Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Rabu, 12 November 2008

Kemasan dan kualitas yang baik menentukan harga jamur tiram putih

Kami pernah melakukan survey pasar untuk melihat bagaimana tanggapan masyarakat terhadap kualitas dan harga jamur tiram putih kami.
Pasar yang kami tinjau adalah Pasar Keputran Surabaya (tempat yang paling banyak mengambil jamur tiram dari Kami..)

Kami mengenali jamur tiram produksi kami karena terdapat cap Agronusa Mushroom (kami ikut dalam jaringan pemasaran agronusa mushroom).


Ternyata per bungkus (200 gram) harganya paling murah Rp.3500,-. Bahkan ketika pasokan jamur lagi sedikit, harga bisa mencapai Rp.5000,- per bungkusnya. Kami surprise aja berarti per kg (5 bungkus) harga antara (17.500 – 25.000).

Memang ini di tingkatan konsumen, dan terdapat jalur mata rantai pemasaran yang tidak bisa dilewatkan. Petani-pengumpul-pedagang-pengecer-konsumen.

Lalu kami lanjutkan untuk melihat dan mencari jamur lainnya yang bukan produksi kami. Jamur lainnya ternyata dihargai hanya di kisaran 2500/bungkus 200gr atau sekitar 12.500/kg. Karena penasaran kami bertanya kepada pedagang sayuran tersebut, Apakah jamur yang murah ini laku lebih cepat? Ternyata menurut para pedagang, Jamur Agronusa lebih cepat habis laku terjual daripada jamur lainnya, walaupun harganya lebih mahal.

Mengapa..??

Para konsumen dan pedagang pasar mengakui bahwa jamur tiram dari kami kualitasnya lebih baik dari yang lainnya.. Mungkin anda bisa bertanya dan survey secara langsung ke Pasar Keputran Surabaya untuk membuktikannya.

Dari segi penampilan fisik, memang jamur dalam kemasan milik kami memiliki bentuk yang lebih baik, segar, tudung bulat, warna putih, dan tampak baru. Ini berbeda dengan jamur lainnya yang terkesan kekuningan, sudah layu, dan tudungnya kebanyakan pecah dan tidak bulat.

Penampilan fisik dan kualitas jamur tersebut dapat dijaga dengan melakukan langkah pengemasan yang benar. Hal ini sudah kami jelaskan dalam posting sebelumnya.

Lihat posting kami tentang langkah pemasaran jamur tiram.

Memang hasil penelitian menyebutkan film plastik polipropilen tebal 0.03 mm sebagai kemasan jamur tiram putih yang dipanen dengan kriteria bentuk tudung bulat, sisi tudung belum pecah atau bentuk tudung bulat dan tanpa menyertakan tangkai, dapat mempertahankan bentuk fisik, kimiawi, dan menghasilkan daya simpan yang lebih lama. Kemasan dalam bentuk hampa udara tentunya.



Hal ini sangat perlu diperhatikan bagi Anda semua yang menjual jamur tiramnya dalam bentuk kemasan. JIKA INGIN Jamur laku dengan harga Tinggi, lakukanlah langkah pemasaran seperti kami. Tentunya bagi Anda yang mampu memotong jalur pemasaran dan bisa langsung menjual ke tingkat konsumen, keuntungan berbudidaya jamur tiram ini akan semakin berlipat-lipat.

Lihat link posting kami yang berkaitan :

Perawatan yang tepat menghasilkan panen jamur yang optimal

Membentuk jaringan pasar yang efektif dan berkontinu

Anda ingin berbisnis online? Di sini panduan lengkapnya

10 komentar:

  1. Saya tertarik budidaya jamur & saat ini sedang mempelajari dari berbagai sumber. Jika tidak keberatan, saya ingin tanya2 lbh detail ttg budidaya jamur via email.
    Thanks :)

    Hendy

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak infonya..dengan membaca blog ini saya jadu tau bagaimana menjaga kualitas hasil panen jamur kami.. Saya mengikuti cara Anda dalam memacking jamur.. dan hasilnya memang lebih banyak konsumen yang tertarik untuk membeli walaupun harganya lebih mahal daripada di pasar.. trims..

    putie

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum! Membeli alat packaging seperti gambar diatas dimana ya,mohon info,sy kesulitan mencarinya.
    Bisa sms atau email saya.Surabaya,Agung Eko Prasetyo,agungekopw@yahoo.com. 085655481708

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum! Membeli alat packaging seperti gambar diatas dimana ya,mohon info,sy kesulitan mencarinya.
    Bisa sms atau email saya.di Surabaya,Agung Eko Prasetyo,agungekopw@yahoo.com. 085655481708
    Trimakasih.
    WAssalamualaikum!

    BalasHapus
  5. Pak tanya dong, itu cara kasih label-nya gimana ya?apakah itu printout komputer dan cara pasangnya ditempel? dan untuk packing ini apa harus juga disertakan label HALAL dan BPOM?

    Best Regards"

    BalasHapus
  6. Saya juga tertarik, boleh kita kerjasama?

    BalasHapus
  7. Saya baru saja merintis usaha jamur,namun yang menjadi kendala jamur itu hanya bisa bertahan 1-2 hari mohon informasikan teknologi pengemasan hampa udara dan bisa dirincikan badget yang diperlukan untuk membeli alat tersebut(all/lengkap)

    BalasHapus
  8. untuk alamt email :ee_lham@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. supplier.....!!!!!!!!!.
    j a m u r t i r a m Putih, jenis Oystern, Florida
    untuk area Sidoarjo dan Surabaya
    Cocok untuk Restoran, Outlet j a m u r Crispy, Supermarket dan Pasar Tradisional. jamur di
    Panen pagi sampai di Surabaya jam 11 siang
    jamur dijamin dalam keadaan fresh (segar).
    Diantar sampai Rumah Anda



    Hubungi.
    Zainul Arifin
    0321-7248243
    085730443393

    BalasHapus
  10. I don't even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!
    My webpage : http://rehab.alabama.gov/

    BalasHapus