Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Minggu, 16 November 2008

Bagaimana prospek usaha budidaya jamur tiram??

Untuk menjawab pertanyaan ini. Tanyakan dan tentukan dahulu kapasitas pasar atau permintaan masyarakat akan jamur tiram. Kemudian apakah jumlah jamur tiram yang ada sudah dapat memenuhi permintaan yang ada tersebut..??

Tentunya prospek suatu usaha ditentukan oleh permintaan akan komoditi tersebut. Untuk daerah Malang Raya, Kami masih berani mengatakan bahwa usaha ini masih sangat prospektif. Hal ini diindikasikan dengan jumlah permintaan jamur tiram yang terus meningkat. Sedangkan produksi jamur yang ada masih cenderung stagnan. Hal ini dikarenakan jumlah pemain (pebudidaya jamur tiram) masih kurang. Kebanyakan hanya coba-coba saja dan tidak ditekuni atau diteruskan.
Baca posting kami tentang memulai usaha budidaya jamur tiram secara mudah

Jika diadakan suatu pelatihan tentang budidaya jamur, maka lulusannya akan terbagi menjadi beberapa kemungkinan. Ada yang menganggapnya sebagai tambahan ilmu dan tidak melanjutkan menjadi suatu action, ada yang ikut dengan serius dan melanjutkannya dengan tindakan nyata (biasanya hanya 3 dari 10), yang terakhir, ada yang hanya ikut teman saja bahkan hanya untuk pacaran, hehe.

Untuk lebih jelasnya.., berikut gambaran mengenai pemenuhan kapasitas pasar jamur tiram bebanding dengan produksi yang ada :

Secara nyata saja, Kami diupayakan dapat mengirim jamur tiram Ke :
Pasar Surabaya = 100 kg/hari
Pasar Batu (untuk sore) = 50 kg/hari
Pasar Malang = 50 kg/hari.
Total seluruhnya 200 kg/hari.

Permintaan tersebut memiliki harga yang stabil yaitu untuk jamur tiram curah seharga Rp.6500 – Rp. 7500 /kg (diambil). Untuk bentuk kemasan per 200 gram dengan harga Rp.9000 – Rp.11.000 /kg. Fluktuatif harga ini tergantung pasokan jamur. Tetapi selama ini harga cenderung stabil.

Kumbung yang kami miliki untuk memenuhi permintaan tersebut adalah total 25.000 baglog. Andaikata saja kami pukul rata seluruhnya berproduksi dengan hasil panen maksimal 450gram per log, maka total hasil panen adalah : 0.45 kg x 25.000 = 11.250 kg.
Karakteristik jamur tiram itu adalah memiliki masa inkubasi 30 hari dan produksi selama 120 hari. Jika ini kami mampatkan tanpa memperhitungkan masa pembuatan baglog maka total adalah 150 hari.

Berarti kesimpulannya panen harian rata-rata adalah 11.250/150 = 75 kg.

Jadi dengan demikian produksi yang ada (75 kg/hari) masih belum dapat memenuhi permintaan (200 kg/hari).

Baca posting kami mengenai pembentukan jaringan pasar jamur tiram

Untuk dapat memenuhi permintaan tersebut, kami harus mengupayakan jumlah baglog dan pembangunan kumbung hingga dua kali lipatnya. Yaitu hingga 50.000 baglog. Untuk ini diperlukan biaya yang masih sangat besar karena harus membangun kumbung, mengupayakan peningkatan produksi baglog, dsb. Karena hal ini belum bisa kami upayakan (karena modal dan sumberdaya yang terbatas tentunya), maka yang paling mungkin adalah berbagai pihak ikut berbudidaya jamur tiram juga.

Sebagai catatan, permintaan yang ada tersebut adalah permintaan yang sudah pasti dan kontinu, sedangkan permintaan yang bersifat temporary juga cukup banyak seiring dengan dikenalnya jamur tiram ini. Untuk permintaan sementara yang jumlahnya sedikit dan tidak tetap ini, biasanya jamur bisa laku dengan harga cukup tinggi.

Dengan keterangan kami tersebut. Silahkan ditentukan, apakah usaha budidaya jamur tiram ini tergolong prospek atau tidak. Tetapi bagi kami, semakin prospeknya usaha ini digambarkan dengan semakin banyaknya permintaan jamur ke Kami maupun permintaan baglog ke agronusa mushroom sebagai mitra usaha kami. Selain itu tingkat pengetahuan masyarakat akan manfaat jamur tiram yang semakin baik dan tentunya dikarenakan rasanya yang enak, tentu akan menambah bagusnya prospek usaha ini ke depan.

21 komentar:

  1. Untuk Sumatera khususnya Sumatera Selatan Pasarnya gimana mas?
    salam kenal....

    BalasHapus
  2. Terbukti kan internet telah menjadi alat pemasaran paling efektif dan efisien? Selamat buat anda pak...

    BalasHapus
  3. Ass mas Fithrawan.. Bagaimana dengan kondisi lahan yang suhunya agak panas seperti Kota Depok 27-30 C, kebetulan saya da lahan nganggur, apakah metode baglog bisa diterapkan? mohon tips nya untuk start awal apa saja fasilitas yg mesti disiapkan? plz mail me antomingtse@yahoo.com thx b4

    BalasHapus
  4. bapak fithrawan, mohon petunjuknya. dalam artikel yang bapak tulis, disebutkan bahwa untuk 25.000 baglog, hasil panen per hari nya adalah 75 kg? sepupu saya saat ini sedang mengusahakan jamur tiram ini juga (masih sebulan mencoba). dan dari keterangannya, sesudah 3 minggu pertama panen menghasilkan 75 kg per hari dengan hanya 10.000 baglog.

    saya juga mendengar bahwa dalam 1 musim, ada bulan2 tertentu dimana panen tersebut bisa mencapai 2 kw per harinya, hanya dengan 10.000 baglog. apakah benar? mohon informasinya. terus terang, saya dan keluarga juga tertarik mengusahakan jamur tiram ini. terima kasih.

    BalasHapus
  5. Untuk pOe : 25.000baglog adalah total dari 4 kumbung, produksi kumbung berotasi, Anda bisa lihat di hasil kumbung kami. Jadi tidak langsung 25.000 baglog bersamaan. Ada kumbung yang produksi, ada yang bongkar, inkubasi.. begitu. Untuk 10.000 baglog, InsyaALLAH rata-rata panen mencapai 50kg per hari, tapi jika pada saat bersamaan, bisa saja dari 10.000 baglog menghasilkan 100kg-200kg..

    BalasHapus
  6. Mau nanya utk mengatsi usaha jamur tiram putih pada daerah/lingkungan panas gimana..? apakah ada solusinya...temen saya pernah coba chek suhu pada siang hari mencapai 35 derajat

    BalasHapus
  7. pak fithrawan yth,saya minat tanam jamur tiram, tapi masih bingung beli baglognya dimana. lokasi saya di jambi (mungkin belum ada). ada petunjuk/saran?

    kumbung bisa g dinding n atapnya pake daun rumbia? trus kalo sterilisasi baglog itu pake boiler mahal g harganya? pengen coba yg kecil2an dulu. pake drum takut gagal n lama.

    mohon info n jawabannya.tq.
    Best Regard/Dedy

    BalasHapus
  8. Untuk yang berdomisili di jambi dan sekitarnya. dapat memesan bibit stater dan baglog jamur tiram putih ke : jejakmakna@gmail.com

    saya berdomisili di SUNGAI PENUH - KERINCI

    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Selamat malam

    Perkenalkan, kami dari JAMUR LESTARI JAMBI di SUNGAI PENUH,
    berkosentrasi pada pembudidayaan,pengadaan bibit dan log media tanam jamur tiram putih.
    Bagi masyarakat Jambi dan sekitarnya yang berminat untuk membudidayakannya, silahkan kontak kami : jejakmakna@gmail.com

    http://laununakerinci.wordpress.com/2009/11/02/budidaya-jamur-tiram-putih/


    Terima kasih,
    SALAM SUKSES

    BalasHapus
  10. saya berasal dari garut berminat mengikuti bisnis ini namun masih bingung mencari bibit/log karena belum menemukan tempat yg khusus memproduksi itu
    kemudin apabila menyiapkan sendiri hasil kalkulasi saya akan memakan biaya produksi serta waktu yg cukup banyak mohon informasi untk daerah garut yg menenyediakan bibit dan lognya..
    kemudian untuk awal sebaiknya berapa log terlebih dahulu???
    terimaksaih atas infonya..

    BalasHapus
  11. sigit wahyana

    mohon infonya sekitar jamur tiram. kalau ada yang berkenan, tolong dikirim ke email: sigitwahyana@gmail.com

    terimakasih, banyak.

    BalasHapus
  12. 25000 blog itu pake lahan brapa m persegi?

    BalasHapus
  13. Salam kenal mas Fithrawan, mas ini domisili Malang to?, sy minat untuk budidaya jamur tiram tapi masih ragu pada pemasarannya, sy pingin tau apakah pihak mas ini bisa jadi penampung/pengepul? Kalo iya kira2 dihargai berapa saat ini? n mampu menampung berapa kilo mas?, oiya sy ada di Lawang, Trims.

    BalasHapus
  14. keripik jamur tiram selain organik, bergizi karena jamur tiram banyak serat, vitamin dan mineral dan rendah kolesterol juga ennnaaak..
    pengin bukti pesen aja keripik jamur tiramnya sion mushroom .. klik di www.rifat.co.nr atau email ke abi.rifat@gmail.com or sms/call 08172833811
    gratis biaya antar untuk wilayah cikarang lhoo

    BalasHapus
  15. aslm. Mas saya mau tanya kalo harga boiler to ngukus baglog 1000 log harganya berapa Mas?

    BalasHapus
  16. Assalamu'alakum..
    mas kalau untuk pemula non pengalmaan bagaimana untuk memulai usaha jamur tiram ini??

    BalasHapus
  17. saya orang pacet, juga punya usaha jamur tiram, mohon bila bisa kerjasama untuk peluang pemasaran yg lebih besar, kami siap sebagai petaninya, mohon di balas ke email; mas.yuns@gmail.com

    BalasHapus
  18. salam kenal mas
    perkealkan nama saya robert marganda pasribu
    saya ingin memulai usah ini di daerah sumatra barat tapi saya punya kendala dibagian penyedian bibit dan baglog.
    kira2x apa solusinya mas?

    BalasHapus
  19. ==>Kami melayani pemesanan Jamur Tiram Putih.
    ==>Curah dan kemasan (per ons) untuk area Solo dan sekitarnya
    ==>Wilyah kami di daerah Boyolali
    ==>Kami melayani permintaan continue untuk restoran, outlet jamur crispy, pasar tradisional,dan supermarket.
    ==>Jamur dijamin dalam keadaan fresh.
    ==>Siap di antar sampai tempat
    ==>Harga bisa dinego
    ==>Bagi yang berminat atau ingin menjadi penyalur/agen
    #####Hubungi Ibu Tutik 083869257986
    Terima kasih

    BalasHapus
  20. biasanya butuh modal berapa gan

    BalasHapus