Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Senin, 03 September 2007

Perawatan Jamur


untuk menjaga kualitas hasil panen jamur tiram putih, perawatan terhadap baglog jamur haruslah optimal.
Untuk itu perlu terus dipantau dan dijaga kelembaban udara kumbung berkisar antara
90 - 95% dengan cara melakukan penyiraman dan pengabutan air secara teratur.
Penyiraman biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore menjelang malam untuk menurunkan suhu sekaligus merupakan proses raising bagi baglog jamur yang belum tumbuh jamur.
Apabila telah muncul jamurnya, maka penyemprotan air dilakukan pada lantai dan
kumbung, tidak mengenai tubuh buah.




37 komentar:

  1. pak, kalau bag log sdh putih semua, untuk tempat tumbuh jamur sebaiknya bag log di buka tutupnya atau cukup di sobek plastikya (dilobangi dng pisau). trims

    BalasHapus
  2. Kalau menurut pengalaman kami selama ini, yang terbaik, dibuka tutup plastik cincinnya, lalu di raising Pak. Untuk jenis jamur tiram putih florida yang kami budidayakan, karena karakteristik panennnya besar2 dan tebal, bahkan cincinnya kami buka sekalian, tetapi plastik dikembalikan dalam posisi seperti ada cincinnya

    BalasHapus
  3. dan berapa harga 1 kg jamur tersebut!

    BalasHapus
  4. pak bagaimana cara untuk merwat jamur dengn baik dan benar?

    BalasHapus
  5. pak kalo misalnya baglog sudah raising jamur tiramnya!apa boleh disiram di baglog?kalo tidak boleh kenapa?

    BalasHapus
  6. Raising itu dilakukan di awal produksi. Yang penting kelembaban dijaga terus di kisaran 85-90%. Jika terlalu banyak menyiram di baglaog, nanti menyebabkan baglog terlalu basah, ini malah bisa menghambat pertumbuhan selanjutnya. Untuk menjaga kelembaban siram lantai, dinding kumbung. Untuk yang ke baglog, siram dengan nozel halus hanya di pagi hari saja. secukupnya, tetapi jika kelembaban alami sudah tinggi. tidak perlu

    BalasHapus
  7. om. bagaimana cara"y mengantisapasi kalau bagian beglog"y terkena hama seperti semut, padahal msih proses produksi, trms

    BalasHapus
  8. pak gimana cara mengatasi jamur yang layu!padahal jamur baru saja tumbuh?

    BalasHapus
  9. gimana caranya agar jamur dapat berkembang/tumbuh lebih baik karena saya punya 3000 baglog tapi hanya dapat menghasilkan 3-7 kg perhari terima kasih

    BalasHapus
  10. bagaimana cara pengembangan jamur yang baik???

    BalasHapus
  11. shena, sok pinter banget c.... !!!!

    BalasHapus
  12. pak tiap kali tumbuh tunas, pasti jamur aq kering dan tidak bisa produksi. bagaimana cara mengatasinya. trima kasih

    BalasHapus
  13. Apakah suhu dan kelembaban di tempat bapak sudah optimal..? Suhu yang baik di dalam kumbung sekitar 28derajat C, tetapi hingga 31 juga tidak maslaah. Yang penting kelembaban sekitar 90% tetap terjaga. Jika tidak, maka bisa kering. Penyirman yang baik dilakukan pada pagi hari setelah panen, sekitar jam 6 pagi. Jika cuaca panas, bisa sedikit disiramkan ke baglog dengan spray yang paling halus..

    BalasHapus
  14. gimana caranya ngrawat jamur ya

    BalasHapus
  15. pak saya baru pemula budidaya jamur tiram lalu untuk mengatasi penyakit jenis ulat nyamuk kepik itu bagaimana lalu untuk mempercepat tumbuh berikutnya bagaimana terimakasih saya petani jamur dariPUJON.

    BalasHapus
  16. dari seribu log dapat dihasilkan berapa kg tiap harinya ?

    BalasHapus
  17. raising itu apaan sech pak Fit..maaf baru kenal pelihara jamur tiram heheh

    BalasHapus
  18. pak saya ini baru pemula di dalam bidang ini dan saya mau tanya kalau 1 bag log itu rata2 bisa menghasilkan atau memproduksi jamur sampai berapa?dan juga itu rata2 berproduksi dalam kurun waktu berapa bulan?dan cara merawat nya agar tetap optimal bertumbuhnya jamur itu yg baik dan benar bagaimana seh pak?

