Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb


Jumat, 28 November 2008

periode investasi kumbung no.4

Investasi jamur tiram putih pada kumbung No. 4 saat ini memasuki periode ke-2. Diharapkan semua sesuai dengan schedule kerja yang telah kami rencanakan sebelumnya. Kumbung ini berkapasitas total 11.000 baglog, tetapi pada periode ke-2 ini kami turunkan menjadi 8000 baglog untuk menambah sirkulasi udaranya. Pada periode I hasil total jamur tiram dengan isi 11.000 baglog mencapai rata-rata 375 gram per log atau total panen adalah 4125 kg. Dengan mengurangi isi kumbung menjadi 8000 baglog, kami harapkan rata-rata hasil panen bisa meningkat di kisaran 420 gram per log nya.

Schedule kerja pada kumbung No. 4 dapat dilihat di sini


Sesuai dengan schedule kerja, kami telah mengisi kumbung pada tanggal 7 dan 8 november 2008 dengan kondisi miselium masih kosong. Menurut pengalaman selama ini, jika jenis serbuk kayu yang digunakan adalah kayu sengon, masa inkubasi di dalam kumbung mencapai 25 hari. Tetapi kali ini serbuk kayu yang digunakan pada media baglog adalah kayu mahoni yang secara fisik memang lebih keras daripada kayu sengon. Perkiraan kami masa inkubasi yang dibutuhkan mencapai 35-40 hari. Pada foto berikut ini tampak miselium telah mencapai 40% tanggal 23 november kemaren.






Memasuki minggu ke-4 bulan november, pertumbuhan miselium telah mencapai 60%. Harapan kami, awal bulan desember telah mencapai 85% – 90% dan telah siap dibuka tutupnya untuk diberikan raising penurunan suhu sehingga di pertengahan bulan desember InsyaALLAH kumbung no. 4 telah mulai memasuki masa produksi. Dengan berproduksinya kumbung no. 4 nantinya diharapkan pasokan jamur tiram putih ke masyarakat bisa ditingkatkan lagi.

Saat ini, kami juga telah mendapatkan kata sepakat dengan pihak agronusa mushroom untuk mengambil alih pengelolaan kumbung no. 2. Ini karena kumbung ini letakknya satu lokasi dengan pengelolaan kami. Berikut denahnya :


InsyaALLAH jika semua lancar, kumbung no. 2 yang memiliki kapasitas 7000 baglog dapat kami kelola untuk periode I pengisian kumbung di akhir bulan desember nanti.

Schedule kerja yang kami rencanakan untuk kumbung no. 2 dapat di download di sini.

Jadi pada 2009 nanti, Kami telah meningkatkan kapasitas pengelolaan dari 25.000 baglog menjadi 32.000 baglog pada 4 kumbung.

Profil kumbung no. 2 ini dapat dilihat disini

Memang idealnya pengelolaan 4 kumbung ini dapat secara berkala diisi dengan interval 1bulan – 1,5 bulan, dengan begitu kapasitas produksi jamur dapat tetap dijaga dengan baik. Memang, faktor cuaca juga sangat berpengaruh terhadap produksi jamur tiram, tetapi dengan mengusahakan scheduling yang baik pada pengelolaan kumbung, InsyaALLAH produksi jamur tiram dapat dengan stabil dijaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar