Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Minggu, 09 November 2008

Berbisnis Jamur Tiram. Beli baglog saja lebih menguntungkan.

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang ingin berbisnis jamur tiram. Permintaan yang terus meningkat menyebabkan prospek usaha ini semakin baik. Permintaan dari pasar tradisional saja sudah menunjukkan peningkatan dari sejumlah pedagang sayuran. Selain itu mulai banyak restoran, rumah makan, maupun warung yagng menawarkan menu kuliner jamur tiram. Semua ini menunjukkan jamur tiram sudah diterima masyarakat sebagai salah satu alternatif sayur yang bergizi, bermanfaat bagi kesehatan dan tentunya LEZZZAT...

Namun banyak orang yang masih bingung untuk memulai dari mana untuk budidaya jamur tiram ini. Sedikitnya informasi yang diberikan menyebabkan masyarakat masih menganggap diperlukan modal yang besar dan banyak persiapan seperti ketersediaan lahan, kumbung, bahan-bahan seperti serbuk gergaji, bekatul, kalsium, lalu peralatan seperti autoclaff, steamer, dan sebagainya. Dengan persyaratan sebanyak ini saya berani memastikan 9 dari 10 orang yang berniat untuk memulai usaha ini akan berfikir lagi. Hal ini ditambah lagi dengan ketidaktahuan akan tingkat keuntungan yang nantinya kemungkinan akan didapatkan..

Berikut sedikit informasi mengenai bagaimana memulai usaha ini dengan mudah.

1. Tentukan dulu kapasitas pasar yang akan dipenuhi. Adakan semacam perjanjian kecil dengan pedagang pasar, rumah makan, atau pihak-pihak yang akan menerima hasil panen kita. Misalkan kita akan memasok 4 tempat dengan kebutuhan masing-masing 5 – 10kg per hari. Maka kapasitas panen yang harus disediakan adalah minimal 20 kg. Ini perlu dijaudal dengan baik karena kita harus memenuhi permintaan secara kontinu setiap hari. (ingat, panen jamur tiram adalah setiap hari).

2. Setelah mendapatkan kapasitas pasar, baru kita tentukan jumlah baglog yang akan kita budidayakan. Berikut ini adalah jumlah baglog yang harus kita siapkan mengacu pada kebutuhan harian jamur :

· 5-10 kg/hari = 1000 baglog – 3000 baglog
· 10-20 kg/hari = 3000 baglog – 5000 baglog
· 20-50 kg/hari = 6000 baglog – 10000 baglog

3. Menyiapkan lahan untuk kumbung. Lahan yang diperlukan untuk kumbung dengan jumlah baglog tersebut adalah :

Untuk menampung hingga 3000 baglog diperlukan kumbung dengan ukuran kurang lebih 5 x 10 m2.
Untuk menampung hingga 5000 baglog diperlukan kumbung dengan ukuran kurang lebih 6 x 15 m2.
Untuk menampung hingga 10000 baglog diperlukan kumbung dengan ukuran kurang lebih 8 x 15 m2.

4. Menentukan biaya pembuatan kumbung. Biaya pembuatan kumbung sangatlah variatif. Tidak ada ketentuan pasti mengenai biayanya karena Anda bisa membuat kumbung dengan berbagai alternatif bahan yang termurah. Pengalaman kami biaya pembuatan adalah 75 ribu – 100 ribu /m2. Tetapi yang penting syaratnya adalah, log bisa terlindungi dari hujan, tidak terkena sinar matahari langsung, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Anda bisa melihat berbagai macam contoh kumbung di posting link kami sebagai gambarannya.

5. Menyiapkan baglog. Untuk kapasitas kecil dan menengah hingga 10.000 baglog, kita tidak perlu membuat sendiri baglog. Akan lebih menguntungkan apabila kita hanya membeli baglog di pebudidaya jamur. Harga baglog sekarang ini berkisaran antara Rp.1800 – Rp.2000 /baglog. Artinya modal yang dikeluarkan untuk pembelian 1000 baglog adalah maksimal 2juta rupiah. Pastikan dalam pembelian baglog terdapat fasilitas penggantian apabila miselium baglog tidak tumbuh. Ini penting untuk mengecilkan tingkat resiko.

6. Memperkirakan hasilnya. Semua usaha ujung-ujungnya duit (UUD). Dalam membeli baglog Anda harus memperhatikan berat baglognya untuk memperkirakan hasilnya (baca posting kami dalam perkiraan hasil baglog). Misalkan berat baglog adalah 1,4 kg, itu artinya kisaran panen mencapai 400 gr – 490 gr per baglog. Jadi jika 1000 balgog, hasil panen total mencapai 400 kg dalam 4 bulan. Dengan harga jamur Rp.7000 /kg. Hasil total jamur adalah 2,8juta.
Analisa keuntungan. Dengan modal 2juta, keuntungan minimal yang bisa dicapai adalah 800ribu. Artinya 800/2.000.000 = 40%. Atau 10%/bulan. Jika perawatan yang dilakukan dengan optimal. Hasilnya bisa lebih banyak lagi hingga 430kg /1000lognya atau bisa menghasilkan keuntungan 1juta dengan modal sekitar 2juta ≈ 50%.

Memang untuk skala besar, membuat sendiri baglog akan lebih menguntungkan, (biaya produksinya sekitar Rp.1100 – Rp.1400 /balgog. tetapi dengan tingkat resiko yang tinggi dan penyiapan modal yang besar, lebih baik memulai usaha dengan membeli baglog dahulu hingga kita benar-benar paham karakteristik perawatan baglog.

Baca posting kami sebelumnya bila Anda ingin berbisnis jamur tiram :

Karakteristik pertumbuhan jamur tiram
Keterangan singkat mengenai kumbung
Berbagai sistem investasi sebagai referensi
Tips membangun jaringa pasar
Tatacara singkat pemasaran jamur tiram yang efektif

Mengenai perawatan dan hasil panen jamur :

Perawatan yang tepat menghasilkan panen yang berlimpah
Berapa sih hasil panen jamur tiram bagian 1
Berapa sih hasil panen jamur tiram bagian 2

Ingin berbisnis online?? disini panduan lengkapnya (bergaransi)

22 komentar:

  1. bagaimana prospek jamur tiram kedepan apakah dengan semakin banyaknya yang membudidayakan jamur ini harga akan semakin turun apa alternatif pasarnya?

    BalasHapus
  2. bagaimana prospek jamur tiram kedepan apakah dengan semakin banyaknya yang membudidayakan jamur ini harga akan semakin turun apa alternatif pasarnya?

    BalasHapus
  3. beli bibitnya dimana?

    BalasHapus
  4. pak tplong harga jamur diupdate dg harga yang sekarang

    BalasHapus
  5. Pak aku mau juga bisnis Jamur,tapi aku gak punya pengalaman

    BalasHapus
  6. saya pnya jamur, mau saya jual ne,harga Rp9000/kg
    saya di jogja, deket dengan UPY,
    klo mau bli hubungi

    seto
    085643380511
    xvseptember@yahoo.com

    BalasHapus
  7. Selamat siang,
    Saya wendy dari Sungai penuh-jambi.
    saya tertarik untuk membudidayakan jamur tiram di tempat saya. untuk itu mohon informasi mengenai harga bibit, baglog dan hal2 lain yang dirasa perlu bapak informasikan kepada saya.
    Email: jejakmakna@gmail.com

    Informasi dari bapak sangat berharga bagi saya, Terima Kasih

    BalasHapus
  8. Saya Aditya domisili di bandung, saya baru mulai budidaya jamur tiram tlg informasi pemasaran/bandar yang berlokasi di bandung.
    Informasinya saya harapkan segera, terimakasih.


    Email : dwiadityalesmana@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. Selamat siang,
    Saya wendy dari Sungai penuh-jambi.
    saya tertarik untuk membudidayakan jamur tiram di tempat saya. untuk itu mohon informasi mengenai harga bibit, baglog dan hal2 lain yang dirasa perlu bapak informasikan kepada saya.
    Email: jejakmakna@gmail.com

    Informasi dari bapak sangat berharga bagi saya, Terima Kasih

    BalasHapus
  10. Selamat siang,
    Saya wendy dari Sungai penuh-jambi.
    saya tertarik untuk membudidayakan jamur tiram di tempat saya. untuk itu mohon informasi mengenai harga bibit, baglog dan hal2 lain yang dirasa perlu bapak informasikan kepada saya.
    Email: jejakmakna@gmail.com

    Informasi dari bapak sangat berharga bagi saya, Terima Kasih

    BalasHapus
  11. om tolong kirim semuanya info2 yang ada ya om ke curly_gila@yahoo.co.id aku ifwan di padang.....mau buka bisnis ini jg om.....lau ada info investasinya sekalian ya om.... makasih banyak

    BalasHapus
  12. Ass.Wr.Wb.Salam kenal mas Fithrawan dari sy Yudhi.Alhamdulillah saat ini sy sdh memiliki usaha budidaya jamur tiram putih yg berlokasi di daerah Bogor - Jawa Barat dan sampai sekarang masih berjalan dgn baik.Tapi ada satu kendala mas yg sy hadapi saat ini adalah berusaha untuk berpikir dan berusaha keras untuk mengembangkan usaha tersebut, terus terang dikarenakan permodalan sy yg tidak memadai untuk pengembangannya.Lokasi tempat usaha sy ini cukup besar, startegis, nyaman, dekat pasar tradisional dan sangat cocok kondisi cuacanya untuk usaha budidaya jamur sedangkan dari segi pemasarannya saat ini tidak terlalu sulit apalagi ada beberapa tempat yg sdh berkomitment bahkan sdh memesan untuk secepatnya dikirim baik dalam bentuk partai besar maupun kecil tapi kembali lg dikarena kekuatan financial sy yg sangat terbatas.Fasilitas yg saat ini sy miliki adalah kumbungan berukuran kurang lebih 50m x 22m dgn 2 lantai berkapasitas mencapai kurang lebih 200 rb s/d 300 rb baglog bahkan bs lebih dari perkiraan sy,wisma karyawan,gudang,tempat pembibitan,tempat perebusan,sawung,alat-alat inventaris produksi maupun alat-alat pelaksanaan pemeliharaan dll.Singkat kata maksud dari tujuan sy menulis perihal permasalahan yg sy hadapi saat ini kepada mas Fithrawan untuk kiranya dapat membantu sy supaya bisa memberikan informasi yg lengkap atau solusi agar cita-cita murni sy ini dapat tercapai dgn baik.Atas dasar dan berlandaskan dgn ibadah,semangat dan memiliki rasa kemauan yg tinggi serta cita-cita,sy ingin jika hal ini terwujud atas izin ALLAH SWT berharap ingin mengutamakan untuk saling menumbuhkan kepercayaan,kejujuran,berani maju untuk meraih kesuksesan dan saling terbuka dalam segala hal.Mungkin dari mas Fithrawan dapat berpikir dan mempertimbangkan dan pada akhirnya tertarik untuk dapat bekerjasama dgn sy dlm pengembangan usaha tersebut atau mungkin bahkan mas Fithrawan memiliki rekan-rekan yg mau terlibat/bergabung dgn sy didalam hal tersebut bs ditawarkan agar usaha ini dpt terselamatkan untuk mencapai pengembangannya serta tidak terlewatkan bagi saudara-saudaraku,teman-teman,rekan-rekan yg membaca perihal ini dan berminat membantu permasalahan sy untuk bekerjasama didalam usaha tersebut dgn sy bs menghubungi melalui email: yudhistira_sp@ymail.com atau hp. 0813.86077778.Tidak tertutup kemungkinan sy jg tidak memaksakan kehendak apabila mas Fithrawan tertarik atau saudara-saudaraku,teman-teman,rekan-rekan dgn kapasitas pemenuhan baglog dalam jumlah yg berkala hingga pada akhirnya sampai ke tingkat sesuai dgn jumlah kapasitas baglog yg besar.Karena yg terpenting buat sy adalah usaha budidaya jamur ini dapat berjalan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas.Terima kasih dan sukses selalu untuk mas Fithrawan serta saudara-saudaraku,teman-teman,rekan-rekan sy akan selalu menunggu kbr baik dari semuanya.Wasalam.Yudhistira (yudhistira_sp@ymail.com hp. 0813.86077778)

