Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Kamis, 26 Maret 2009

Mengatasi hama ulat pada jamur tiram putih

jamur tiram yang lubang, biasanya ada ulatnya

Secara umum, sebenarnya budidaya jamur tiram putih tidak memilikihama penyakit seperti jenis sayuran lainnya.Hama pengganggu yang seringkali menyerang jamur tiram putih adalahhama ulat. Bagaimana dan kenapa hama ini menyerang jamur tiram, apapenyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.. InsyaALLAH akan kamibahas sedikit. Maaf kalau sedikit..,soalnya tahunya sedikit..
Apa penyebab hama ulat pada jamur tiram putih?

1.Penyebab alami dan kelembaban.
Yang dimaksud dengan penyebab alami adalah ulat memang biasa munculpada jamur tiram putih jika kelembaban udara yang berlebihan.Itu sebabnya hama ini biasa menyerang pada musim hujan. Pengalamankami selama ini, pada periode musim hujan, paling tidak hama ulatmenyerang pada hari ke 80 an. Pada periode musim kemarau, biasanyahampir tidak terdapat hama ulat.
2.Penyebab luar berupa kotoran
kumbung yang kurang bersihKumbung yang kurang dijaga kebersihannya, banyak sisa bonggolatau tangkai jamur tiram hasil sisa panen berserakan, biasanyadapat menimbulkan banyak hewan-hewan kecil, kepik, dsb. Adanyahewan-hwan inilah yang memicu munculnya ulat.
3.Penyebab dari dalam log itu sendiri.
Penyebab dari dalam log masih kami bagi menjadi dua juga :
a. Penyebab dari jamur tiram yang keluar dari log.
Apabila terdapat jamur tiram yang kelewatan tidak ikut dipanen dalamkumbung, lalu membusuk di log itu, biasanya pada jamur tiram itulahmuncul ulat-ulat kecil. Ulat ini kemudian dapat menyebar ke jamuratau log lainnya, dan apabila berkembangbiak, bahkan dpt secaramenyeluruh menular.
b. Penyebab yang memang dari dalam log itu sendiri.
Dalam proses pemilihan jenis bekatul, hendaknya dipilih yang masihbaru. Begitu juga dalam proses sterilisasi baglog dalam steamer,hendaknya dijaga betul kebersihannya. Jika tidak, bisa jadi memangada bibit ulat yang terdapat dlam baglog yang nantinya bisa munculpada saat panen jamur.
4. Penyebab lainnya..
Ini terjadi bila lingkungan sekitar kumbung memang bukan lingkungan yang bersih. Bisa jadi seperti terdapat kandang ternak lain dsb.
Cara mengatasi hama ulat.
INGAT..!! Jamur tiram putih adalah jenis sayuran organik. Hendaknyasebisa mungkin dihindari penggunaan obat-obat insektisida yang memangbisa membunuh hama ulat.
Berdasarkan pengalaman kami, proses REFRESH baglog yang sudah kamibahas sebelum ini InsyaALLAH dapat mengatasi hama ulat ini.berikut akan kami bahas ulang..:
1. Bila penyebabnya adlaah penyebab alam dan kelembaban, atasi dengan langkah pencegahan. Pada saat membangun kumbung dengan dinding bambu,hendaknya lengkapi dengan plastik, Tetapi jangan lupa tambahkan jendelauntuk sirkulasi udara. Kelembaban yang berlebih dapat diatasi denganmemberi sirkulasi udara yang banyak, sementara hentikan proses penyiramantambahan, buka tutup pintu jendela yang ada.
bersihkan kumbung secaraberkala dan pastikan pada proses refresh tidak ada lagi air yang menggenang di dalam baglog.
2. Bila penyebabnya adalah kotoran, baik itu sisa bonggol, atau kotoranlainnya, setelah proses refresh tadi, bersihkan kumbung dengan baik, lalujuga di luar kumbung lakukan sterilisasi ulang dengan menyemprotkan formalin.
3. Jika penyebabnya adalah dalam baglog, lakukan proses refresh denganbaik, bersihkan dengan sebersihnya baglog dengan melakukan pencungkilanhingga terlihat serbuk gergajinya.
PENANGANAN KHUSUS..
Jika semua jenis penanganan itu masih belum dapat mengatasi hama ulat,berarti kumbung dalam kondisi parah. Ini karena ulat tersebut sudah meninggalkantelur dalam log sehingga pembersihan lingkungan tidak mampu mengatasidan membunuhnya.. Kondisi ini jika dibiarkan terus, maka jamur yangdipanen akan terus menerus mengandung ulat.
Cara penanganan khusus ini sebenarnya not recomended, tetapi jika sangatterpaksa dapat dilakukan.
Caranya adalah :
1. Lakukan proses refresh secara menyeluruh. Cungkil semua jamur tiram yangada dalam kumbung sampai tidak menyisakan, walaupun yang kecil sekalipun.
2. Gunakan insektisida (kami menggunakan jenis LANATE) sesuai dengan kadar atau takaran yang tertera dalam produk.
3. Selama proses refresh dan penyemprotan insektisida, kumbung tidak bolehdilakukan penyiraman air seperti biasanya.
4. Proses penyiraman air dilakukan setelah 3 hari dari proses penyemprotan insektisida.
5. Karena jamur tiram termasuk sayuran organik, memang diusahakan tidak adacampuran bahan insektisida dan obat-obatan lain. Maka hasil panen jamurpertama setelah proses ini (hari ke-4), SEBAIKNYA DAN DIUSAHAKAN UNTUK TIDAK DIJUAL.
Jamur tiram hasil panen pertama, biasanya berwarna kecoklatan dan berbau.Sehingga sebaiknya memang tidak dikonsumsi.Baru pemanenan jamur tiram hari selanjutnya InsyaALLAH sudah tidak atausedikit saja mengandung sisa insektisida, karena proses raising ataupenyiraman yang dilakukan.
Jika memang ada proses penanganan lain berdasarkan pengalaman para petaniatau dari literatur, kami harapkan juga dapat ditambahkan..

