inkubasi mencapai miselium 40%.
    Dengan dua kumbung yang diisi secara berkala seperti itu, pada produksi optimalnya, InsyaALLAH bisa mencapai angka 150kg - 200kg per hari.

    Yang penting lokasi bersih, dan sterilisasi kumbung sebelum diisi benar-benar diperhatikan agar tingkat kegagalan bisa ditekan

    BalasHapus
  4. jika bapak membutuhkan serbuk kayu hubungi saya di malang raya 0341 2858868 atau 0341 9794150.imron

    BalasHapus
  5. mas apa ada pelatihan tentang budidaya jamur tiram?? kalau di budidayakan di daerah panas bis ga??
    terima kasih, mohon di informasikan di email saya aheriprastyo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. Saya sudah lama tertarik dengan bisnis jamur. Kalau ingin bergabung di jaringan bisnis Bapak, bagaimana caranya?
    Mohon tanggapannya di email saya : iwanpurnomo2002@yahoo.com atau iwanp@greenfields.austasia.biz

    BalasHapus
  7. kalau ingin bergabung bagaimana caranya ? karena saya sangat tertarik dengan bisnis jamur
    mohon tanggapanya diemail saya :
    azainur23@yahoo.com

    BalasHapus
  8. salam
    saya agus di tumpang-malang
    kalau ingin bergabung bagaimana caranya ? karena saya sangat tertarik dengan bisnis jamur
    mohon tanggapanya diemail saya :
    trus_terang@yahoo.com

    trimakasih

    BalasHapus
  9. saya tinggal dibojonegoro mas,,
    saya tertarik dengan budidaya jamur ini,
    yang saya tanyakan, apa bisa didaerah bojonegoro jamur itu dibudidayakan?
    ditunngu blezannya y mas?...terimakasih,,,

    BalasHapus
  10. alhamdulillah
    akhirnya saya menemukan blog yang sedikit memberikan banyak pengetahuan

    sebelumnya saya memohon maaf sebesar-besarnya
    saya seorang mahasiswa yang ingin membuat usaha jamur tiram [kemungkinan putus kuliah]

    sebenarnya banyak sekali pertanyaan saya kepada bapak, namun yang akan saya pertanyakan terlebih dahulu masihkah perusahaan bapak menerima investasi dari perorangan dengan dengan kapasitas kecil [modal pas-pasan], dan adakah buku yang bapak rekomendasikan untuk saya sebagai pemula yang tidak tau menau tentang usaha ini [saya sudah mencari di google namun belum mendapatkan literatur legkap dan sesuai]

    mohon diinformasikan ke email saya : qambing.edan@ymail.com

    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  11. kami butuh jamur tiram segar per hari 20kg. hub.tanto 085732304080

    BalasHapus
    Balasan
    1. lokasi bpk dimana

      Hapus