Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Sabtu, 13 Maret 2010

Mencermati harga baglog dan harga jamur tiram

Baglog ukuran sedang (diameter 11cm panjang 25cm berat 1,5kg)

Banyak pebisnis jamur tiram putih yang menyatakan mengundurkan diri dari bisnis ini. Rekan-rekan kami sendiri yang tidak melanjutkan bisnis jamur tiram sejauh ini sudah 3 orang.

Mengapa ini bisa terjadi..?


Pada umumnya rekan-rekan kami itu mengatakan rugi, atau keuntungan yang di dapat tidak sesuai dengan harapan. Rata-rata diakibatkan hasil panen yang kurang optimal dan ditambah lagi dengan harga jual jamur rendah. Itu masih diperparah dengan biaya pembelian baglog yang terlalu tinggi.

Untuk itu, memang perlu diperhatikan sekali margin harga jual jamur tiram di wilayah Anda, dengan harga jual baglognya. Ini saling terkait agar keuntungan yang didapatkan juga bisa lebih optimal.


Berikut contohnya..:

Jika harga jual jamur tiram di tingkatan petani (Malang- Jatim) adalah Rp.8000/kg, berapa harga pembelian baglog yang baik..?

Jika ditargetkan jamur hanya menghasilkan 375gram/baglog, maka harga keekonomian gross atau kotor dari baglog adalah 0,375 x Rp.8000 = Rp.3000,-.

Jadi, jika harga jual baglog adalah Rp.1800/baglog, +Ongkos kirim +penataan = Rp.2000 baglog. Berarti masih ada keuntungan kotor Rp.1000 /baglog atau untung 50%.


Keuntungan ini didapat dalam waktu 4 bulan. Berarti per bulan ada keuntungan 12.5%. Nilai keuntungan tersebut masih dikurangi biaya operasional, pembuatan kumbung, pembayaran gaji pegawai, dsb.


Nilai keuntungan tersebut bisa disimulasikan untuk skala bisnis jamur yang akan dilakukan.

Contohnya :

Jika ingin berbisnis 5000 baglog, berarti, simulasi keuntungan kotornya adalah Rp.1000 x 5000 baglog atau Rp. 5.000.000,- selama 4 bulan.

Pembayaran gaji pegawai + operasional = Rp.600.000 /bulan

Mencicil pembuatan kumbung = Rp.250.000 /bulan.

TOTAL Biaya selama 4 bulan = Rp. 3.400.000,-

Keuntungan bersih = Rp. 1.600.000,-.


InsyaALLAH keuntungan tentunya bisa bertambah jika hasil panen lebih.

Yang perlu diperhatikan tentunya harga baglog. Jika memang harga baglog masih 25% dari harga jamur tiram, InsyaALLAH masih menguntungkan walaupun tipis.


Semakin kecil harga baglog dibandingkan harga jual jamur tiram, maka keuntungan di petani akan semakin besar.


Simulasi perbandingan harga baglog dibanding harga jual jamur yang masih memberikan keuntungan optimal.

Harga baglog = Rp.2000 ; Harga jamur minimal Rp.8500,- /kg

Harga baglog = Rp.3000 ; Harga jamur minimal Rp.12.000,- /kg

Harga baglog = Rp.4000 ; Harga jamur minimal Rp.16.000,- /kg

Harga baglog = Rp.5000 ; Harga jamur minimal Rp.20.000,- /kg

Dan seterusnya.....


Jadi, jika ada yang menawarkan baglog ke Anda.., cek dengan benar harga jual jamur tiram di wilayah anda di tingkatan petani. Dengan begitu, Anda InsyaALLAH masih menerima keuntungan, bukannya malah rugi..


catatan:

Ukuran baglog menentukan harga baglog, yang menjadi acuan pada artikel di atas adalah ukuran baglog yang umum untuk wilayah kami yaitu 11x25cm dengan berat rata-rata 1,5kg. Ukuran baglog ini InsyaALLAH menghasilkan jamur di kisaran 375gram hingga 450gram per baglognya. Referensi yang kami ambil adalah di hasil terendah, agar pebisnis bisa "bermain" di hitungan aman. Jika hasil lebih banyak.., ya Alhamdulillah..


