Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Jumat, 17 Oktober 2008

Bagaimana pemasaran jamur tiram yang efektif?

Pemasaran adalah kunci utama kesuksesan dalam budidaya jamur tiram.
Keharusan melakukan pemanenan setiap hari ditambah dengan kondisi jamur tiram yang cepat layu membuat tatacara pemanenan harus dibuat sebaik dan seefektikf mungkin.

Penjadualan panen juga sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan volume pemasaran. Misalnya sudah terbentuk demand pasar sejumlah 50 kg /hari, kita perlu melakukan rotasi pemanenan kumbung dengan baik dan stabil, karena jika tidak, maka pasar tidak lagi akan mempercayai kita, akibatnya nanti jika terjadi pemanenan serentak dengan hasil banyak, kita akan kesulitan melakukan penjualan.

Pengemasan yang baik akan sangat menunjang harga jual dan kualitas dari jamur tiram itu sendiri. Jamur tiram sebaiknya dikemas dalam plastik ukuran 0,03x18mm dengan kapasitas per plastik sekitar 200 gram. Pada proses pengemasan disarankan sekali menggunakan plastic sealer agar kondisi dalam plastik menjadi kedap udara. Jamur dalam kondisi ini akan tetap segar meskipun hingga 3 hari.

Langkah pemasaran terbaik adalah :

1. Lakukan pemanenan maksimal 3 jam sebelum dikemas
2. Gunting tangkai (bonggol) jamur lalu pisahkan jamur yang baik dengan jamur yang kond disinya kurang baik.

3. Timbang dengan ukuran yang dibutuhkan (200 gr, 250 gr, atau 500 gr)



4. Masukkan ke dalam plastik dan lakukan sealer ( dipress)
5. Satukan jamur sesuai pesanan ( per 3 kg atau per 5 kg)
6. Jamur siap diedarkan ke tingkat tengkulak (bakul)

72 komentar:

  1. saya tertarik buat budidaya tapi takut ga laku. Bakulnya dimana nih pak? saya berada di jogja, seandainya saya budidaya trus ntar jual nya kemana nih?

    BalasHapus
  2. Mas Rudi.., jangan kuatir.., Anda bisa survey dulu ke Pasar di Jogja. Untuk bakulnya anda bisa langsung berhubungan dengan masing-masing pasar yang potensial. Pengalaman kami, hampir semua bakul mau kog menjual jamur tiram.. Di Malang harga terima dari petani sekitar Rp.9000 -Rp.10.000 /kg dengan kemasan 200gram. Jangan takut ngga laku deh.. SUKSES yaa..

    BalasHapus
  3. Mas Fithrawan, Sekitar 2 bulan yang lalu saya mencoba buat jamur tiram, tapi sampai sekarang kok gak nongol-nongol jamurnya,sedangkan punya teman saya kok bagus. Saya beli bibit f2 dari teman saya di kediri.
    Untuk f3 harga berapa mas?

    Terimakasih,
    Robit
    Nganjuk

    BalasHapus
  4. miseliumnya sudah penuh mas..?? sudah dijaga kelembabannya..?? jika miselium sudah penuh, lakukan proses membuka cincin, lalu segera turunkan suhu dengan menyiram dengan spray air haluuuss.., tambahkan sirkulasi udara yang cukup. Periksa kelembaban hingga optimal di kisaran 85%.. InysaALLAH segera tumbuh kog..

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    kang fithrawan semoga Alloh mudahkan antm selalu, antum tidak pelit beri pengetahuan tentang jamur.subhanalloh.
    hatur nuhun Kang

    BalasHapus
  6. assalamualaikum, saya warga lumajang-jatim, tertarik untuk usaha budidaya jamur tiram tapi sekedar rawat panen, kendalanya klasik yaitu pemasaran yang agak sulit karena daya tahan jamur itu sendiri yang singkat... apakah ada peluang buat saya untuk menanamkan modal kepada bisnis bapak?

    BalasHapus
  7. Assalamualakum, Saya warga madiun sayatertarik dengan artikel ini. Cuman yang saya masih bingung di madiun dan sekitaabelum ada yang jual baglog jamur tiram putih?
    diman saya bisa mendapatkan beglognya/ demikian

    wassalam
    Suyatno

    BalasHapus
  8. ass.wr.wb,mau nanya nih mas/?umur berapa hari miselium yang dari pda disuntikan pada media spawn?oh iya salam kenal mas aku dede di bandung!

