Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Selasa, 12 Januari 2010

Pembibitan F0 atau PDA jamur tiram

PDA umur 10 hari setelah inokulasi indukan jamur
tampak miselium sudah 90% menyebar



Posting kali ini kami akan menjelaskan sedikit sepanjang pengalaman dan pengetahuan kami mengenai pembuatan bibit jamur tiram.

Bibit utama F0 yang langsung diturunkan atau diambil dari spora jamur langsung sering disebut dengan PDA.

Dari satu botol PDA ini bisa menghasilkan sekitar 30 botol F1
Dari satu botol F1 bisa menghasilkan sekitar 50-70 botol F2
Dari satu botol F2 bisa menghasilkan 40 bagog jamur tiram putih..
Kalau diurut, jika kita berhasil membuat satu saja botol bibit PDA jamur tiram putih.., kita bisa menghasilkan 30 botol F1 untuk menjadi 1500 botol F2 yang bisa menghasilkan 60.000 baglog jamur tiram putih.. Subhanallah...

Jadi memang, jangan takut gagal dalam membuat PDA.., jika dalam membuat 20 botol PDA ada yang berhasil cuma 1 saja.., maka kita sudah bisa membuat pabrik jamur yang menghasilkan 60.000 baglog jamur tiram putih.. luar biasa bukan...???????
Ok.. Sekarang apa aja yang perlu disiapkan...??

Bahan:
1. Kentang dalam kondisi baik.. mulus, tidak ada bintik banyak, tidak ada noda busuk.. pokoknya yang paling bagus. Dibutuhkan 200 gram saja.
2. Dextrosa sebanyak 20gram. Dextrosa ini dapat dibeli di apotek, atau di toko laboratorium. Harganya di Malang sekitar Rp.50.000 per kg.
Contoh gambar dextrosa ukuran 1kg beli di toko laboratorium

3. Agar powder.. pilih yang bening. Dibutuhkan sebanyak 20 gram saja.
4. Air sebanyak 1 liter. Gunakan air steril, air destilasi. Bisa dengan membeli air mineral kemasan yang kualitas baik.
5. Kapas steril dan plastik tutup secukupnya.

Langkah membuat cairan PDA :
1. Kupas dengan baik kentang, lalu potong berbentuk kubus kecil2 dengan ukuran sekitar 1cm3. Timbang sehingga didapat sekitar 200 gram.
2. Cucilah kentang hingga bersih, lalu rebuslah kentang menggunakan air tadi sebanyak 1 liter air selama kurang lebih 20 menit.
3. Ambillah air rebusan tadi dan saring sebersih mungkin masukkan ke gelas ukur, dan tambah dengan air steril sehingga jumlah air menjadi pas 1 liter kembali.
4. Campurlah dalam cairan tadi 20 gram dextrosa dan 20 gram agar powder lalu aduk dengan merata dengan kecepatan normal sehingga benar-benar larut dengan baik.
5. Campuran tadi adalah cairan PDA. Masukkan cairan PDA ini di botol pipih setinggi 50-100 mm saja Lalu tutup dengan menggunakan kapas steril dan kemudian tutup dengan plastik dan diberi karet hingga benar-benar rapat.

Catatan : botol yang dipilih adalah botol pipih seperti bekas botol madu/ atau botol whiski ukuran kecil. sebelumnya botol dibersihkan dan disteril dengan merebus botol dengan air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Memang dalam membuat bibit PDA, kebersihan, sterilisasi tempat, alat dan bahan adalah syarat utama dalam menunjang keberhasilannya.

6. Setelah itu langkah selanjutnya adalah kita mensteril cairan PDA dalam botol tadi menggunakan Autoclave selama kurang lebih 30menit-45menit dalam suhu 120 derajat C. Bagi kita yang mungkin kebanyakan tidak memiliki autoclave, bisa menggunakana panci presto bertekanan. Lama sterilisasi media dalam panci presto adalah setelah air dalam presto mendidih dan menghasilkan uap bertekanan yang ditandai panci berbunyi, pertahankan kondisi ini selama kurang lebih 45menit-60menit hingga yakin benar kondisi sudah steril betul..
7. Setelah itu, jangan langsung dibuka, biarkan mendingin hingga kurang lebih 37 derajat C. Keluarkan botol-botol tadi dan letakkan dalam posisi miring/tidur agar cairan bisa melebar dengan tujuan memperbanyak area media. Catatan, pokoknya dalam meletakkan tidur ini, jangan sampai cairan mencapai mulut botol.

Jika cairan PDA agar tadi sudah mengeras, barulah siap untuk di Inokulasikan bibit yang didapat dari jamur langsung.

Langkah Inokulasi PDA :
Yang perlu disiapkan adalah :
1. Ruang inokulasi berupa tempat tertutup dan steril, kami membuatnya dengan kotak dari kayu ukuran 0,7mx2mx0,5m, atasnya diberi kaca. Kondisi dalam dilapisi dengan tripleks melamin putih agar bersih dan steril.
2. Jarum/gagang dari stainlesssteel
3. Bunsen atau kompor spirtus
4. Kapas steril
5. Pemantik api
6. Alkohol
7. gelas steril

Langkahnya adalah :
1. Semprot ruang inokulasi dengan alkohol hingga steril.. biarkan selama kurang lebih 20 menit.
2. Masukkan semua alat ke dalamnya.
3. Siapkan dan masukkan botol-botol PDA
4. Siapkan pula jamurnya.. Pilih jamur yang baik, kondisi yang muda, tidak basah, memiliki batang tunggal yang besar dan keras. kondisi yang putih bersih.
5. Nyalakan bunzen, lalu ambil jarum/ganggang stainless tadi dan panaskan ujung ganggang tadi di api bunzen hingga panas dan berwarna merah. Ini gunanya untuk mensterilkan dan membunuh kuman
6. Dinginkan ganggang dan letakkan pada gelas yang bersih dan steril.
7. Ambil jamur (o ia, sebelum inokulasi, semprot tangan dengan alkohol dengan merata hingga benar2 steril juga) sobeklah jamur menurut arah panjangnya, letak spora yang banyak kira-kira di dekat gagang tapi masih di tudungnya.
8. Menggunakan jarum/gagang tadi, ambil potongan kecil dari jamur seukuran kira-kira 2-3mm2. Pastikan mengambilnya menggunakan ujung jarum yang sudah benar2 steril tadi dan tidak menyentuh bagian luar dari jarum.
9. Ambil botol PDA dan dekatkan dengan api bunzen, perlahan bukalah kapas (semua proses harus dekat dengan api agar pasti kondisi free dari kuman dan bakteri), lalu masukkan cuilan jamur tadi ke dalam botol PDA lalu segera tutup dengan kapas steril tadi dan juga dengan plastik dan diberi karet...
10. Sekali lagi karena penting!! SEmua proses harus dekat dengan api bunzen.

Letakkan botol PDA yang sudah diinokulasi dengan jamur tadi di ruang yang steril, bersih.
Periksa terus terhadap kontaminasi...

Jika berhasil, maka bisa dilihat dalam waktu 3-4 hari saja yang diindikasikan dengan menyebarnya miselium putih di permukaan agar PDA.
Jika miselium sudah merata seluruhnya selama kurang lebih 7 hari-10 hari, maka PDA sudah siap untuk diinokulasikan ke botol F1.
Sekali lagi, tidak perlu kecewa jika proses ini gagal. Dalam membuat 10 botol, bisa jadi 1 saja sudah Alhamdulillah.. karena sudah bisa membuat pabrik jamur tiram putih.

Link terkait
Memperbanyak indukan PDA ke PDA
Memperbanyak indukan F1
Rangkuman pembibitan

83 komentar:

  1. TRIMA KASIH SAHABAT.SEMOGA BERGUNA BAGI Q. N AKU AKAN MENCOBANYA.

    BalasHapus
  2. -- terus terang saya sampai merinding dan sangat bangga membaca blog ini --

    BETAPA BANYAK ORANG YANG DAPAT TERSELAMATKAN DARI KEMISKINAN AKIBAT PENGANGGURAN

    jika mau berusaha seperti Mas FITHRAWAN SATRIYANTO dan Mas-mas serta Mbak-mbak yang menggeluti jamur dan BERBAGI INFORMASI seperti ini

    saya yakin TUHAN SENANTIASA MERIDHLOI KALIAN
    Amien..