27 komentar:

  1. Kenapa Jamur Tiram di kumbung saya kok banyak semut dan hewan-hewan kecil seperti tungau. apakah berpengaruh terhadap perkembangan jamur tiram? Terima kasih

    BalasHapus
  2. kenapa jamur di kembung saya kok banyak kecoa yang mengrogoti jamur saya, gmn caya penanggulannya???trims.......

    BalasHapus
  3. Hewan kecil2 seperti tungau biasa dan banyak memang biasanya memang senang pada tempat yang lembab. Cara penanganan biasanya dengan menaburkan sedikit kapur di lantai kumbung. Untuk kecoak, bisa diatasi dengan selalu menjaga kebersihan kumbung. Sirkulasi juga sangat penting. Sirkulasi udara yang baik mengurangi hama yang biasa hinggap

    BalasHapus
  4. jamur di kumbung saya kering di bagian pinggir dan warna kecoklatan,kenapa

    BalasHapus
  5. Selamat siang mas,

    Saya membutuhkan informasi mengenai penanganan serangga pada jamur.
    apa ada alat khusus untuk mengatasinya.

    Terima kasih

    BalasHapus
  6. TERIMAKASIH ATAS PENCERAHANNYA, JAMUR TP YANG SAYA KELOLA MENGALAMI MASALAH SAMA PERSIS DENGAN ARTIKEL YANG BPK/MAS TULIS. SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT SAYA MANFAATKAN UNTUK MENGATASI MASALAH YANG MENIMPA JAMUR SAYA.
    HORMAT KAMI
    ACH. FAUZI.

    BalasHapus
  7. kok pada jamur turam saya dikerubungi binatang kecil2 bisa terbang hitam dan memakan miselium dan jamurnya..gimana cara mengatasinya terimakasih sebelumnya,,

    BalasHapus
  8. Jamur saya banyak ulat pada panen priode ke 3,hasil keluar perharinya jgta smakin berkurang.gmana cra penangananya?Mhon jwabnya trma kash

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya, alhamdulillah jamur saya telah bebas dari mrutu/hewan kecil seperti nyamuk, yang biasanya membuat jamur cepat membusuk,tapi permasalahan muncul dengan adanya sejenis kutu...yang menggrogoti baglog,adakah cara lain untuk penanganannya?
    Terima KAsih

    Awenkcavalera@yahoo.co.id

    BalasHapus
  10. Fithrawan Satriyanto2 April 2010 23.51

    Maaf terlambat balasnya Mas, iya, kadang banyak kutu hitam2 ya Mas.. menggerogoti baglog dan jamurnya juga. Coba cek kebersihan kumbung dan sekitar kumbung. Coba refresh lagi.. jika masih membandel.. gunakan jurus terakhir di artikel.. memang untuk baglog yang sudah lebih dari 2 bulan, dan di musim hujan, permasalahan ini selalu timbul.. tetapi jika di musim panas InsyaALLAH aman aman aja