    BalasHapus
  9. Ass. wr.wb, salam kenal kang sy hidjrah (bandung) mau tanya kalo bakul atau pemasaran jamur di daerah bandung ke mana ya, sy kebetulan lagi coba bertani jamur tiram putih tp masih kecil2an dan terima kasih kang

    BalasHapus
  10. Kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami.
    kami sedang mencari pengepul/supplier jamur yang tertarik dengan jamur kami minimal order 500kg/hari khusus daerah jakarta dan sekitarnya
    apabila rekan-rekan tertarik segera hubungi kami
    Dengan : SUGIARTO
    No HP : 021-99252988 atau 0812-8986479
    kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan sekalian
    TERIMA KASIH!!!

    BalasHapus
  11. ass.wr.wb pak saya mengalami kesulitan dalam pemasaran jamur tiram di jawa tengah tolong bantu dong pak..call 085727349782 terima kasih

    BalasHapus
  12. Wa'alaikumsalaam WR Wb.., Pak James Noor.., mohon lengkap lokasinya. Kota, alamat. Nanti kami usahakan untuk bantuk mengiklankan.. gratis kog Pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum saya soma dari probolinggo,, , ,
      saya sudah mulai budidaya jamur tiram, , , ,
      namun saya bingung kedepannya gimana, , ,
      langkah pertama apa yg harus saya ambil untuk memasarkannya, , ,
      terima kasih, , ,

      CP: 085732399363

      Hapus
  13. pak'fithrawan.mohon ma'af sebelumnya,saya baru saja mulaiusaha jamur di daerah kudus ,tapi sistem pemasaran disini agak kesulitan,alamat usaha saya soco,dawe,kudus.trima kasih ya pak sebelumnya

    BalasHapus
  14. Assallamualaikum mas fith,salam kenal yaaa...mas fith luar biasa sekali yaaa....menularkan ilmu penting secara cuma2 lagi,salut mas...
    mas saya baru mulai agro jamur di cisarua bandung.yg menangani sih orang lain dg sistem bagi hasil.bgmn menurut mas?

    BalasHapus
  15. Ass. Wr. Wb Mas Fithrawan, salam kenal, saya indra dr bekasi baru memulai usaha jamur tiram. Mohon sharing pengalaman mengenai pemilihan baglog/bibit yang baik, sebab, saya mendapat informasi harga baglog di beberapa tempat berbeda2 dengan ukuran sama (18X35). Berikut harga yang kami dapat :
    Baglog hitam : Min 1300/kg, max 1700/kg
    Baglog putih : Min 1600/kg, max 2400/kg
    Apakah harga menentukan kualitas? Lalu bagaimana menentukan kualitas baglog yang baik?
    Sebagai catatan, backlog hitam adalah baglog yang baru bisa dipanen setelah 35 hari, baglog putih adalah baglog yang langsung bisa dipanen seminggu kemudian.
    Terima kasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  16. Mas, untuk daerah cikarang-bekasi kira2 cocok gak ya udaranya untuk budidaya jamur ??

    BalasHapus
  17. Saya Inten,Jakarta 3 bulan yang lalu kami sekeluarga mencoba memudidayakan jamur tiram baru 3000 baglog di belakang rumah (lahan cukup luas) dan sekaranng sudah mulai panen,tapi kami masih bingung memasarkannya memang skala panen kami baru mencapai 10kg per hari mohon bantuan mas Fithrawan Ada kah link' penjualan di jakarta yang bisa bantu memasarkan?
    Terima kasih Sebelumnya
    Email : ayu_inten@yahoo.com (0818495717)

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum..
    kami menyediakan jamur tiram segar, dan baru panen 2 hari yang lalu.apabila ada yang berkenan kami siap untuk menyuplainya, kami ada di wilayah medan..
    hubungi kami di
    081263091432
    atau alamat email m.hilmanfikri@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. Mas Fithrawan, saya feri iswahyu ingin bertanya2 klo saya tinggal di daerah depok, jawabarat cocok gak yah untuk usaha jamur trus untuk pemasaran di pasar tradisional bagaimana,.namun umumnya harga jual dari petani itu berapa sih,.?dan permintaan dari 1 pasar itu berapa minimumnya.? terima kasih mas,. feri.280781@gmail.com / 085286430357

    BalasHapus
  20. pak saya udah memulai usaha jamur tapi untuk memasarkan nya gmn pak saya ada di tegal jawa tengah...tolong kasih infonya y pak

    BalasHapus
  21. saya budi di jember,jamur saya panennya sudah mencapai 100 kg per hari...
    bagi yang berminat silahkan hubungi di 085649320960.
    terima kasih...

    BalasHapus
  22. ada yg bisa bantu saya untuk membudidayakan jamur tiram putih/hitam.kira" dengan modal berapa saya bisa membudidayakannya,seberapa luas area untuk pembudidayaannya,untuk pembeliaan bibitnya dimana ya,saya berada di depok.berapa bibit jika saya mau mempunyai pengjasilan 500rb/hari...terima kasih..hub saya di email saya : andreas_wae83@yahoo.com

    BalasHapus
  23. saya sedang merintis usaha jamur dan hasilnya lumayan juga,wlopun bibitnya masih belum membuat sendiri..untuk itu saya ingin sekali bisa belajar lebih banyak tentang jamur.gimana caranya?ap bisa saya belajar di rumah anda?
    thx
    andri banyuwangi

    BalasHapus
  24. Fithrawan Satriyanto18 April 2010 09.57

    Boleh Mas Andri.. maen-maen aja ke tempat kami, asal di hari kerja. Tapi jangan hari sabtu dan ahad. Kalau hari sabtu sibuk buanget, kalau ahad.. libur

    BalasHapus
  25. mas,saya baru inolulasi 1 minggu dari F1 ke F2 tapi kok kayanya miseliumnya kok belum banyak ya???jadi agak curiga berhasil apa enggak nih si jamurnya...kalau saya mau beli bibit dikit...ada gak ya yg jual gitu??

    BalasHapus
  26. Fithrawan Satriyanto24 April 2010 20.13

    belum banyak itu jalan atau tidak? kalau jalan dan tidak ada kontaminasi, InsyaALLAH ditunggu aja. Campuran F2 nya bgm..? kalau kami perbandingan 1 jagung 2 bekatul 3 gergajian. Bibit F2 jual Mas.. ini ready 6rb an per botol

    BalasHapus
  27. Ka saya n tmn2 mw nyoba agribisnis jamur, gmn yah ka sran yg sesuai aplagi di Lampung. Pemasarnnya cerah ga di Lampung?
    Suryaningsih

    BalasHapus
  28. ass...
    saya nhea di yogyakarta.sya baru mau memulai usaha jamur tiram ini,kira2 berapa modal yang harus saya keluarkan untuk membeli semua keperluan termasuk bibit dan lain sebagai nya.mohon balas ke email saya nheaniyol@yahoo.com/ cp : 085643015557
    maturnuwun

    BalasHapus
  29. Salam kenal,
    Saat ini sy berdomisili dibandung..
    Sy ingin menawarkan produk olahan jamur tiram putih yaitu Nugget dan bakso..
    Info Harga :
    * Nugget Jamur = Rp. 25000 / 0.5 kg
    Tersedia dalam 4 rasa : original, ayam,
    udang,vegetarian
    * Bakso Jamur = Rp. 45000 / kg
    Dibuat dari jamur tiram pilihan. Enak dan nikmat..
    Silahkan mencoba..
    Apabila berminat silahkan menghubungi sy di no 085224027313..
    Harga belum termasuk ongkos kirim..
    Ditunggu pemesanannya yah..Terima kasih...

    BalasHapus
  30. mas,f2 saya akhirnya berhasil...ada pertanyaan baru nih mas...
    sebagian f2 saya ada yang jalannya gak dari ujung atas,tapi mulainya dari tengah lalu menjalar ke bawah tapi akhirnya putih total juga semua bagian baglognya...menurut mas Fith. itu kenapa kok bisa bgt??
    kapan saat yang tepat untuk membuka tutupnya agar tumbuh pinhead-nya mas?apa lsg ktk miselium menjalar penuh atau nunggu beberapa hari lagi shgga ada sebagian yang udah ada bagian yang agak keras disisi samping baglog mas..itu apa udah terlambat?
    makasih udah dibalas komen dari saya yg kmarin..saya mw coba bikin f0 spt langkah2 diatas...kapan2 boleh kan saya bertanya lagi???
    jazakallahu khairan...

