Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Selasa, 14 Oktober 2008

Berapa sih Hasil Panen Total Jamur Tiram..??

Berapa sih total hasil panen jamur tiram?

Kami seringkali mendapat pertanyaan seperti itu dalam setiap pertemuan dengan rekan-rekan, dengan investor, ataupun dengan para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di tempat kami.
Terus terang saja, baru 6 musim terakhir ini kami dapat melakukan pencatatan yang lebih rapi untuk record dan juga pengembangan yang kami lakukan sendiri.
Pada awal kami melakukan budidaya, ekspektasi yang diberikan dari referensi buku, pelatihan, pengalaman orang lain, dan juga dari beberapa media yang menjelaskan budidaya jamur tiram sangat tinggi. Bahkan kalau Anda search di Internet, ada juga yang menyebutkan hasilnya 1kg per log dari log seberat 1kg, hehehe.., ini sih bener-bener omong kosong. Mana mungkin berat hasil panen sama dengan berat media tanamnya..? Saat mengikuti pelatihan saat itu (tahun 2000) diberi gambaran untuk budidaya, biaya perlog adalah Rp. 1000,-. Hasil panen dari jamur mencapai 1 kg dengan harga jamur saat itu Rp.4500 /kg. Berarti keuntungan mencapai 450%, kami yang mendengarkan sangat berbunga-bunga dan bersemangat sekali..

Ekspektasi tinggi itu juga yang terkadang menyebabkan pebudidaya jamur tiram agak kecewa ketika hasilnya tidak sebanyak yang dijanjikan. Memang untuk keuntungan dari sektor pertanian atau budidaya pertanian, tidaklah akan mencapai 100%. Rata-rata memiliki keuntungan 30% per musim (3 bulan) itu sudah tergolong bagus sekali. Mungkin ada untuk budidaya bunga anthurium yang pada masanya dapat menghasilkan uang berlipat, tapi itu hanya semacam hobi sesaat saja. Seperti booming harga ikan koi, ikan arwana, ikan cupang, dsb, harga bukan lagi ditentukan oleh kualitas produk, tetapi terkadang juga dari gengsi, keyakinan, hokki, dsb...

Hasil panen dari kami selama 6 musim terakhir ini mungkin bisa menjadi refferensi aja. Tapi jika dari rekan-rekan sesama pebudidaya jamur ada yang lebih baik, kami juga ingin belajar lebih lagi.

Berikut ini sedikit refferensi dari FOOD AGRICULTURE ORGANIZATION OF THE UNITED NATION for Asia Pasific. Bangkok Thailand.

Dalam tatacara budidaya yang dikembangkan di Thailand, berat log jamur di kisaran 800 – 1000 gram per log. Teks aslinya sbb :

Check weight of bags (should be between 800-1000 grams per bag)

Dari berat log tersebut, mereka merefferensikan hasil antara 250 – 350 gram jamur dari 4 – 5 kali panen.

Note: A bag of mushrooms should yield between 250 – 350 grams of mushrooms in 4 to 5 flushes. Bags lose much of their weight once they have exhausted their production.


Jika dihitung perbandingan berat panen terhadap berat log, maka hasil panen jamur adalah 250gram : 800 gram = 31,25%
350 gram : 1000 gram = 35%.
Kesimpulan kami panen jamur di kisaran 30% - 35% dari berat log.
Log yang kami budidayakan memiliki berat rata-rata 1400 gram seperti yang tampak pada foto berikut ini:

Jadi potensi hasil panen kami adalah di kisaran 420 gram – 490 gram dari 4 – 5 kali panen dalam 4 bulan.
Berat total hasil panen itu sendiri sangat bergantung dari berbagai faktor yang antara lain nutrisi dalam log, kelembaban, suhu, kebersihan, tingkat kegagalan log, dan perawatan dari log itu sendiri. Menurut pengalaman, hasil terbaik yang kami dapatkan masih di kisaran 380 gram hingga 395 gram per log.
Tapi yang menjadi catatan adalah angka 380 gram per log – 395 gram per log yang menjadi hasil kenyataan kami selama ini adalah angka yang terjual. Dalam proses pengemasan jamur tiram, tentunya terdapat proses penyortiran terhadap jamur yang kurang baik, terlalu kering, terlalu basah, kecil, dsb, sehingga angka panen kami yang sebenarnya mencapai 450 gram per log susut hingga di kisaran 390 gram per log. Inipun masih dalam kewajaran.
Untuk itulah sekarang kami sendiri sedang mengembangkan proses pasca panen untuk membuat olahan jamur tiram menjadi keripik jamur, lumpia jamur, jamur goreng, botok jamur, nugget jamur dsb, sehingga untuk jamur yang dalam penjualan segarnya masuk dalam katagori tersortir, dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih menguntungkan.



17 komentar:

  1. Maaf, saya Aji (081380074179). Saya tertarik dengan olahan jamur tiram seperti keripik jamur, lumpia jamur, jamur goreng, botok jamur, nugget jamur dsb. Kalo boleh saya mau minta..
    Tolong kirimkan ke email saya umar_amr@yahoo.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. To mas Satriyanto.. bisa minta tolong kirimkan tata cara pembuatan produk olahan jamur tiram. bisa dikirim ke exan9nor@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Mas.., tolong di posting tentang kripik jamur donk.. lengkap dengan resepnya kalau bisa.. trims.

    BalasHapus
  4. mas kalo jual bibitnya per log berapa?

    BalasHapus
  5. Mas..., tolong dong ulasan pembuatan bibit jamur tiram putih diulas dengan lengkap. terimakasih ya

    BalasHapus
  6. Risza..., sebenarnya blog ini mengulas sisi bisnisnya.., tapi InsyaALLAH akan kami ulas mendatang mengenai pembibitan. btw bisa di download di ebook gratis kami juga kog..

    BalasHapus
  7. "ada juga yang menyebutkan hasilnya 1kg per log dari log seberat 1kg, hehehe.., ini sih bener-bener omong kosong. Mana mungkin berat hasil panen sama dengan berat media tanamnya..?"

    maaf saya sedikit kurang setuju dengan pendapat yang ini mas, karena budidaya jamur saya setiap panen bisa menghasilkan kurang lebih 150 gram/log, bahkan ada yang 250 gram, dan banyak yang 200 gram. tidak hanya pada saat panen pertama. Anda bisa berkunjung ke web saya itu gallery jamur saya.

    BalasHapus
  8. Wah.. bagus sekali kalau bisa Mas Dani.. Tapi hasil akhir bisa direkap dari kumbungnya Mas.. Misal jika dari kumbung dengan kapasitas 1000 log bisa menghasilkan 500kg, berarti rata2 bisa 0,5kg per log.. ya Khan..? Pada saat panen pertama, kami pun ada yang berat hingga 250gram, tapi setelah panen ke 4, anda bisa amati beratnya hanya tinggal 60 an gram saja.

    BalasHapus
  9. iya mas terima kasih, nanti saya rekab semua kalau sudah selesai. percobaan yang saya lakukan baru 50 hari dengan bag log cuma 500 log dan hasilnya sekarang ini baru 80 kg. tapi masa tumbuh sampai 6 bulan bahkan dengan di tambah nutrisi bisa sampai 1 tahun. nanti kalau sudah sampai 6 bulan saya sharing rekabnya.

    BalasHapus
  10. ass, saya nanjar. saya sangat tertarik pada pembudidayaan jamur. saya mulai mengatahui budidaya jamur 2 buln keblakang.
    saya sich belum mencoba, tapi tetangga saya sudah mencoba. sekarang sudah mempunyai 1500 bag log. dia sangat membutuhkan modal, dan skrang ada yg menawarkan, untuk menyediakan jamur 250kg/hari.
    mohon bantuanya.
    nanjar ridwan.
    jln. raya nagrak rt 05/02, ds. nagrak selatan kec. nagrak kab. sukabumi 43356
    jawa barat

    BalasHapus
  11. aq seorang mahasiswa,,,,,,,,,,sy tertarik dgn refrensi anda..tp saya msh bingung pada praktek dilaPANGAN DAN PEMASARAN..saya sangat berharap bapak dpt membantu saya...lewat email sya.
    dyanindra@yahoo.com

    BalasHapus
  12. saya seorang mahasiswa,,,,,,,,,,sy tertarik dgn refrensi anda..tp saya msh bingung pada praktek kerja dilaPANGAN DAN cara PEMASARAN..saya sangat berharap anda dpt membantu saya...lewat email sya.
    dyanindra@yahoo.com

    BalasHapus
  13. Saya sangat respon sekali nich dengan bisnis jamur ini, bisa ajarkan saya dari awal serta dimana saya bisa membeli bibitnya tolong balas ke email saya (andree_cr7@yahoo.com)

    BalasHapus
  14. mas saya bisa dibantu masalah jamurnya dong karena ada permintaan nih,berapa hrg jamurnya? hub sya di break.talk@yahoo.co.id

    BalasHapus
  15. jika ada yang berminat dengan baglog dan jamur tiram segar di batam bisa hub di gbisnis31@yahoo.com

    BalasHapus
  16. untuk agan2..mohon bantuannya neh..dicari penampung / pengepul jamur tiram untuk wilayah Batam..
    email : chariawan.wijaya@gmail.com

    BalasHapus
  17. Assalamu alaikum / Salam sejahtera

    Bagi ANDA yang ingin segera memulai usaha pembudidayaan jamur tiram khusus daerah LAMPUNG, PALEMBANG, BENGKULU, RIAU, PEKANBARU, JAMBI, MEDAN, PADANG dan sekitarnya & dan masih bingung, kami.. Menyediakan BIBIT F2 & BAGLOG Jamur Tiram Murah diLampung, Konsultasi GRATIS!! mengenai masalah budidaya Jamur Tiram dll

    segera Hubungi kami di:
    -085269592472
    -085378032456

    pin BB :
    - 74225E27

    dengan pengalaman produksi kami selama bertahun-tahun, dan TIPS & TRIK dari kami maka usaha anda untuk budidaya & memproduksi media (baglog) jamur tiram Insya Allah akan lebih CEPAT BERHASIL tanpa mengelami trial & error atau MINIM KEGAGALAN dan bisa menggunakan PERALATAN SEDERHANA.
    dan kunjungi juga kami di:

    http://bibitjamurtiramlampung.blogspot.com

    BalasHapus