Untuk lebih jelasnya, bisa membaca artikel kami tentang :
- Tips pembelian baglog (agar menguntungkan)
- Perkiraan hasil panen jamur dari baglog bagian 1
- Perkiraan hasil panen jamur dari baglog bagian 2
- Biaya pembuatan baglog bag1
- Biaya pembuatan baglog bag2

31 komentar:

  1. ass.saya baca tentang hitungan di atas seperti nya aga menyudutkan petani/produsen jamur,yang saya mau tanyakan adalah ukuran baglog(plastik) yang di pakai?sehingga menghasilkan panen per baglog nya hanya 375 gram,sedangkan di pengalaman saya dengan menggunakan plastik untuk baglog dengan ukuran 20x35x0.5 bisa menghasilkan paling sedikit 0.5 kg per bag log,dengan harga jual per baglog Rp 2500,- dan harga jual jamur Rp 8000,-/kg nya.jadi tinggal di hitung saja hasil nya,saya mohon di ralat atau di hapus saja tentang artikel di atas,karena bagi investor yang membaca artikel di atas akan mengurangi atau urung niat mereka dengan harga jual baglog yang ada di pasaran,apalagi bagi produsen baglog akan sangat merugikan.
    mungkin anda bisa mendapatkan bahan materi dengan mudah(gratis)tapi tidak dengan setiap daerah kan?semoga menjadi masukan buat anda dan saya juga berterima kasih dengan ada nya artikel anda serta penjelasan soal jamur dan alat-alatnya bisa menambah wawasan dan pengalaman.saya juga berminat untuk membeli mesin pengering jamur untuk di jadikan keripik jamur,agar petani jamur tidak harus melulu katergantungan dengan tengkulak.mohon maaf sebelum nya dan terima kasih.

    BalasHapus
  2. Fithrawan Satriyanto21 Maret 2010 22.44

    Wass Wr Wb
    Terima kasih atas kritik dan sarannya. Mungkin yang memang kurang dalam artikel di atas adalah harga baglog tersebut untuk ukuran baglog yang mana? hasil 375gram adalah rata2 untuk baglog ukuran (11x25)berat rata2= 1,5kg yang umum di daerah kami. Memang benar, bisa jadi ukuran baglog besar (20x35)berat rata2= 2kg harga jual baglog bisa 2500. Jika hasil 0.5kgx 8000 = Rp.4000,-. Berarti keuntungan kotor 62,5%. Berarti tidak jauh berbeda dengan hitungan kami yang harus minimal 50% khan? Maksud dari artikel di atas bukan menyudutkan produsen baglog. Tetapi mencermati agar usaha jamur bisa menguntungkan. Karena beberapa rekan kami ada yang terlanjur membeli baglog ukuran (11x25)berat rata2=1,5kg dengan harga 2500, begitu hasilnya hanya rata2 0,4kg saja, tentunya akan mengalami kerugian, karena laba kotor hanya cukup untuk operasional, akhirnya hanya menghasilkan BEP saja. Demikian Bapak yang baik. Ini hanya pengalaman selama 3tahun saja. Jika di tempat lain lebih bagus, kiranya bisa berbagi pengalman dengan kami juga.

    BalasHapus
  3. ass.salam sejahtera.
    naha kalau ada ukaran produk baglog nya,saya bisa mengerti..saya berdomisili di daerah Garut Jabar,kebetulan 3 tahun kebalang banyak petani yang beli baglog dengan ukuran 15x25,dan dari hasil panen kurang dari target yaitu 50%,dan sekarang banyak yang menggunaka plastik uk.25x35.
    saya mau tanya soal mesin spinner minyak,ko harga nya dah naik lagi..?ongkos kirim ke garut kena berapa ya?trims..Wass.

    BalasHapus
  4. Fithrawan Satriyanto1 April 2010 16.48

    Wass Wr.. iya pak, tapi di jatim masih pakai ukuran 11x25. Spinner awalnya harga memang 1,7jt Pak.., harga awal 1,6jt promosi, cuma 1bulan

    BalasHapus
  5. Untuk pengiriman ke Garut kami minta alamat lengkapnya dulu Pak. Karena kami harus konfirmasi dengan expedisi. Pengiriman yang murah tetap via darat. Kemungkinan biaya pengiriman sekitar Rp. 140.000,- an dikirim hingga ke alamat

    BalasHapus
  6. mas.........saya pengen pesen baglognya,ada contac personnya gak..