    BalasHapus
  11. malam mas....

    kemarin ada pembudidaya jamur tiram putih yg menyarankan penggunaan insektisida sawi untuk membasmi ulat pada log jamur. amankah cara tersebut???? terimakasih banyak mas atas jawabannya :)

    BalasHapus
  12. Fithrawan Satriyanto14 April 2010 13.17

    Itu cara pamungkas. Sebisa mungkin jangan dulu, usahakan dengan sistem refresh. TEtapi jika sangat membandel, biasanya pebudidaya di Malang menggunakan jenis Lanate. Syaratnya, tetap jamurnya dihabiskan dulu hingga tak bersisa, lalu gunakan lanate sesuai takaran. Kemudian 2-3 hari setelahnya jika tumbuh jamur jangan dikonsumsi/dijual. Setelah hari ke-3, bersihkan lagi baglog, bersihkan kumbung, raising dan siram seperti biasa, dan produksi jamur seperti biasa. hama ulat ini normal menyerang di musim hujan dan untuk baglog yang telah berumur 3 bulan lebih.. penanganannya terkadang memang sulit dilakukan.. InsyaALLAH setelah memasuki musim kemarau, produksi jamur akan aman terhadap hama ulat..

    BalasHapus
  13. ikut nanya ya mas....kalo pake insektisida itu, yang disemprot kumbung keseluruhan atau per baglog jamur??lha kalo ulat sudah menyebar luas di dalam polybag (log) bgm mas?apa tetap kumbungnya yg di semprot?terimakasih ya mas atas jawabannya

    BalasHapus
  14. kalo semut bagaimana ya cara mengatasinya? nwn....

    BalasHapus
  15. Tikus mungkin suka jamur ya? Gimana mencegahnya biar tdk dimakan tikus atau dia malah me-robek2 baglognya?

    BalasHapus
  16. om mau tanya, apa obat paling mujarap buat ulat, mimik, & kepik??????????
    candra di kediri

    BalasHapus
  17. Asalam mualaikum WR WB
    maaf mas saya pemula kl boleh tanya hasil panen jamur saya berwarna coklat dan basah kira2 kenapa mas'y
    mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyiraman yang terlalu banyak bisa jadi

      Hapus
  18. assalamualaikum,,, mas saya mau tanya, kalo disekitar kumbung dibuat kolam ikan, kira2 bisa menimbulkan hama ga? krn di artikel dituliskan untuk menghindari kumbung berdekatan dengan ternak. sebagai gambaran, rencana kumbung yg akan saya buat lokasinya di persawahan, kira2 akan bermasalah ga?? thanks atas pencerahannya...

    BalasHapus
  19. assalamualaikum,,, mas saya mau tanya, kalo disekitar kumbung dibuat kolam ikan, kira2 bisa menimbulkan hama ga? krn di artikel dituliskan untuk menghindari kumbung berdekatan dengan ternak. sebagai gambaran, rencana kumbung yg akan saya buat lokasinya di persawahan, kira2 akan bermasalah ga?? mohon pencerahannya... thanks...

    BalasHapus
  20. lanate beli dimana mas...............

    BalasHapus
  21. jamur saya banyak semutnya gmna ya cara menangani supaya gag da lagi semutnya

    BalasHapus
  22. terima kasih atas infonya mas , sangat membantu ...
    jual jamur tiram segar dan berbagai macam olahannya dengan harga yang terjangkau. untuk info lengkap silahkan kunjungi web kami di : www.jualjamurtiram.com

    BalasHapus
  23. ulat ni sgt menyakitkan hati, jamur saya d serang ulat... Bhkan smpai yg baru tmbuhpun d serang.. Sgt merusak pemasaran... apalagi skrg bru mlai msim pnghujan, msi lama untuk mnunggu kemarau

    BalasHapus
  24. iya ni mas jamur saya juga diserang ulat 3 hari ini, hiiii geli banget mau ngejualnya juga ga enak, dibersihin satu-satu capek banget..udah gitu banyak serangga bulet item kecil-kecil gitu padahal jamur saya baru umur setengah bulan huhu..

    BalasHapus
  25. akhr2 ini mur saya byk ultnya, bys sy masok swalyn skrg jd ga enk krn byk ultnya...

    BalasHapus