Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Kamis, 04 Juni 2009

Tip dan trik budidaya jamur tiram putih (4)

Step 4 (INOKULASI MEDIA)

Baglog yang telah disterilisasi dalam steamer diletakkan dalam ruang inokulasi

Yang PERLU diperhatikan :

- Perletakan baglog jangan ditumpuk terlalu tinggi, maksimal 3 tumpuk saja.

- Ruang inokulasi harus bersih sekali, sangat rapat, bahkan tidak boleh ada udara masuk. (sebaiknya sih diberi Air Conditioning AC).

- BAGLOG SUDAH CUKUP DINGIN SAAT DI INOKULASI

- WARNING, baglog yang masih bersuhu diatas 50 derajat akan beresiko mati jika diinokulasikan bibit jamur

Bahan yang perlu disiapkan saat inokulasi bibit jamur tiram :

  • - Bunzen (kompor spritus kecil)
  • - Bibit jamur tiram putih
  • - Spatula atau stang stainless steel
  • - Spritus untuk bahan bakar bunzen
  • - Alcohol 96% untuk sterilkan tangan, kaki, dan badan
  • - Kertas koran untuk penutup baglog
  • - Karet

Langkah inokulasi:

  1. Semprot tangan, kaki, badan dengan alcohol sebelum memasuki ruang inokulasi
  2. Nyalakan bunzen dan USAHAKAN SELAMA PROSES INOKULASI, BIBIT SELALU DEKAT DENGAN NYALA API.
  3. Buka cincin baglog, lalu masukkan bibit jamur tiram putih secukupnya dalam baglog
  4. pasang kembali cincin, dan tutup dengan kertas koran dan rapatkan dengan karet
  5. KERTAS KORAN HARUS DALAM KEADAAN STERIL JUGA, SEBAIKNYA IKUTKAN SAAT PROSES STERILISASI BAGLOG DALAM STEAMER.

Tips

- Tingkat keberhasilan inokulasi sangat tergantung ketelitian, kebersihan ruang inokulasi sterilnya tangan dan kaki, dan dekat dengan nyala api bunzen

- Inokulasi yang baik biasanya akan memunculkan bibit jamur berupa seperti mengapas

- dalam waktu kurang lebih 10 hari, mizelium telah mencapai hampir 50%.

- Setelah di inokulasikan, letakkan media baglog dalam rak-rak inkubasi boleh dalam posisi vertikal atau horizontal mana saja yang lebih menghemat tempat.

- Rak inkubasi hendaknya bersih, terletak dalam ruangan yang tidak terlalu terang

- Setelah 10 hari boleh dilakukan sirkulasi udara, atau langsung saja dilakukan pemindahan ke kumbung

VIDEO PROSES INOKULASI

Refferensi lain inokulasi media dari FAO

Posting berkaitan:

Trik 1

Trik 2

Trik 3

Trik 5



14 komentar:

  1. mas.. mautanya sedikit
    soalannya ada masalah sedikit mas..
    untuk jamur yg mau tumbuh yg masih kecil ini kebanyakan banyak yg kering atau menguning mas..
    gimana cara mengatasi , mhn srannya..?
    menurut kami sudah kami lakukan penyiraman pada lantai dan dinding dan sudah kami jaga kelembaban
    , mhn solusi yg lain mas...???
    Terimakasih..

    BalasHapus
  2. pak saya tertarik dengan budidaya ini? saya ingin ikut usaha donk.......!!
    bagaimana sara pemeliharaannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DTC (Drenges Tiram Center) melayani:
      Menjual BAGLOG
      Menjual bibit jamur tiram putih (F2=50rb, F3=20rb)
      Menerima Pendampingan Usaha (±1 jt)
      Menerima Pelatihan Budidaya maupun Produksi mandiri

      HUBUNGI KAMI:
      Alamat:
      Tempat Percontohan Budidaya:
      DTC cabang Bojonegoro : Ds. Drenges RT.4 RW.01, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro
      Tempat Produksi:
      DTC cabang Jombang : Ds. Kabuh Kec. Kabuh kab. Jombang
      Telp: 085 648 432 755
      www.drengrestiramcenter.blogspot.com
      Tempat Konsultasi : Surabaya, jombang, Bojonegoro.