    BalasHapus
  7. untuk rincian biaya per baglognya berapa? dan minimal pemesanan berapa baglog? saya tinggal di lumajang mas...mohon infonya
    jazakumuLLah

    BalasHapus
  8. Fithrawan Satriyanto17 April 2010 17.56

    Untuk Akhi Faiz Hasbi: dengan segala hormat, kami sebenarnya tidak menjual baglog. Kalau jamur, bibit, sebagian alat jual. Kenapa tidak jual..? Kami mengemban amanah untuk pengisian kumbung-kumbung yang telah bekerja sama dengan kami dan juga beberapa petani plasma. Produksi baglog kami pas hanya untuk pengisian kumbung2 tersebut sesuai jadual yang telah disepakati. Demikian

    BalasHapus
  9. Rohman Kediri19 Mei 2010 23.08

    Maaf, dari kediri ini pengalaman pertama kali memasak baglog, kami menggunakan drum sebagai alat pengukus, kami masak selama 10 jam. didinginkan selama 12 jam, terus kami berikan bibit F2.stelah pemberian bibit selang 7 hari. di log kami kok banyak ulat (jawa=Set. kira-kira apa yaa masalahnya?

    BalasHapus
  10. mas baglog dibuka penuh permukaan atasnya kira2 ada efeknya gak....soalnya dah 15 hari kok belum ada tanda-tanda tumbuh lagi ya...padahal umur baglog baru 2 bulan

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum...
    setetelah membaca blog tentang jamur,,saya tertari utuk memulai bisnis jamur.tapi saya belum paham bgmna cara memulainya,,karena dana awal yang dibutuhkan lumayan besar dan tempat penyimpanan juga harus memadai..
    tolong berikan tipsnya untuk memulainya dari nol dan dengan dana yang minim,,
    trims..

    BalasHapus
  12. yg perlu bag log ini ada harga menarik 1bag=2500, bibit nya western, bukan florida.
    kontak khoirul .r
    03419051459

    BalasHapus
  13. Apa ada yang tau yang jual baglog yang berkualitas dan murah lagi bergaransi jika rusak, mohon infonya

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah...Subhanallah...SUKSES buat Njenengan dan keluarga serta rekan2 semuanya....SEMOGA STABIL dan tambah BERKEMBANG AMIIIN...

    BalasHapus
  15. BOOS KITA PENJUAL JAMUR ECERAN KALO MAU AMBIL HARGANYA BERAPA DILAMPUNG
    HP 081373070247

    BalasHapus
  16. Ya Allaah, berikanlah Mas Fitrawan rizki yang lapang, kemudahan dalam hidupnya, dan ampunilah dosa-dosanya karena telah memberi ilmu yang bermanfaat kepada kami.

    BalasHapus
  17. Amien Yaa Robbal Aalamiin.. semoga keberkahan doanya juga terlimpahkan kepada Mas Pras sekeluarga dan juga semuanya..

    BalasHapus
  18. mas ada peluang usaha jamur tiram yang sifatnya kemitraan pa g?saya berdomisili di jember
    no telp ; 085859765937
    terima kasih atas artikelnya ,bermanfaat banget.semoga tambah banyak rejekinya mas>

    BalasHapus
  19. wah bagus mas.. menginspirasi usaha.. kapan2 bisa kerjasama nih..

    BalasHapus
  20. ass......
    terima kasih atas segala informasipada artikel tentang usaha budidaya jamur....saya sangat tertarik dan akan segera memulai usaha walaupun dari kecil dahulu.....sukses untuk rekan-rekan yang telah mengawali....dari Temanggung
    Hp 08156899821

    BalasHapus
  21. B A G U S J A M U R

    KURSUS PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM
    Fasilitas :
    1.Tempat praktek yang luas dan nyaman.
    2.Peralatan dan perlengkapan komplit, memadai dan standar nasional.
    3.Tim pengajar yang ahli dan profesional dibidangnya.
    4.Harga kursus pelatihan yang relatif murah dan terjangkau.
    5.Dijamin 100 % setelah praktek atau kursus di “ Bagus Jamur “ anda langsung bisa membuka usaha bisnis jamur anda.

