Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Minggu, 29 Maret 2009

Optimalkan hasil panen dengan Zakat Pertanian

Kami memang bukan ahlinya untuk membahas hal ini.. Tetapi kami hanya
bercerita saja, jika ada yang salah.., kurang pas.., silahkan dikoreksi,
dikomentari, dsb dst..

Kami berani memastikan, jika ingin usaha lancar, order terbayar..,masalah selalu bisa teratasi (bukan ngga ada masalah lho yaa..)keluarkanlah zakat pertanian Anda.. itu saja..

Pada awalnya karena lemah iman tentunya.., pada periode musim pertamakarena hasilnya kurang memuaskan.., kami berkonsultasi dengan berbagai pihak. Ada yang menyarankan, memang selain dengan mempelajari pola pertumbuhan jamur tiram, mengoptimalkan sistem perawatan, manajemenpemasaran, dan sebagainya, kami juga disarankan untuk membayar zakat..

Kata guru kami saat itu..: "Wan.., percuma saja mengusahakan semua itu,kalau ALLAH SWT tidak memberikan kemudahan.., dan jalan kemudahanitu jika semua perintah ALLAH SWT dijalankan.." "Apa Wawan sudah membayar zakatnya..??"
Deng..duer., hehe, kami menunduk malu.. "belum.."

Lalu dihitunglah zakat pertaniannya.. jika pertanian itu memakaisistem tadah hujan, zakatnya 10%, jika dengan pengairan.., 5%..Selain zakat.., keluarkan juga infaq dan sedekahnya..
Alhamdulillah.., di musim berikutnya.., hasil yang di dapat semakinoptimal.., masalah yang kami hadapi perlahan-lahan dan sedikit-demisedikit mampu teratasi..
Order mengalir dengan lancar..Hampir tidak pernah ada jamur yang tidak terjual.. Dan semua denganharga yang cukup tinggi (minimal Rp.8000/kg curah..)
Subhanallah.
Kami memang terinspirasi langsung oleh dakwah dari Uztad Yusuf Mansyur.
Sungguh benar kedahsyatan dari sedekah itu..

Kuncinya ikhlas.., mensedekahkan harta halal yang kita cintaihanya untuk ALLAH SWT.., lalu bertawakal sepenuhnya kepada ALLAH SWT..sepenuhnya artinya ya pasrah sepenuhnya saja..ngga pakai perantara.. ngga pakai apa-apa..Diiringi usaha yang optimal, sholat fardu dijaga, sunnah dijalankan..
InsyaALLAH.., semua masalah akan teratasi.. semua..karena itu memang janji ALLAH SWT..

Saya punya saudara.., beliau berjualan batu alam di kota Malang..setiap tahun beliau ngga pernah lupa untuk mengeluarkan zakatnya..dan aneh.., walaupun krisis ekonomi, pembangunan banyak yang macet,toko batu alam di sekitarnya sepi order.., tapi toko tempat beliau..selalu ramai, lancar.., dan bahkan sangat maju kalau saya lihat..Padahal yang menyerang beliau juga cukup banyak..kata pegawainya.., seringkali membersihkan bunga kuburan, tanahkuburan, beras merah, dsb dari halaman, atap, dsb..

Mungkin ada pihak-pihak yang ingin menyerang beliau dengan sistemsupra natural..
Tapi beliau hanya bilang begini.., "Wan.., pokoknya keluarkan zakat,sedekah dengan kerabat, dan tetangga terdekat.." lalu usahakan selalu sholat berjamaah di masjid..." Itu saja kog..Alhamdulillah.., ngga pernah ada masalah yang tidak bisa diselesaikan..bahkan order semakin meningkat..

Beliau juga ngga pernah meminta penangkal-penangkal apapun darikyai-kyai.., ngga pernah minta amalan2 khusus dari kyai..Katanya ya sedernaha aja.., yang dari Rasulullah SAW, saya contoh sunnahnyayang ngga ada contohnya ya ngga saya lakukan..
Jika amalan dari kyai memang ada perintah dan sunnahnya.., sepertisaran untuk membayar zakat tadi.., ya saya lakukan.. begitu katanya..Jika ngga ada contohnya.., biar dikasi amalan a b c, disuruh membaca a b c, sampai ribuan kali.., ya ngga akan saya laksanakan.."ya ALhamdulillah.., wan.., usaha ya lancar2 aja.."

Lalu beliau bilang begini..""Jika berkumpul seluruh Jin dan Manusia untuk mencelakakan seseorang,Jika ALLAH tidak menghendaki.., TIDAK AKAN TERJADI..""Begitupun jika berkumpul seluruh jin dan manusia untuk memuliakanseseorang.., jika ALLAH tidak mengizinkan, TIDAK AKAN TERJADI.."

Keyakinan yang penuh, usaha yang optimal, lalu menyandarkan seluruhnyahanya kepada ALLAH SWT, itulah jalan keluar dari segala masalah..
Kami sendiri masih berusaha belajar untuk selalu istikomah di tengahderu masalah yang ada.., mohon doanya yaa...

Berikut ini perhitungan sederhana zakat pertanian diambil dari
berbagai sumber, jika ada yang kurang pas.., mohon dikoreksi..

PERHITUNGAN ZAKAT PERTANIAN

2 komentar:

  1. menurut saya lho ....
    kalau kita 'memberi" (katakan zakat) tapi mengharapkan "kembalian" atau agar usaha kita lancar ... itu keliru.
    Kita memberi karena ikhlas tanpa ada pamrih apapun melainkan karena itu perintahNya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa kok pamrih, Asal pamrihnya pada Allah SWT, Allah sendiri yang mengajarkan kita pamrih padaNya, dengan adanya syurga dan neraka :)mari sedekah

      Hapus