    -- salam hormat saya : pak wied - blitar - 081333794879 --
    ( pengagum gerakan pemuda pemudi mandiri )

    BalasHapus
  3. Assalam....
    Mas Fitrawan numpang PROMOSI yaa tapi sebelumnya saya ucapkan selamat atas blognya yang sistematis, berkualitas dan bersahabat. Saya tertarik resep kripik jamurnya lho kalau boleh diparingi kulo.
    Bagi rekan rekan yang ada di Sumatra khususnya PEKANBARU yang membutuhkan BIBIT JAMUR TIRAM,MEDIA TANAM SIAP PANEN hubungi kami:

    jamur_pekanbaru@Yahoo.com
    www.jamurpekanbaru.multiply.com
    Hp 0819 9325 6754 S.Khoirudin

    Terimakasih Mas Wawan

    BalasHapus
  4. mz Fitrawan sya mo tanya
    1.Dextrosa yg dpke spt p/mrek p?
    2.Agarnya jg mreknya p y?p cap walet tu bs?yg baik warna putih/p?
    soal blognya NO COMMENT!!!
    KEREN ABIZZZ!!!!!
    Mksih sblm & ssudahnya.

    BalasHapus
  5. Bagus..thanx atas infonya..

    BalasHapus
  6. Salam, mohon izin mas, saya kongsikan informasi dari blog tuan di blog saya untuk pengusaha2 cendawan (jamur) di malaysia.

    BalasHapus
  7. Fithrawan Satriyanto9 Maret 2010 21.30

    Silahkan, tidak apa. Informasi free. Salam untuk pengusaha cendawan di Malaysia

    BalasHapus
  8. numpang tanya mas fithrawan" berapa lama sih mas pda itu ditumbuhi miselium?
    thanks, moga ALLAH membalas kemurahan hati sampean

    BalasHapus
  9. Fithrawan Satriyanto10 Maret 2010 14.23

    Amin yaa Robbal alamiin, semoga kebaikan doa Anda juga tercurahkan kepada Anda dan kepada semua.. Saudara anonim yang baik.., pada PDA pertumbuhan miselium sampai menutup seluruhnya memakan waktu InsyaALLAH sekitar 5-10 hari. Tetapi dalam 2-3 hari saja sebenarnya sudah tampak apakah pembibitan kita berhasil. secara visual miselium putih akan menyebar dalam 2 hari. Selama penyebaran harus kita pantau setiap hari, apakah terdapat kontaminasi, sebelum kontaminasi itu tertutup oleh miselium

    BalasHapus
  10. Ass. Mudah-2an keikhlasan membagi ilmu ini akan dibalas oleh Alloh SWT.... Amin,....
    Wass.

    BalasHapus
  11. Fithrawan Satriyanto16 Maret 2010 01.14

    Wa'alaikumsalaam wr wb.., Amin.. terima kasih

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum mas Fith..
    saya bnr2 salut sm mas yg mau membagikan ilmu yg sngat bermanfaat ini..
    saya berdomisili di solo, sy ini jg br saja mulai budidaya jamur tiram putih ini,,,mskipun hsilnya blm sberapa..
    saya mau nanya untuk pensterilan kapas apakah cukup di semprot dengan alkohol???

    BalasHapus
  13. Fithrawan Satriyanto2 April 2010 10.30

    Wa'alaikumsalaam WR Wb.. Trims Pak Jendrul, jangan dipuji terus. ntar GR.. hehe. Untuk kapas, beli kapas steril di apotik. Nanti waktu di sterilisasi ke dalam autoclave, InsyaALLAH sudah ikut steril kog Pak.. Mohon maaf sekali kalau posting ini kurang jelas. InsyaALLAH akan saya dokumentasikan foto2 plus videonya dalam bentuk CD.. bisa diganti biaya kirim dan biaya burning nya saja

    BalasHapus
  14. o ya mas,,,
    koq saya download videonya ga bisa di putar...
    yg formatnya selain mov ada ga????

    BalasHapus
  15. Fithrawan Satriyanto5 April 2010 20.38

    maklum pake camera digital biasa Mas.. saya ngga tau convert dari Mov ke wmv atau mpg.. ada yang bisa bantu..?

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum Mas,

    saya sugiyanto (Bekasi ), yang kemarin tanya harga Autoclav.

    kayanya saya belum berani pesen autoclav dulu ( ilmunya belum cukup )

    tapi nanti InsyaAllah saya pasti pesen kok Mas (The Power of Nekat )

    saya mau pesen CD teknik budidaya dulu bisa mas (video) biar lebih clear gitu.

    Thank

    BalasHapus
  17. Fithrawan Satriyanto14 April 2010 20.40

    Wa'alaikumsalaam WR Wb
    Pak Sugiyanto: Kalau sudah InsyaALLAH tidak nekad kog pak.. namanya Tawakkal.. CD teknik budidaya saya belum pernah jual lho Pak.. adanya hanya kumpulan file-file mengenai teknik dan pengalaman kami dalam usaha ini.. Video nya ya sama persis dengan yang bisa di download secara langsung di blog ini.. semua free. begitu Pak.. gimana..?

    BalasHapus
  18. O ya, kalau begitu saya coba download aja dulu mas semuanya, terimakasih banyak Mas.

    BalasHapus
  19. Fithrawan Satriyanto15 April 2010 18.49

    video pembibitan sudah kami convert ke WMV.. Alhamdulillah.. maaf baru bisa.. maklum gaptek.. tanya-tanya dulu. Untuk yang budidaya belum kami ganti..

    BalasHapus
  20. Tadi sy kirim email ke gmail mas. Jujur saya salut bgt sama Blog nya mas, semua di berikan free, moga2 makin banyak rakyat Indonesia khususnya dan Bahkan dunia yang bisa mengambil manfaat dari Blog ini. thx bgt mas buat infonya. four thumbsup deh buat mas Fithra :)

    BalasHapus
  21. assalamualaikum
    bisa minta no hp bapak

    BalasHapus
  22. mas sya agak kesulitan untuk membuat F0. mhon petunjuk mas....thank wassalam

    BalasHapus
  23. mas ini no hp sya, 081 234 535 667 ATAU 081 946 614 003. MHON DI CALL YA MAS SOALE SYA BUTUH PETUNJUK. THANK...

    BalasHapus
  24. assalamualaikum wr wb
    mas,saya mau nanya nih saya bikin f0 cuma numbuh miselium tipis dan malah keluar serbuk oranye ..itu spora bukan???apa itu tandanya PDA kurang mantap nutrisinya????
    nyari dektrosa yang jenis apa mas???kayanya susah tuh carinya...email saya mas:heroarsen@yahoo.co.id
    terima kasih blog-nya udah ngasih banyak ilmu jazakhallahu khairan..

    BalasHapus
  25. MAS MINTA NO HP UNTUK MINTA PETUNJUK CARA PEMBUATAN BIBIT JAMUR TIRAM DRAI PDA.....KRIM LEWAT EMAI NI ALAMATNYA suharmanb@yaho.co.id

    BalasHapus
  26. alhamdulillah,pengetahuanq bertambah.semoga mas fitrawan diberkahi dengan rizqi yang banyak dan barokah...amin.

    BalasHapus
  27. Aslmlkm. Harga boilerny brp mas? T'masuk ongkir k lampung. Oya, boiler ini kan kapasitasnya 1000 bglog, bglogny pake plastik ukuran brp? Mksh.

    BalasHapus
  28. Ass.. mas minta no hp untuk minta petunjuk pembuatan bibit jamut tiram..
    email sya : rio_haryono28@yahoo.com
    mohon batuannya mas,,hatur nuwun..

    BalasHapus
  29. wah, semoga Mas dimurahkan rizkinya karena kasih ilmunya murah. Omong-omong kalau mau magang belajar budidaya jamur ke tempat sampean apa diterima? Saya di banyuwangi lagi coba budidaya jamur untuk pelajaran eskul anak2 kejar paket B. ya sambil belajar wirausaha...

    BalasHapus
  30. mas sy mw tnya…
    saya mahasiswwa pertanian,skrg sy sdng skripsi jdul yg sy ambil ttg kultur jaringan trus spesimen sy adlh jamur tiram putih ini,
    sy sdh brkali2 bwt F0 jamur tiram ini tp slalu gagal,tdk tumbuh miselium sama sekali,bahan2 persis sama kyk bahan mas d atas tp sy tdk pake panci presto sy hanya pake panci bysa trus utk indukan jamurx sndiri sy bli jamur yg ada d pasar2 itu,mnurut mas apa yg salah dr percobaan saya??
    mohon bantuanxx,,,
    sebelumx trimakasi mas…

    BalasHapus
  31. Subhanallah... ga banyak yg mau berbagi ilmu seperti mas... moga2 mendapat balasan kebaikan yg lebih banyak dari Allah SWT. Mohon do'anya mas, saya saat ini sedang ancang2 memulai usaha ini di Tulungagung - Jatim.

    BalasHapus
  32. mas fit, sy bru buat blog n sy minta ijin ambil materi untuk ngisi blogku dengan materi dari jenengan nggeh....

    BalasHapus
  33. Fithrawan Satriyanto21 Oktober 2010 13.28

    Untuk semua sahabat: Terima kasih dukungannya. Untuk Abahkaya: Silahkan.. tapi jangan lupa cantumkan sumbernya yaa.. (blog kami) trims

    BalasHapus
  34. ass.... maz fithrawan. subhanallah,belum pernah saya menemukan blog/web yang berkaitan tentang jamur dengan admin yg sangat baik dan mau membantu seperti maz. terus terang saya tertarik sekali dengan budidaya jamur tiram. insya allah saya mau mencoba, dan sebagai pemula saya mau menanyakan tentang Dextrosa.
    .apakah dextrosa dapat di beli di apotek....??
    .seperti apa bentuk dextrosa...?? berupa serbuk atau cair
    .dan membelinya minimal 1kg atau semau nya...??
    mohon bimbingan nya maz. semoga maz berkenan membantu saya

    BalasHapus
  35. Fithrawan Satriyanto23 Oktober 2010 06.25

    @Pak Ferry: Wa'alaikumsalaam wr wb, terima kasih supportnya. Dextrosa biasanya dijual di toko laboratorium, toko kimia, kadang di apotek juga ada. Fotonya ada di atas.. sebenarnya dextrosa itu gula. jadi bentuknya serbuk

    BalasHapus
  36. ass. . .mas fithrawan saya mencoba membuat PDA. dan saya tidak memakai dextrosa karena barangnya sulit di temukan. saya juga memakai agar berwarna merah tapi setelah 1hari warna nya berubah menjadi putih. itu bagaimana ya mas....?? apakah percobaan saya bisa berhasil mas....?? dan bisakan dextrosa di ganti dengan gula halus/gula pasir....?? mohon bimbingan nya mas. terimakasih atas jawaban mas. dan semoga saya tidak mengganggu mas fithrawan.

    BalasHapus
  37. ass.... maz mf klo saya ngganggu maz fithrawan dan jg lo maz fithrawan jg keberatan membantu saya. saya mohon mf yg se besar2 nya. thanks.

    BalasHapus
  38. Ass......wr wb.
    Mas Fithrawan, terimakasih.....muantab bngt infonya. mas sy baru pindah kejambi. disini suhunya agak panas. gmn ngakalinya mas.
    Kalo blh saran, buat Cd n Buku aja mas dng infonya yg MUANTAB n komplit,wass (Alfian-jambi)

    BalasHapus
  39. assalamualaikum......wah ini yang jd favoritku akhir2 ini....blog jamur sekolahdolan.Salut mas.... aku jg asli malang....brantas,asrama arhanud yon 2 alap alap.Sekarang lg di pontianak.gini mas,boleh aku minta nomer hp ne???? rep takon akeh ki mas..... aku jg mau budidaya jamur tiram.Disini harga msh bagus...35.000/kg. ni nomer hp ku mas 081353552480.Tolong sms pa telpun....pengen blajar langsung dari pakar e.Hehehehee....... oiyah mas,mas jg mnyediakan bibit f2 jamur kuping ga????? inshaallah aku mau order f2 disini.

    BalasHapus
  40. ass..... mas fith saya mau nanya. kalo baglog yg sudah di tumbuh'i mesilium tu bisa buat bibit baglog yang masih baru ngga...? mohon penjelsan nya ya mas fith...

