Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Rabu, 27 April 2011

Membuat kripik jamur yang renyah

Kripik jamur tiram


Ada perbedaan yang cukup mendasar dalam membuat kripik jamur dan menggoreng jamur biasa. Dan seringkali ini kurang dipahami sehingga timbulnya pertanyaan..: kog gorengan jamur kami setelah dingin lembek yaa..???

Dalam teknik menggoreng jamur untuk membuat kripik sangat berbeda dengan menggoreng jamur biasa untuk disajikan hangat. Kalau menggoreng jamur biasa dan disajikan hangat-hangat, teknik menggorengnya sederhana dan sama saja dengan menggoreng kentang goreng, ayam goreng, tempe goreng. Yaitu jamur diberi tepung krispi dan langsung saja digoreng, setelah warnanya coklat dan belum gosong, tiriskan dan sajikan hangat-hangat.., nah.. jamur goreng krispi ini memang enak, tetapi ketika dingin, sama seperti kentang goreng yang dibeli di waralaba seperti kentucky dsb, jamur goreng krispi itu akan lembek..

Nah, bagaimana jika kita ingin membuat kripik jamur tiram..???
Untuk membuat kripik jamur tiram, teknik menggoreng yang digunakan sedikit berbeda, jamur yang digunakan untuk membuat kripik pun sebaiknya memiliki ciri sebagai berikut:

Jamur hendaknya tidak memiliki kadar air yang berlebihan, tebal, tidak dari simpanan di lemari es, dan juga sebaiknya cukup segar (bukan jamur kemaren misalnya..)
Mengapa disyaratkan demikian..? Agar hasil gorengan lebih baik dan juga tidak cepat gosong...

Jamur digoreng dengan minyak panas, lalu dikecilkan
apinya dengan apinya dan ditunggu hingga garing


Hasil gorengan yang sudah garing luar dan dalamnya


Tiriskan sejenak sebelum dilakukan proses spinner

Bagaimana jika memang kondisi jamur terlalu basah.., jamur sortiran, jamur yang sisa (misalnya).. Hal ini bisa diatasi dengan mencucinya terlebih dahulu, atau menyiramnya dengan air panas.. lalu untuk mengurangi kadar airnya, jamur tersebut dikeringkan dengan proses spinner..

Selanjutnya jamur yang telah disuir-suir (disobek sedikit) tersebut, dicampur dengan campuran tepung bumbu sehingga terbalut merata.., lalu digoreng seperti biasa..

Pada saat jamur masuk di pengorengan pertama kali, pastikan minyak dalam keadaan panas, setelah kurang lebih 5-10 menit, kecilkan nyala api menjadi api sedang, dan terus digoreng hingga jamur garing benar luar dan bagian dalamnya.. Hal ini perlu untuk dipastikan agar pembuatan kripik bisa jadi sempurna, jangan sampai bagian dalam masih basah atau belum garing, karena inilah yang menyebabkan hasil gorengan akan lembek setelah dinginnya.

Kripik jamur sebelum dispinner dan masih mengandung minyak goreng


Proses spinner sedang berlangsung


Hasil kripik jamur setelah proses spinner

Nah, setelah kripik jamur matang, tentunya masih mengandung banyak minyak hasil gorengan, bagaimana menghilangkan minyak tersebut..? Disinilah proses spinner itu digunakan.. dan hasilnya bisa dilihat, kripik jamur sudah hilang kandungan minyaknya dan siap dipasarkan..
Kripik jamur yang tidak mengandung minyak ini lebih sehat dan tentunya tahan lama..
Kenapa tidak menggunakan vacuum frying..?

vacuum frying kapasitas 3kg


Di sini perlu sedikit dijelaskan apa itu vacuum friying. Alat ini sebenarnya sungguh luar biasa, vacuum frying dapat menggoreng produk dengan sistem hampa, hasilnya..? Alat ini bisa menggoreng dengan suhu rendah. Jadi jika minyak goreng bersuhu lebih dari 100 derajat C untuk menggoreng, dengan alat ini, bisa menggoreng dengan suhu di kisaran 50 derajat C.

vacuum frying kapasitas 1,5kg

Dengan menggunakan alat ini akhirnya buah-buahan dapat dibuat kripik.. tetapi..? tanpa campuran apapun. Dalam artian, buah itu murni dan langsung dibuat kripik, tidak dicampur tepung dan sebagainya..
Misal Kripik apel, apelnya di goreng langsung dan menjadi kripik apel
Begitu pula dengan salak, mangga, nangka, wortel, pepaya, dan sebagainya..

Nah.. untuk kripik jamur, tidak perlu menggunakan vacuum frying yang mahal, cukup digoreng biasa sudah bisa, namun dalam prosesnya memerlukan alat spinner yang berfungsi ganda, yaitu pertama mengurangi kadar air pada jamur, yang kedua menghilangkan/meniriskan minyak goreng yang terdapat dalam gorengan kripik jamur tadi..

Nah.. setelah jadi tinggal pengemasan.. and.. its all about packaging..!!
Pengemasan kripik jamur ada yang menggunakan plastik, ada yang menggunakan aluminium foil.., untuk yang menggunakan plastik, sebaiknya gunakanlah plastik yang tebal agar keawetan terjaga.., tetapi bisa juga menggunakan plastik dengan ketebalan sedang jika memang segmentasi pasar yang dituju adalah di sekolahan, agar biaya produksi tidak terlalu tinggi..

Kripik jamur kemasan plastik

Tetapi yang terbaik memang menggunakan aluminium foil.. mengapa..? karena kerenyahan rasa dan keawetan produk dapat terjaga dengan lebih baik..

Kripik jamur kemasan aluminium foil

Aluminium foil memang banyak digunakan untuk produk makanan kecil..., kalau tidak percaya, jalan-jalanlah ke supermarket, semua produk makanan kecil kebanyakan menggunakan aluminium foil..
Nah.. tinggal kita mau jualan ke mana..? Tentukan segemntasi pasarnya yang selanjutnya bisa "bermain" di wilayah itu..

25 komentar:

  1. Agung eko pRasetyo29 April 2011 14.40

    Artikel yang sangat manfaat sekali mas Fith, Untuk pengemasan aluminium foil apakah menggunakan alat khusus?

    BalasHapus
  2. suatu saat saya akan mencoba untuk memproduksinya pak

    BalasHapus
  3. Mantappp.. Bangg.. kebetulan saya sudah produksi, mauu.. lihat disini yaa Kunyahrenyah suwunnn.... monggo

    BalasHapus
  4. bagaimana jika kita tdk mempunyai spinner?? apa bsa dgn cra manual untuk menghilangkan kadar air dal minyaknya?

    mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mbayangin mungkin bisa numpang spinernya mesin cuci.

      Hapus
  5. ya saya terus buat ini... sedap neiiihhh

    BalasHapus
  6. perlu dijual nih>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

    BalasHapus
  7. sekali mendayung 2 pulau terlampoi..... Usaha jamur memang joa

    BalasHapus
  8. sekali mendayung 2 pulau terlampoi..... Usaha jamur memang joa

    BalasHapus
  9. mantab!insyaAllah siap mendampingi bisnis kripik jamur suami...baru nyari jamur mentahnya ni, disekitar kudus mana ya??

    BalasHapus
  10. bagus banget sob,,, semoga artikelnya bermanfaat untuk orang lain khususnya untuk saya,, saya berminat sekali usaha keripik jamur ini......

    BalasHapus
  11. semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. barokalloh fiik. Jazaakumulloh khoiron katsiro.

    BalasHapus
  12. Assalamu alaikum / Salam sejahtera

    Bagi ANDA yang ingin segera memulai usaha pembudidayaan jamur tiram khusus daerah LAMPUNG, PALEMBANG, BENGKULU, RIAU, PEKANBARU, JAMBI, MEDAN, PADANG dan sekitarnya & dan masih bingung, kami.. Menyediakan BIBIT F2 & BAGLOG Jamur Tiram Murah diLampung, Konsultasi GRATIS!! mengenai masalah budidaya Jamur Tiram dll

    segera Hubungi kami di:
    -085269592472
    -085378032456

    pin BB :
    - 74225E27

    dengan pengalaman produksi kami selama bertahun-tahun, dan TIPS & TRIK dari kami maka usaha anda untuk budidaya & memproduksi media (baglog) jamur tiram Insya Allah akan lebih CEPAT BERHASIL tanpa mengelami trial & error atau MINIM KEGAGALAN dan bisa menggunakan PERALATAN SEDERHANA.
    dan kunjungi juga kami di:

    http://bibitjamurtiramlampung.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Ada peralatan khusus gak di proses pembuatannya?

    BalasHapus
  14. saya akan coba ... stelah berhasil ranyanya mantap.. sya coba pasarkan, tapi klo blum pnya alat spiner pa ada cara manualll nya omm.??

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. oiya mohon informasi untuk agen yg jual jamur crispy di sekitaran surabaya ya.. makassih

    BalasHapus
  18. Mas, saya coba sarannya ya. Supaya junr goreng buatan saya tahan lama.

    BalasHapus
  19. mesin spinernya dijual gak ??? Harganya kisaran berapa ya??

    BalasHapus