Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Senin, 27 Juli 2009

Agar jamur tiram terjual SEMUANYA, tentukan segmentasi pasar

Bagi petani jamur yang tidak ikut dalam plasma penjualan jamur manapun, harus memiliki strategi penjualan yang pas jika ingin menjual jamur tiramnya. Mengapa demikian? Karena jika tidak, dikhawatirkan terdapat sisa jamur yang tidak terserap ke pasaran.
Potensi pemasaran jamur tiram yang paling banyak adalah ke pasar tradisional, konsumsi langsung, rumah makan, outlet-outlet jajanan jamur krispi, pengusaha kripik jamur, dan sebagainya. InsyaALLAH dengan semakin dikenalnya jamur tiram sebagai sayur yang menyehatkan, akan semakin banyak pula potensi pemasaran yang terbuka.

Tampilan jamur dari log umur 1-2bulan


Untuk jamur dari baglog yang berumur hingga 2-3 bulan potensinya masih luas yaitu bisa ke pasar tradisional yang lebih mementingkan penampilan yang bagus dan estetika, rumah makan, outlet, dan sebagainya. Jamur dari baglog umur ini mempunyai karakteristik yaitu masih tebal, putih, penampilan bagus, tudung sepurna. Jamurnya juga cukup tahan lama dalam kemasan, sehingga memungkinkan untuk melayani permintaan ke luar kota.

Tampilan jamur dari log umur 3 bulan lebih


Tetapi untuk jamur tiram dari baglog yang berumur diatas 3 bulan, potensinya akan semakin terbatas. Jamur tiramnya biasanya lebih tipis, warna sudah tidak terlalu putih lagi, dan terkadang agak ke abuan. Juga kurang tahan lama (karena tipis tadi). Jamur juga sering terkesan agak basah. Biasanya jika hanya mengandalkan pemasaran ke pasar tradisional, seringkali jamurnya akan tersortir dan tidak diterima. Agar jamur tetap terserap di pasaran, lebih baik menjual jamurnya ke outlet2 jajanan jamur krispi, rumah makan, warung, atau konsumsi langsung. Bisa juga menjual jamurnya ke olahan jamur tiram seperti kripik jamur, nugget, dan sebagainya.
Dengan memiliki banyak jaringan potensi pemasaran jamur tiram, kita tidak hanya mengandalkan penjualan ke pasar saja, sehingga InsyaALLAH seluruh hasil panen jamur tiram kita bisa terjual dengan baik.

6 komentar:

  1. Hi, it's a very great blog.
    I could tell how much efforts you've taken on it.
    Keep doing!

    BalasHapus
  2. bisa konsultasi lagsung g ya mas...

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Dimana bisa mencari jaringan pemasaran jamur,
    ma'af mohon bisa dijelaskan via email wwahaji@gmail.com
    Trimakasih
    Wasalam

    BalasHapus
  4. mas mohon bantuan mengenai pemasaran jamur tiramm.trims

    BalasHapus
  5. mas. klo di daerah anda ada usaha sejenis tidak.? apakah cakupannya bisa disebut sentra jamur konsumsi.?
    bagaimana daya saingnya.?
    terimakasih

    BalasHapus