    BalasHapus
  31. saya budidaya jamur tiram 1.500 log, penjualan belum ok. kira-kira bagaimana mau jualnya ya? hp 085868158490

    BalasHapus
  32. veronica wening21 Juli 2010 16.39

    bagaimana mau jual jamur tiram ya? tolong dong para pembeli yang ada di sleman yang butuh suplay jamur saya hub HP 085868158490

    BalasHapus
  33. halo mas.. nama sy ricardo.. saya baru mau memulai melakukan pembudidayaan jamur di sekitar daerah Kulonprogo Yogyakarta.. saya mau tanya dikit mas.. kira" modal yang paling tepat untuk para pemula untuk memulai bisnis jmr tiram ini sebaiknya di kisaran berapa mas?? soalnya mengingat panen jamur tiram yg dilakukan tiap hari.. trus masalah pemasaran didaerah yogya itu kira" banyak n gampang ga mas??trima kasih banyak atas perhatiannya sebelumnya mas..=)

    BalasHapus
  34. mas kalau beli bibit f2 nya yg di kediri di daerah mana? tlng kasih tahu

    aku juga orang nganjuk nama saya (junianto tarigan)

    BalasHapus
  35. mas tau gak tempat pengepul kediri ?
    saya sehari bisa ampe 5-8kg makacie

    sukma (kediri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya perlu jamur segar tiap hari hub. saya di 0856-4918-8574

      Hapus
  36. Mas., salam kenal., saya ingin nyari pemasaran jamur tiram untuk wilayah banjarmasin yg mau nerima ada ga ya? Mohon infonya. Makasih


    Wsslm, fuad banjarmasin
    Email saya., gst.fuady@gmail.com

    BalasHapus
  37. ass
    mas saya fuad dari purwkrto
    kami mau usaha jamur tiram putih tapi binggung harus dari mana tlong tips y mas.
    email n facebook:fuadyhasan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  38. Assalamu 'alaikum Wr.Wb.

    Mas,saya Tutik dari boyolali,saya memproduksi jamur tiram,tetapi saya kesulitan mencari pemasaran daerah solo dan sekitar. Tolong hubungi saya,kalau mas ingin membatu memasarkannya di no hp 083869257986

    BalasHapus
  39. Kami menjual jamur tiram putih segar langsung dari perkebunan kami.
    kami sedang mencari pengepul/supplier jamur yang tertarik dengan jamur kami minimal 300 kg khusus daerah jakarta,bekasi, dan sekitarnya
    apabila rekan-rekan tertarik segera hubungi kami
    Dengan : joko lishardono
    No HP : 021-88326052/081380341933
    kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan sekalian
    TERIMA KASIH!!!

    BalasHapus
  40. miftahuddin asyrofi24 September 2010 19.55

    Rekan2 aku miftah aku berumur 16th di klaten, saya rencananya mau mulai usaha produksi jamur tiram tapi aku dak tau pemasarannya, dari rekan2 yang mau membantu saya atau membimbing saya dapat menghubungi saya di no HP:087734997895 atau di email saya: miftahuddin_asyrofi@yahoo.com terimakasih atas bimbingan rekan2 semua. Miftahuddin Asyrofi

    BalasHapus
  41. Salam kenal
    Saya berdomisili di Madiun :
    Bagi yang pengen ngembangkan Jamur kususnya Jamur Tiram,Kami menyediakan Media/log Jamur Tiram dan juga menyediakan bibit F1 F2 dan bibit taburnya/F3 dan kami juga melayani pesanan luar daerah
    Untuk pembelian :
    HUB.03517860456
    Email. ymashudi04@gmail.com

    BalasHapus
  42. mas.. saya baru memulai usaha jamur, mohon dibantu pemasarannya ya mas..saya yg ambil baglog di mas..
    M.Ibadur Rachman

    BalasHapus
  43. asalamualaikum ,,, saya yanuar dari kroya kab cilacap . mau nanya , suhu di cilacap agak panas , apakah bisa di manipulasi t4 , agar bsa suhu ruangan bisa lembab ? bagaimana caranya ? terus pemasaran di cilacap ada tengkulaknya gak ??? terima kasih

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum...Malangnya dimana mas ? kapan2 boleh maen gak sambil liat2 dan belajar ?

    BalasHapus
  45. assalaamu'alaikum..salam kenal saya annis dari ponorogo. sudah hampir setahun saya budidaya jamur(beli baglog tibggal rawat panen)dan kira2 waktu itu di po khususnya di kelurahan2 blm sebanyak sekarang yang budidaya..waktu itu saya coba kecil2an bikin botok,pepes,oseng,kripik,sayur (serba jamur)dan juga jual mentah.tapi sekarang kayaknya yang jual mentah buanyak banget..bahkan saya sekarang hanya tinggal 500an baglog aja susah ngejualnya (dulu 1100 baglog)gimana ya?bisa bantu ngejualin gak

    BalasHapus
  46. Asalamualaikum salam kenal saya ratna di purwakarta jawa barat baru mau merintis budidaya jamur, mohon infonya untuk pemasaran jamur wilayah purwakarta ada gak ya...? terimakasih

    BalasHapus
  47. mas, di jawa timur pasar untuk jamur tiram masih terbuka lebar atau tidak?

    terus di jawa timur setiap harinya membutuhkan berapa ton jamur tiram setiap harinya?

    sekalian minta no hp dan alamat rumah mas,, ini alamat email saya rizal2075@yahoo.com

    BalasHapus
  48. Salam Kamarkakak.... (mushroom : baca masrum = kamar kakak)

    saya petani jamur baru di sengkaling malang, saat ini saya punya 1500 baglog jenis Florida. Minggu pertama panen paling banyak 2 - 6 kg... Di minggu ke dua, panennya membludak... 8, 15, 20 bahkan sampe 30 kg... Saya kebingungan mencari pengepul jamur tiram di daerah sekitar sengkaling Malang....

    Mohon infonya kalo agan-agan punya ya...
    Trims...
    Omy (085234534526)

    BalasHapus
  49. Salam kenal? Hai teman teman sesama petani jamur bisa gak bantu saya dalam pemasaran. Thanks

    BalasHapus
  50. Asalamualaikum Ya AAkhinal Kirom..

    saya tinggal di krian sidoarjo
    saya menggeluti budidaya jamur ini baru 2 fase ini..
    saya punya kendala untuk pemasarannya..
    trus juga panen jamur saya agak berkurang dari pada fase lalu...
    mohon solusinya..
    kira-kira boleh liat-liat langsung ke tempat njenengan g...?
    buat refrensi untuk mengembangkn usaha saya...

    jazaka allahu bikhoiri jaza...
    wasalamualaikum ya ustadzy

    BalasHapus
  51. yg dari ponorogo dan sekitarnya,jk ada yg kesulitan pemasaran jamur tiram hbgi saya 085235131870.insyaALLAH bisa kami bantu.. trims..

    BalasHapus
  52. kami menerima jg investasi modal pengembangan,bagi rekan2 yg mau investasi silahkan kontak/sms dlu 085235131870. bisa bantu supply jamur tiram 25kg/hari.bagi rekan yg punya jamur sulit jual bisa gabung.sgera& TERBATAS..

    BalasHapus
  53. numpang tanya mas....baglog saya dah umur 2 bulan....saat ini panen lg down...dikit banget mas...cuma 5 kg dr 4000baglog...apa yg salah dgn perawatan sya?? tolong bnatuannya
    termakasih

    BalasHapus
  54. Asalamualaikum salam kenal saya frenzha di jakarta baru mau mulai merintis budidaya jamur, tp kendalanya saya masih kuliah mas, kira2 tanggapannya gmn mas? biasanya untuk pemula minimal modal brpa ya?
    mohon bantuanya mas, ni no hp saya 085691111988
    terima kasih mas asalamualaikum.

    BalasHapus
  55. Assalamu'alaikum wr. Wb.
    rata- rata semua bagi petani jamur mengalami kendala penjualan/ pemasaran, jadi tolong beri tahu trik atau cara yang tepat agar usaha petani jamur bisa terserap oleh pasar karena mengingat Mas fithrawan sudah memberikan cara berbudidaya jamur dari A sampai Z, berarti semakin orang banyak tahu caranya nanti semakin banyak juga yang mencoba berbudidaya yang pada akhirnya mereka kesulitan dalam pemasaranya, jadi mohon cara untuk pemasaranya niiihh......

    BalasHapus
  56. ass...
    mas fitriawan, saya luqman dr lamongan. saya berkeinginan sekali utk usaha budidaya jamur. tp saya g ad ilmu sm skali ttg jamur. klo mas fitriawan berkenan bolehkah saya blajar ilmu jamur dr mas fitriawan sndri? klo bs drmh mas lngsung.... tlog mas fitri berikan alamat lngkap mas bserta no hp mas... syukron... jazakallah khoiron katsiron....

    BalasHapus
  57. ass...
    mas fitriawan, saya luqman dr lamongan. saya berkeinginan sekali utk usaha budidaya jamur. tp saya g ad ilmu sm skali ttg jamur. klo mas fitriawan berkenan bolehkah saya blajar ilmu jamur dr mas fitriawan sndri? klo bs drmh mas lngsung.... tlog mas fitri berikan alamat lngkap mas bserta no hp mas... syukron... jazakallah khoiron katsiron....

    BalasHapus
  58. mas fith,u/ market drh singosari malang di mana

    BalasHapus
  59. Jual Jamur Tiram segar kapasitas 200kg/hari kualitas bagus Grade A siap kirim ke seluruh indonesia (jawa timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Batam dll)silahkan hub. brama 081803434341/085710075687 call/sms

    BalasHapus
  60. Assalamu'alaikum
    Saya Agus dari yogyakarta, saya budidaya jamur tiram baru 1,5 bulan lalu. Kendala yang saya hadapi adalah, masalah pemasaran. Saya udah keliling di pasar sekitar jogja, namun tanggapan mereka menolak dengan alasan sudah punya langganan tetap, saya minta agar jamur dari langganan separo aja, dan yang separo saya, namun mereka ngga ada yang mau. Dengan permasalahan ini, mungkin Mas Fithrawan bisa memberikan solusi agar jamur tiram saya bisa saya pasarkan secara kontinyu...
    Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak agus alamatnya dimn,no hp brp,saya akan membeli jamur anda kalau harganya cocok dgn saya,hbgi saya andik di magelang,hp 085729080817 085729076787

      Hapus
    2. pak sy siap membeli jamur tirm secara kontyu 085727193477 pak anto

      Hapus
    3. butuh pasokan jamur ? , kami siap melayani, produksi jamur kami di solo, berminat hubungi 085867252157 toma

      Hapus
  61. kami menyediakan jamur tiram segar dan jamur kuping kering, jika berminat bisa hubungi kami segera,.
    susyanto 082135131056

    BalasHapus
  62. Salam kenal mas fitrah, ,,
    Saya soma dr Probolinggo, , ,
    Saya mau tanya, saat proses pemenuhan misselium itu untuk masing" boglog beda", , ,
    Ada yg setengah, 3/4, juga ada yg penuh, , ,
    itu yg di buka apa cukup yg penuh saja, , ,
    dan juga apa memindah mindah lokasi jamur yg masih proses pemenuhan misselium itu jg brpengaruh , , ,
    mohon sarannya. . .

    CP: 085732399363

    BalasHapus
  63. saya andik di magelang jawa tengah saya ingin sekali menjual jamur tiram di daerah saya,saya lagi mencari petani jamur di daerah magelang dan sekitarnya,mohon bantuanya,hubungi saya kalau ada info hp 085729080817

    BalasHapus
  64. Saya firman dari malang, mengalami kesulitan dalam memasarkan jamur tiram segar di daerah wajak, Malang, Jawa timur.
    Jika ada yang berminat hubungi saya di 085735361722
    Terima kasih

    BalasHapus
  65. Salam Sejahtera
    saya petani jamur tiram di daerah Pekalongan (jawa Tengah)
    saya kesulitan untuk memasarkan Jamur Tiram saya,mungkin ada yang berminat untuk bisa memasarkan atau siap menanpung hasil panen saya.
    bisa menghubungi bisa menghubungi purwanto 085876166447 / 087719244367 julijepe2013@yahoo.com pin 30bfee26


    BalasHapus