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaykum pak...
    Saya dian, tim kami tertarik untuk berbisnis jamur tiram. Pertama kali bapak mulai berbisnis seperti apa?? Apa saja yang perlu dipersiapkan?? Terima kasih (ch13l_phy@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaykum pak, saya silvi. Tim kami ingin berbisnis jamur tiram.
    Kami ingin bekerjasama dengan bapak untuk menjualkan produk bapak, khususnya kripik jamur. Boleh tidak? syaratnya apa saja pak?
    jika ada barang yg tidak laku, apakah kami boleh dikembalikan?

    BalasHapus
  15. bos...aku pengen usaha budidaya jamur nih, tapi kendala belum punya pengalaman dan tidak ada tempat, aku ada pasar dari resto yang menampung jamur tiram, kali aja ada rekan rekan yang ada di daerah malang/daerah lain di Jatim yang mau kerjasama dengan aku untuk budidaya jamur, ntar aku yang nyediakan bibit dan pemasarannya..kalo ada yang berminat call aja aku di 081334955582(eko)..aku tunggu tanggapan baiknya. terima kasih

    BalasHapus
  16. Assalammu'alaikum mas fithrawan, saya Indri di Palembang. Saya tertarik untuk membudidayakan jamur tiram didaerah saya tetapi belum tau caranya (kubung, baglog, pembelian bibit dan lain2. Apakah cocok untuk daerah palembang?

    Terima kasih. Ditunggu infonya di emailku:
    indriani_iksan@yahoo.com

    Wassalam.

    BalasHapus
  17. Mas fitrawan mengatakan berbisnis jamur tiram dengan membeli baglog saja lebih menguntungkan itu memang benar adanya. apalagi buat anda yang berada di daerah yang belum banyak pembudidaya jamur tiram, peluang besar buat anda korelasinya Pasti harga jamur tiram didaerah anda masih mahal. Kami http://agrijamurnabati.blogspot.com meyediakan baglog untuk anda yang ingin berbisnis jamur tiram. Khususnya buat anda yang berdomisili di Pulau Sumatera, karena kami berada di Bandar lampung.
    Kami siap membantu mewujudkan mimpi anda menjadi pebisnis jamur tiram yang sukses. Bravo Sumatera!!!!

    Fauzi Azis / 085768422115

    BalasHapus
  18. brow ane mau nanya.....dari 1000 baglog tersebut pa sudah pasti hasil panen perharinya 5kg??apa tuh nilai average perharinya buat panen 1000 baglog jamur???
    trus masa aktif(apa ya??????masa hidup/masa edar) dari 1000 baglog jamur itu berapa bulan?????


    Best Regards
    dwell-articles
    triwidodo.anton@gmail.com

    BalasHapus
  19. yang minat bisnis jamur bisa liat link di bawah ini
    www.karyamandirimushrooms.ml

    BalasHapus
  20. yang minat bisnis jamur bisa liat link di bawah ini

    www.karyamandirimushrooms.ml

    BalasHapus
  21. yang minat bisnis jamur bisa liat link di bawah ini
    www.karyamandirimushrooms.ml

    BalasHapus
  22. Oke mantab Gan, kelihatannya boleh dicoba nich

    BalasHapus