    MENJUAL :
    -Jamur segar atau olahan, bibit jamur, plastik log, cincin log, media tanam log, serbuk gergaji, bekatul atau dedek super, tepung jagung, tepung kedelai dan semua kebutuhan jamur anda.
    -“ Bagus Jamur “ juga menjual : pawon apolo berbahan plat dan baja, komplit kapasitas isi banyak, rak jamur bambu terbaru dan termodern paling kuat kapasitas isi 600 log.

    ALAMAT :
    Jalan Ahmad Yani RT. 01 RW. 08 Desa Gandrungmanis Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Atau dari Stasiun Kereta Api Gandrungmangu ke selatan kurang lebih 1 km, hubungi Contac Person. 081384759024. Email: bagus_wahyu_saputra47@yahoo.co.id. http://my.opera.com/masaguscom/blog/

    BalasHapus
  22. Artikel mas Fith memang benar sesuai kenyataan, saya sudah mencoba 6000 log dgn luas kumbung 7x12m. Dan jangankan harga Log 2.500,- .dengan harga Rp.2000,- per log saja kami sudah susah mencapai BEP dgn harga jual rata2 9.000,- /kg.
    Untuk anda yg akan terjun dibisnis jamur dgn membeli log / tidak produksi log sendiri.., Perhatikan beberapa faktor yg harus siap untuk anda hadapi bila tidak ingin rugi:
    1. Kumbung harus didataran Tinggi yg Dingin. Kalau kumbung anda didaerah perkotaan yg panas, harga jual jamur harus mampu rata2 12.000,-/kilo. dibawah itu paling cuman dapet dongkol.. bisa BEP beli bibit aja dah syukur haha.. Pertumbuhan jamur jauh dari target yg diinginkan meskipun awalnya bisa tumbuh baik.
    2. Kumbung harus benar-benar bersih dan rajin mensterilisasi dgn desinfektan di area kumbung ( bukan di baglog).. Laba2, nyamuk dan Mrutu cepat sekali berkembang biak didalam kumbung.
    3. Punya sarana dan skill Pemasaran yg handal terutama bagi pemula. Kalau mau coba-coba ya dikit aja 1000 baglog sama belajar jual.
    Masalahnya Jamur ini 2 hari nggak laku pasar sudah ngga mau menerima.. layu dan kuning. Jadi harus bener2 siap bangun sebelum subuh ke pasar jual jamur, sampai dapet kenalan pengepul yg jodoh dgn anda.

    Jadi daripada sudah bangun Kumbung dll trus putus ditengah jalan.. saran saya sih lebih baik jadi pengepul dulu.. kalau sudah punya pasar baru beli Log atau produksi sendiri.. begitulah kira-kira dari pengalaman pribadi saya.

    BalasHapus
  23. kemana syah menjual jamur tiram putih syah di sekitaran bandung,dengan harga yang relatif standar

    BalasHapus
  24. bisa ga jamur tiram ini menjadi makanan yang bisa tahan lama?

    BalasHapus
  25. kami siap menjual baglog degan harga 2000/ baglog..ongkos kirim di sesuaikan ukuran baglog dengan plastik 20 X 35,0.5..
    contak person 087767960952

    BalasHapus
  26. Ada yang berminat jual jamur tiram?
    Saya menerima jamur tiram segar, tdk basah, tidak kuning, baru dipanen,
    Rutin tiap hari / continyu 30-50kg tiap hari
    Saya beli harga Rp 8000, saya ambil sendiri, (khusus wilayah Malang dan sekitar)
    Jika berminat hubdi 085791167837

    BalasHapus
  27. saya menyediakan jamur tiram segar dengan produksi 100kg per hari.
    lokasi saya di garut-jawa barat.
    yang berminat bisa hubungi saya.
    call : 082115115235
    email : ndickx07@yahoo.co.id
    trims

    BalasHapus
  28. maaf mas, saya domisili di bandar lampung,kalau sya mau psan baglog jamur tiram dmana ya alamatnya?
    da CP yg bisa di hubungi..mohon infonya thx

    BalasHapus
  29. kirimi saya baglog jamur tiram brooo... 10 aja.

    BalasHapus
  30. mohon info harga baglog sampai di daerah tabanan-bali, dan berapa minimum order ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  31. baglog sampai tabanan bali rp 3000 gan pesen dulu 081236777704

    BalasHapus