    BalasHapus
  41. Mas Lucka Tedjho..: Wa'alaikumsalaam Mas, terima kasih sekali dukungannya.. muaaaf sekali terlambat respon.., i ya mas kami hanya khusus mendalami tiram putih saja.., hp saya 0817384454. Untuk Mas Ardi..: untuk baglog tidak bisa dibuat bibit, miselianya kurang bagus. terkadang memang bisa, tetapi kualitas baglog kurang bagus

    BalasHapus
  42. assalamualaikum wrwb..
    mas asyg pemula pembuatan jamur tiram.
    mo nanya mas,sy udah buat kumbung selama 1 minggu tp udah banyak dimakan bubuk bambunya,gmana ya mas cara ngatasinya.???
    dan posisi baglog bagusnya yang tidur atau berdiri.?
    mohon bantuannya mas.terimakasih

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum . .
    Mw tanya ne mas,, kenapa dlm pembuatan baglog stlah d semai bi2t dlm bbrapa hari kemudian baglognya ada yg bercak2 hitam ., n meseliumnya jg sngat tipis,, mohon bimbinganya maz ..
    Oh ya krna krn sy tingglnya d papua sya menggunakan serbuk kayu matoa sbgai medianya krn d sn g ad jenis2 kayu yg maz jelaskan ..
    Pleace mhon pencerahanya mas . .

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah....ternyata masih ada yang percaya...bahwa rizqi itu hanya Allah yang membagi...thanks ya mas...atas infonya.

    BalasHapus
  45. biasa bagi pengusaha menyimpan resep2 pribadinya, berbeda dengan Gus Fithra, share ke seluruh antero dunia... SALOOD...

    BalasHapus
  46. Ass.... Mas fith saya bingung mau mencoba bikin baglog tapi saya bingung. di E-book yg saya download di blog mas fith ngga ada kata2 pengomposan terlebih dahulu. tapi waktu saya baca di blog mas fith knapa jadi ada pengomposan dulu ya mas fith sampai pH turun angka 7. apa sesudah mencampur media baglog itu perlu dikomposkan dulu apa langsung di masukkan kedalam kantong2 baglog....? mohon penjelasan nya ya mas fith. trimakasih.

    BalasHapus
  47. Mas, untuk harga Boiler kapasitas 1000 Baglog berapa ya mas + Ongkos Kirimnya ke BANDUNG...???

    BalasHapus
  48. Subhanalloh....... Ternyata msih ada yg mau berbagi ilmu untuk org lain.smoga dg blog mas fitrawan ini bnyak umat manusia yg terbantu.khusus'y umat islam.Aamin.
    untuk inokulasi sobekan jmur brapa ukurny mas? dan kotak untuk inokulasi yg dr kayu itu ukurn'y mter ap centi meter mas?? jazakalloh.

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum wr wb.
    Alhamdulillah sebelumnya dan saya ucapkan terima kasih dengan dengan ilmu yg disampaikan dengan jelas, mas Wawan saya sa'at ini baru menyiapkan ladang persiapan tempat untuk lokasi, sampai sa'at bangunan dan kumbung siap saya harus punya bahan untuk permulaannya, saya butuh untuk PDA ukuran besar 3 botol dan juga ada yang mau saya tanyakan masalah dengan autoclave, boiler utk kapasitas 1000 baglog berapa harganya paket lengkap, berapa pengiriman biaya sampai lokasi Cibeteung Udik Parung Bogor...saya tunggu jawabannya dan pemesanannya berapa lama utk alat tsb....Terimakasih Wasslamulaikum....Agus 087878722239 / 0813 111 111 27..FB : jamur ku (budidayajamur@yahoo.com)

    BalasHapus
  50. Ass wr wb Mas...
    Sebelumnya saya berterima kasih atas adanya blog ini.. dan berkat blog ini saya bikin usaha di rumah untuk membudidayakan jamur tiram...
    Oh ya mas saya Mw nanya neh mas..
    Kemaren saya Mencoba membuat alat boiler sesuai dengan skema Yang mas bikin..
    Tetapi sewaktu saya tes untuk mengukus selama 3 jam Suhunya tidak sampai 100 Drajat. Tetapi mas selama 3 jam itu airnya berkurang . mohon masukkan nya ya mas... Thank’s
    Rial.. mohon masukannya ya mas.. ato kirim ke rial@saripari.com...
    Terima kasih sebelumnya mas dan salam kenal...

    BalasHapus
  51. ass wr wb mas........

    mas mau nanya. kt mas klo mau bikin bibit gak bagus yg dr baglog. maksudnya gmn. trus bagusnya bibit jamurnya asalnya dr mn. mohon penjelasannya mas. makasih

    BalasHapus
  52. allah hu akbar bapak memberikan moti pasi saya ni ,,
    saya di palembang saya masi pelajar pak
    dan tahun ini saya tamat pak saya ingin berbisnis jamur tiram puti tapi saya masi bingung cara membuat nya tlg mintak bantuan nya dongpak dan saya ingin mebeli video nya pak ,apa saya yg harus ke malang apa bisa di paket kan pak ada nmr hp yg bisa di hubungin pak firman
    ni nmr hp saya pak 085669399631 tolong bantuan nya pak ,,,,

    BalasHapus
  53. mas, sebelumnya terima kasih atas info jamur tiramnya...
    saya kesulitan untuk mencari dextrosa nya ms... untuk membuat bibit pda, kira kira kemana saya bisa cari dektrosa tersebut saya berada di daerah baturaja kabupaten oku

    BalasHapus
  54. mas, di jawa timur pasar untuk jamur tiram masih terbuka lebar atau tidak?

    terus di jawa timur setiap harinya membutuhkan berapa ton jamur tiram setiap harinya?

    sekalian minta no hp dan alamat rumah, saya ingin belajar budidaya jamur tiram. Ini alamat email saya muh_riz4190@yahoo.co.id

    BalasHapus
  55. Bos, kalo di malang di mana ya beli dektrosa, soalnya pernah tanya harganya kok mahal

    trim boz

    BalasHapus
  56. nice info gan..mg tuhan membalas jasa anda

    BalasHapus
  57. God bless u, and be blessing forever...amien

    BalasHapus
  58. Ass wr wb mas

    maksih y ats info_a ,, sya blm pernah liat orang yg bagi'' ilmu_a scra gratis... mas sngt pemurah hati y smoga ke murahan hati mas d' balas oleh Allah SWT . ya mas
    terimakasih

    BalasHapus
  59. ass wr wb

    mas, mau tanya nich....?
    saya baru mau mulai usaha jamur tiram nich, kira2 langkah apa yg harus saya lakukan,apakah saya harus membuat PDA ny dahulu,lalu..??? shandy

    BalasHapus
  60. ass wr wb

    mas mau tanya harga PDA 50rb sekilo, cr dmn yah?? ato mas fitrahwan menjual PDA-nya? mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum mas fithrawan...saya usahawan jamur malaysia terima kasih atas informasi mas fit atas ilmu ilmu yang bernas lagi berguna untuk umat islam seantero dunia semoga allah memberkati mas fit hendaknya.Disini saya berminat sungguh mahu mempelajari cara-cara membuat bibit jamur selengkapnya dari mas fit dan juga mahu membeli VCDnya jadi bagaimana mahu mendapt VCDnya mas fit bisa email kpd saya di cyber4bisnes@hotmail.com....semoga kita boleh bertukar informasi hendaknya.sekian

    BalasHapus
  62. assalamuallaikum mas saya pemula tapi mengalami kesulitan mendapatkan dextrosa apakah bahan tersebut dapat di ganti dengan bahan lain atau tidak
    mohon bantuanya
    terima kasih

    BalasHapus
  63. terimakasih ilmunya mas, bermanfaat sekali. Jarang orang2 membagikan ilmu secara free dan sedetil ini. semoga Allah membalas kebaikan mas.

    BalasHapus
  64. wah .....saya salut ...pa ini blog per banget jarang ada blog per seperti ini semoga tambah maju..dan terima kasih atas ilmu nya semoga bermanfaat......amin.....

    BalasHapus
  65. Luar biasa, jarang ada orang yang mau berbagi ilmu rahasia seperti ini.. mantap.. Terimakasih sudah berbagi Bapak Fithrawan Satriyanto ,ST
    Semoga usahanya semakin sukses

    BalasHapus
  66. Bermanfaat sekali terimakasih Kawan kawan

    BalasHapus
  67. as'alamualaikum mas fithrawan,saya hamzah masih pelajar dan saya tertarik untuk budidaya jamur tiram , mohon bantuannya mas Nie no saya
    081809748744 email saya. Hamjahfaisal@yahoo.com
    tirma kasih atas ilmu'a semoga bermanfaat bagi kita semua, amin

    BalasHapus
  68. ass pak....
    kapan bibit F2 kami datang?
    uangnya sdh kami transfer kok barangnya sdh 2 hr jg blm datang.....padahal biasanya klo kami beli barang lewat bali prima semalam aja sdh datng.mana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf yang sebesar-besarny.....salah org.

      Hapus
  69. semoga diberi keberkahan hidup dunia dan akhirat, dari ilmu yg anda bagikan...............

    BalasHapus
  70. Saya sudah pernah coba bikin bibit PDA, memang sulit, mudah sekali terkontaminasi. Walaupun bisa tumbuh di media agar, tetapi sulit untuk tidak terkontaminasi.

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum wr wb

    mas saya mau tanya,saya budidaya jamur kuping tapi pengen membibitkan sendiri & saya gk punya alat AUTOCLAV atau PRESTO, ada saran pakai alat lain gk? dan gimana cara pakainya..makasih

    BalasHapus
  72. Assalamu'alaikum. Saya petani jamur pemula Mas, numpang tya, pada saat pembuatan F0 dengan menggunakan petridisk, saat disterilisasi pada permukaan dalam tutup terdapat uap air, gimana cara membersihkan/menghindari uap agar tidak mengganggu permukaan media PDA, terima kasih sebelumnya, semoga apa yang Mas lakukan menjadi amal jariah yang terus tumbuh berkembang, Amin

    BalasHapus
  73. mas dextrosa di gnti d5 apa bisa???

    BalasHapus
  74. pa q bisa mesen ama sampean

    BalasHapus
  75. bermodalkan bahan baku Fo seharga Rp 500,- bisa jadi F2 1000 botol/Rp 10.000 total harga 10.000.000,- ada yang berminat pelatihan hubungi kami
    Nama ; hasan basri S.Pi
    No Hp ; 081915966405
    alamat ; Perm dinas SMKN 1 KURIPAN lombok Barat NTB
    biaya pelatihan 1.000.000,-
    hasil pelatihan dapat di bawa pulang seharga 1.000.000,-

    BalasHapus
  76. Salam sukses
    Kami dari SMKN 1 KURIPAN Lombok Barat NTB membudidayakan jamur tiram
    menawarkan infestasi/menjual ;
    1. Bibit jamur berkualitas Super F0, (F1 harganya Rp 10.000)
    2. baglog jamur (siap antar se NTB Gratis )
    3. jamur segar
    4. Pelatihan/Konsultasi dan Penelitian (GRATIS)
    5. konsultan masalah jamur
    kami menjual tanpa minimal 1 botol atau 1 baglog pun kami layani
    kepuasan pelanggan yang kami utamakan,
    kami memberikan bukti bukan janji kosong
    kami tunggu kunjungan anda
    pintu kami terbuka untuk berbagi ilmu,
    hubungi kami :
    Nama : Hasan Basri S.Pi
    Hp : 081915966405
    alamat : Perumahan Dinas SMKN 1 Kuripan Lombok barat NTB
    email : hasanbasri2806@gmail.com / ashan0628@gmail.com
    alamat email. jamurhasan Blogsot. Com / ashan jamurku blogspot.com

    BalasHapus
  77. Agarpowder apa sama dengan agar-agar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, cuma beda penyebutan aja.
      POWDER = BUBUK
      AGAR = AGAR jadinya AGAR-AGAR

      Hapus
  78. BUDI DAYA JAMUR TIRAM
    Yang muda yang PENGUSAHA , Berawal dari coba coba sambilan untuk biaya kulia sekarang omset jamur tiram saya berkisar 5jt sampe 6jt perbulan,
    Jangan takut gagal kami siap untuk membantu , kami menyiapkan bibit jamur tiram, Media jamur tiram, Jamur tiram Segar ‘silahkan kunjungi ke tempat usaha kami
    No hp :07117083640
    alamat : jalan sukarela km.7 Rt/rw : 12 / 04 no 661 palembang 30152

    085788684274 pin bb ; 2a9b038f

    BalasHapus
  79. mas ijin copi paste. terima kasih atas ilmunya,

    BalasHapus