      Hapus
    2. kalau di surabaya dimana tempatnya pak saya yudi email yudismall@gmail.com

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. kemarin aku lihat tetanggaku nanam 100 baglog. tiap hari panen 3 ons. yang saya tanyakan apa baglog itu ada umurnya ?

    BalasHapus
  4. .saya sedang magang d BBPP, kebetulan saya d unit jamur tiram,,,
    .berapa persen dari 1000 baglog ygnsaya kembangkan yg akan mati???

    BalasHapus
  5. saya sedang mencoba membuat baglog sendiri, sekarang umurnya sudah 50 hari tapi kok tidak mau tumbuh tunas jamur , apa ya sebabnya

    BalasHapus
  6. tiap baglog bisa panen 4- 6 kali
    kan? kalo ga salah?

    trus kalo ga salah,, baglog yg bagus itu biar ga mati n subur,, jenis serbuk kayu nya,, pake mahoni , sangon laut,,dll...trus ada Penggunaan nutrisi pake tepung jagung / bekatul ... bekatul yg bagusnya :kandungan beras berbanding sekam tinggi..

    coba baca2 lg pak dr internet

    BalasHapus
  7. mas ato pak sayta sangat tertarik dengan budidaya jamr ini , saya pengen mencoba alangkah apa yang pertama kali yang harus di persiapakan???? trimsss

    BalasHapus
  8. dalam berbudidaya jamur tiram berapa persen keuntungan dari seperseribu log? jika kita membuat log dengan angka tsb.

    BalasHapus
  9. saya ardika dari singaraja bali,untuk pemesana bibit apa bisa melayani ampe ke bali? minta informasiny6a ya???

    BalasHapus
  10. DTC (Drenges Tiram Center) melayani:
    Menjual BAGLOG
    Menjual bibit jamur tiram putih (F2=50rb, F3=20rb)
    Menerima Pendampingan Usaha (±1 jt)
    Menerima Pelatihan Budidaya maupun Produksi mandiri

    HUBUNGI KAMI:
    Alamat:
    Tempat Percontohan Budidaya:
    DTC cabang Bojonegoro : Ds. Drenges RT.4 RW.01, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro
    Tempat Produksi:
    DTC cabang Jombang : Ds. Kabuh Kec. Kabuh kab. Jombang
    Telp: 085 648 432 755
    www.drengrestiramcenter.blogspot.com
    Tempat Konsultasi : Surabaya, jombang, Bojonegoro.


    BalasHapus
  11. KERIPIK JAMUR - PINKY JAMUR yg DIGIGIT malah MENGGIGIT!

    GILA aja klo ad yg ga suka! Keripik Jamur yg plig byk dkejar2 n dgilai2...ya cm PINKY JAMUR!

    Dibuat dr Jamur Tiram yg KAYA PROTEIN, berbalut tepung yg KRIUKnya RENYAH TAK TERBANTAHKAN, pkoke lezatny bikin MEREM MELEK.hahaa...

    Cuma 15rb! (*utk yg bminat jd reseller hrga khusus). Pembelian lebih banyak, diskon tentu lebih banyak lagi

    -Kemasan Alumunium Foil
    -Expired 5 bulan
    -Telah terdaftar Dinas Kesehatan No PIRT
    - Pengiriman d bwh 20 kg (180 bungkus) menggunakan jasa pengiriman JNE, d atas 20 kg menngunakan expedisi, atau sesuai keinginan Anda.


    Siap dikirim k sluruh Indonesia!!! Tsedia 3 rasa!

    Order: 085648366344/ @adelete/ www.pinkyjamur.com / 26b02c7e

    BalasHapus