Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Kamis, 30 Agustus 2007

Hasil Jamur Tiram Putih

Berdasarkan referensi musim-musim sebelumnya, perkembanganjamur tiram putih di lokasi budidaya kami yang terletakdi dusun Junggo Kota Batu sangat tergantung dengan kondisicuaca. Jamur akan berkembang dengan sangat baik dan cepat apabilacuaca dalam kondisi lembab dan suhu yang tidak terlalu rendah.

Menurut pengamatan kami, suhu optimal untuk perkembangantubuh buah jamur adalah berkisar antara 18 sampai 23 derajat.
Kadangkala di Junggo suhu menjadi sangat dingin hingga 15 derajat,dan juga berangin kencang.Pada saat seperti itu, pertumbuhan jamur tiram selalu mengalami penurunan.
Dalam catatan kami, hasil panen jamur tiram putih per baglogmencapai 380 gram. Berat media baglog adalah 1500 gram.

Artinya prosentase jamur terhadap media adalah 380/1500 = 25,3%.
Angka ini sudah cukup baik, artinya jika dihitung investasinyadengan harga jamur Rp. 6000,- berarti per log menghasilkanangka 0.38 x 6000 = Rp. 2280,- Pembelian media baglog adalah Rp. 1600,-Berarti sudah mendapatkan keuntungan sebesar = Rp.680 atau 42,5%dari modal pembelian.

Kami terus mencari beberapa referensi mengenai prosentase hasiljamur terhadap media, tetapi belum ada penelitian atau referensiyang cukup untuk dijadikan acuan di INDONESIA.

Referensi yang kami dapatkan dari thailand menyebutkan hasilpanen jamur berkisar atara 28% - 35% dari berat media, hal initergantung dari mutu baglog, nutrisi dan bibit yang diberikan,kepadatan media serbuk gergaji, dan juga kondisi cuaca sertaperawatan ketika masa penuaian hasil.

Pada Musim ke-4 ini, kami mencoba metoda perawatan berdasarkanreferensi dari Malaysia dan Thailand. Kami berusaha untuk meningkatkan hasil dari angka 25,3% tadi menjadi28%, sehingga diharapkan keuntungan yang didapat dapat lebihoptimal.

4 komentar: