Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Kamis, 25 Maret 2010

Perletakan kumbung menentukan banyaknya hasil panen jamur

Sebelum membuat kumbung ada baiknya kita melakukan berbagai survey untuk memperhatikan bagaimana kondisi lokasi yang kita pilih untuk dibangun kumbung/rumah jamur tiram.

Yang perlu diperhatikan adalah :
  • Arah sirkulasi udara. Misal angin lebih banyak datang dari arah mana
  • Ada tidaknya pencemaran udara di sekitar lokasi. Misal lokasi dekat dengan tempat yang menghasilkan banyak asap CO2. Hal ini penting karena jamur sangat rentan terhadap CO2. Jika banyak, maka jamur akan sulit untuk tumbuh.
  • Apakah banyak bangunan yang mengapit lokasi? Ini juga berkaitan dengan sirkulasi udara.
  • Kondisi suhu dan kelembaban. Suhu hendaknya tidak melebihi 30 derajat C. Walau jamur masih mampu untuk tumbuh, namun biasanya lebih tipis. Jadi kelembaban harus diusahakan tetap pada angka yang baik untuk kondisi pertumbuhan jamur.
  • Sebaiknya di sekitar kumbung banyak terdapat pohon, atau tanaman yang rimbun. Karena oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan itu juga memicu pertumbuhan jamur
Berikut adalah contoh perletakan kumbung yang tidak direkomendasikan:
Biasanya karena ingin langsung berbisnis dengan skala tinggi di lokasi lahan yang terbatas, pebisnis langsung membangun 4 kumbung seperti gambar berikut:
Misalnya arah angin terbanyak adalah dari arah timur seperti ilustrasi tersebut, maka menurut pengalaman kami, hasil panen jamur yang baik hanya terjadi pada kumbung 2 dan kumbung 4 saja. Walaupun kualitas baglog sama dengan kondisi terbaik pun, hasil panen jamur pada kumbung 1 dan kumbung 3 tidak pernah baik dan selalu kurang dari target.

Misal jika kumbung sama-sama diisi 5000 baglog dengan kualitas baglog homogen, pada kumbung 2 dan kumbung 4 bisa menghasilkan 2000kg lebih, tetapi pada kumbung 1 dan kumbung 3 hanya menghasilkan antara 1400kg hingga maksimal 1650 kg saja.

Mengapa ini bisa terjadi??

Ternyata setelah diselidiki, arah sirkulasi udara terbanyak datang dari timur (karena angin lembah gunung). Jadi sirkulasi udara untuk kumbung 1 dan kumbung 3 tertutupi oleh kumbung 2 dan kumbung 4. Walaupun kumbung sudah dimodifikasi bagaimanapun dengan menambah jendela, tetapi hasil panen jamur tetap saja kurang.

Mungkin Anda semua tidak percaya, tetapi itulah yang terjadi

sehingga kami sarankan jika ingin membangun kumbung, buatlah seperti ilustrasi berikut:
Tampak pada gambar, kedua kumbung tersebut akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dari arah datangnya angin.

Lebih cantik lagi jika di sekitar kumbung diberi penghijauan berupa pohon atau tanaman yang rimbun. Dengan demikian InsyaALLAH akan memberikan support oksigen yang baik.

Dalam membangun kumbung, letakkan arah memanjang kumbung menghadap sirkulasi datangnya angin yang terbanyak. Jadi InsyaALLAH akan memicu pertumbuhan jamur pula..
Kami sadar, ini hanyalah pengalaman kami saja, tetapi mungkin bisa direkomendasikan kepada Anda semua yang ingin membangun kumbung, jangan nantinya menyesal di kemudian hari.

Jika lahan Anda terbatas, lebih baik mencari/menyewa di lahan yang lain saja. Semua itu bertujuan untuk memaksimalkan hasil panen jamur, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.

InsyaALLAH..

O ya.., satu lagi.., mohon isi kumbung jangan diisi terlalu banyak..
Optimalnya sekitar 70 baglog per m2. Jadi misalnya untuk kumbung ukuran 6x12 m2= 72m2, maka isilah sebanyak 72 x 70 = 5000 baglog saja.

Ini untuk memberikan ruang yang cukup untuk "bernafas" bagi jamur. Sehingga pertumbuhannya bisa baik.

14 komentar:

  1. Terima kasih. Mungkin ini masalah yang kami alami juga. Disain kumbung kurang memperhatikan sirkulasi udara menyebabkan baglog jadi kekuningan, dan pertumbuhannya lamban.

    BalasHapus
  2. Bagaimana jika dinding kumbung terbuat dari semen dan bata? apakah sangat2 mempengaruhi/memerburuk kondisi pertumbuhan? meskipun kelembaban kumbung bisa dikontrol. tx

    BalasHapus
  3. untuk sirkulasi udara..apakah memang di rekom menggunakan flynet?atau bs hanya dg kasa nyamuk atau yg lainnya..?brp persen sinarmatahari blh terserap ke dlm kumbung?

    BalasHapus
  4. mas,saya mau tanya,kalau kontrakan saya jadikan kumbung bagai mana? kira2 hasil nya bagus tdk? tlng kasi pemasukan nya buat saya ya mas, thanks ya mas,

    BalasHapus
  5. @ irfan
    -tanda fisik berwarna kuning (n ad yg berlendir)
    bisa jdi krna krang bersihnya peralatan/lingkungan pembuatan media (baglog)
    -bisa jg krn lingkungan kumbung yg trlalu lembab

    just sharing bro, mudah2an ngebantu

    BalasHapus
  6. ikut nimbrung ya..

    @ tony & moelyadi
    bwt d jadikan bahan pertimbangan..
    pmbuatan dinding kumbung dgn bata/tembok saya rasa ga masalah, soalnya d jogja bnyk petani yg mnggunakan ruang di dalam rumah untuk d jdikan tmpat budidaya (bhkan ad yg di ruang makan)

    yg jdi masalah hal2 sperti yg d jelaskan empunya blog ini, seperti sirkulasi udara, kelembaban (jgn trlalu lembab), dan jg kebersihan ruang dri kumbung tersebut (supaya tidak menimbulkan hama sperti jamur lain pada baglog/media tanamnya)

    klo bisa sblum dgunakan bwt tmpat budidaya, sebaiknya dinding ruang untuk kumbung d semprotkan disinfektan

    sekian, mudah2an ngebantu

    BalasHapus
  7. saya juga ikut jual n promosi ya,untuk daerah semarang ke arah barat sampai dengan kendal.
    yang membutuhkan bibit baglog tiram putih:
    contact @ facebook ; mochibiz@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak anonim, saya di semarang, saya buka facebook anda kok tidak ada? saya tertarik dgn baglog anda krn kedekatan jarak

      Hapus
  8. Danu Hananto25 Mei 2011 00.05

    Assalamu'alaikum,Mas saya domisili dipalembang,Mas fith saya baru akan memulai usaha jamur tiram.Yang mau saya tanyakan kira2 ada pengaruhnya jika daerah tempat budidaya bersuhu agak panas sekitar 30-32 c disiang hari dan 27-29 c dimalam hari,rencananya saya membuat kumbung dengan spesifikasi menggunakan atap daun nipah,dinding gedek kombinasi bambu belah untuk ventilasi atas dan dilpis waring,rangka kayu gelam,lantai dilapis pasir laut.ukuran 4.5m x 6m,tinggi dinding 3m + tinggi rangka atap 2.5m total tinggi bangunan 5.5m,arah ventilasi menghadap timur,lokasi dibelakang rumah dengan banyak pohon.Dalamnya rak akan dibuat 4 baris memanjang 5m jarak antar rak 50cm,lebar rak 50cm @tingkat tinggi 50cm total tinggi rak 200cm.rencana baglog akan dibuat rebah dengan posisi berlawanan dan ditumpuk 3 disetiap barisnya.Mohon dievaluasi bilamana kurang ideal mohon diberi saran masukan soalnya sekarang sedang dalam tahap pembangunan awal.Mas fith tolong dibuka file2nya dan diinfokan pertanyaan saya lainnya.Semoga Allah yang membalas budi baik mas fith...Sukron..Mas atas jawabannya...

    BalasHapus
  9. Saya masih bingung dengan teori beberapa teman pemilik Kumbung, masing-masing berbeda. Yg satu bilang Kumbung harus tertutup rapat dgn ventilasi diatas saja secukupnya.. yg lain bilang harus banyak angin masuk.. yang benar yang mana ya pak

    BalasHapus
  10. Untuk Anonim, kalau boleh saya memberikan pendapat, sebenarnya tiap daerah beda perlakuan terhadap jamurnya. otomatis termasuk juga pada pembangunan kumbung (struktur, arah angin, penataan rak & baglog, suhu dan kelembaban kumbung) seperti yang dijelaskan pak fithrawan.
    Semoga Membantu..
    Rabbani-Jamur Halal@yahoo.co.id

    BalasHapus
  11. Assamualaikum Wr. Wb

    Saya ingin mencoba beralih dari seorang karyawan ingin menjadi seorang usahawan dan saya tertarik dengan budidaya Jamur, utk pertanyaan pertama dapatkah kiranya d jelaskan apa itu baglog dan bagaimana cara pembuatanya, berapa ukuran panjang dan diameter yang terbaik utk 1 baglog, mohon sekiranya Bapak dapat menjelaskan kepada saya dan bisa di email ke : hasim1369@yahoo.co.id,
    semoga Allah S.W.T selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA buat Bapak.terima kasih, semoga Rahmat Allah selalu terima kasih

    Wassalam,
    M.Hasim

    BalasHapus
  12. saya ingin mengetahui obat dan cara membuat jamur

    BalasHapus
  13. Kalau bangun kumbung di atap rumah sdh cor gimana pak? Gimana pertumbuhan jamurnya ? Trims

    BalasHapus