    BalasHapus
  19. pak bagaimana cara mengatasi baglog yang banyak mengandung air dan menjadi busuk....?

    BalasHapus
  20. pk gmna klau daerah ya dah lmbab pa hrus tiap hari di sram lntai ya pk??trimakasih

    BalasHapus
  21. pk tolong jelaskan tempat untuk budidaya jamur and penempatan jamurx ? apa dperlukan air mengalir di sekitar dinding dan lantai biarmenjga suhu

    BalasHapus
  22. Salam kenal pak Fithrawan,

    Saya baru memiliki 3 baglog sbg percobaan dirumah dan yg baru tumbuh dan dipanen hanya satu baglog, yg ingin sy tanyakan:

    1. Bagaimana cara perawatan baglog yg baik krn ketiga baglog sama2 sy semprot pagi dan sore.
    2. Bagaimana cara me-manen jamur yg besar2 tanpa mengganggu jamur yg masih muda (kecil) yg juga ikut ter-panen agar tetap tumbuh hingga besar.
    3. Apakah menyobek media tanam (baglog) dpt mempengaruhi tumbuh kembang jamur?

    Terimakasih sblmnya atas jwbn bpk.

    BalasHapus
  23. To Ayoxon:
    Salam kenal Juga Pk

    1. Penyiraman adalah untuk menjaga kelembaban ruangan dan juga baglog. Penyemprotan pagi dan sore adalah salah satu metoda. Kalau cuma 3 baglog, pertanyaannya diletakkan di mana..?
    2. Pemanenan dilakukan dengan mencabut seluruh tangkai jamur baik yang besar maupun yang kecil hingga seluruh akar tangkai tercabut sempurna. Jadi tidak memilah yang besar maupun yang kecil dari akar tersebut
    3. Penyobekan berpengaruh untuk mempercepat karena bisa tumbuh juga dari media yang disobek. Tetapi perlu diperhatikan kelembaban ruang harus tetap optimal, kalau tidak nanti dikhawatirkan baglog mengering atau berkurang kadar airnya yang mengakibatkan pertumbuhan terganggu

    BalasHapus
  24. bagai mana cara bikin baglog

    BalasHapus
  25. bagaimana cara membuat kripik jamur tiram putih

    BalasHapus
  26. Salam, Pak sya petani jamur dari Medan, setelah berjalan sebulan hasil panen jamur saya menurun drastis sampai2 dua/tiga hari tidak tumbuh jamurnya satu pun. padahal kondisi kumbung tetap di kondisikan selalu lembab dan jauh dari gangguan hama. Sedangkan para pelanggan yang biasanya saya antar udh minta dikirim barang terus pak, Jadi kira2 gmna pak untuk menghadapi kondisi sprti ini. sebelumnya terimakasih.

    BalasHapus
  27. salam kenal pak,

    pak, saya baru memulai usaha jamur dengan 1000 beglog. selama ini dalam perawatan jamur, selain menyiram dinding dan laintai, saya juga men-spray beglog. dan tidak lama setelah di-spray beglognya pun cepat kering kembali. apakah dengan men-spray beglog itu membuat jamur menjadi berwarna kuning/tidak putih segar? karena tadi jamur saya banyak yang berwarna kekuningan/tidak putih segar. terimakasih pak sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sebelumnya pertanyaan anda bagus yang membuat warna kuning karena suhu anda masih terlalu panas sebelumnya terima kasih

      Hapus
  28. mas, di jawa timur pasar untuk jamur tiram masih terbuka lebar atau tidak?

    terus di jawa timur setiap harinya membutuhkan berapa ton jamur tiram setiap harinya?

    sekalian minta no hp dan alamat rumah, saya ingin belajar budidaya jamur tiram. Ini alamat email saya muh_riz4190@yahoo.co.id

    BalasHapus
  29. Pak Bagaimana cara menjaga agar jamur tetap putih dan segar soalnya jamur yg saya punya cepat menguning warnanya....?

    BalasHapus
  30. Pak berapa modal awal untuk membudidayakan jamur tersebut?
    bagemana cara perawatanya?

    BalasHapus
  31. jamur aku udah panen terus berkat rajin nyiram pagi siang malam ok

    BalasHapus
  32. rasanya pengen sekali membudidayakan jamur ini sebagai sampingan di rumah soalnya rumah saya banyak ruangan kosong yang ga keisi, apakah bisa di dalam rumah membudidayakan jamur???

    BalasHapus
  33. pak, kalau bangunan bekas walet bisa dpakai gak?

    BalasHapus