Assalaamu'alaikum Wr Wb, buat rekat-rekan semua, blog ini hadir hanyalah merupakan sharing pengalaman kami dan rekan-rekan. Jika ada manfaat yang bisa diambil, kami sangat bersyukur dan mohon doa. Jika karena sok tahu kami ada yang dirugikan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga isinya bisa merupakan salah satu referensi. Wassalaamu'alaikum Wr Wb

Galeri photo jamur Step pertumbuhan jamur Bibit PDA F1 F2 Alat Spinner Autoclave Tips beli baglog Berbisnis jamur1 Berbisnis jamur2 Hasil jamur dari baglog Tips kualitas baglog Tips kualitas bibit Desain steamer Desain boiler Kegagalan budidaya Kumbung jamur Perawatan jamur Pola pertumbuhan jamur biaya baglog1 biaya baglog2

Selasa, 30 Desember 2008

Panduan dan tips pembelian baglog jamur tiram putih

Umumnya, masyarakat memulai bisnis jamur tiram dengan membeli baglog dan merawatnya. Ini karena praktis dan lebih cepat menuai hasilnya daripada harus melakukan sendiri budidaya jamur tiram. Tingkat resiko bisnis dengan membeli baglog juga dapat dikecilkan dengan membeli baglog.

Untuk membeli baglog, terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kerugian bagi pebisnis jamur tiram. Berikut ini akan kami uraikan sedikit mengenai panduan membeli baglog jamur tiram :

- Perhatikan ukuran dan berat baglog
Umumnya, baglog yang ada menggunakan plastik ukuran diameter 12cm panjang 30 cm. Berat rata-rata baglog dengan ukuran ini berkisar 1,3kg – 1,6kg. Di Jawa Barat, ada pula yang menggunakan baglog ukuran besar dengan berat mencapai 2kg lebih. Berat baglog ini menentukan perkiraan hasil panen jamur tiram putih nantinya.

Baca posting kami:
Perkiraan hasil panen jamur tiram bagian 1
Perkiraan hasil panen jamur tiram bagian 2


Gambar baglog kondisi miselium kosong dengan berat sekitar 1.4kg

- Perhatikan tingkat kepadatan serbuk gergaji kayu dalam baglog
Kepadatan serbuk gergaji baglog sangat menentukan hasil panennya. Semakin padat baglog tersebut, semakin banyak hasil panen jamur tiram yang didapat. Secara otomatis pula, semakin padat, maka berat baglog akan semakin berat.. Sebaiknya sebelum membeli, anda perhatikan proses pemadatan baglog yang ada, apakah menggunakan alat pemadat (yang hasilnya pasti lebih padat), atau masih dengan cara manual dengan ditusuk-tusuk saja.

- Tanyakan jenis kayu dari serbuk gergaji bahan utama baglog tersebut.
Jamur tiram yang akan dibudidayakan adalah jenis jamur kayu saprofit yang mengambil nutrisi makanan dari zat/tumbuhan yang sudah mati (dalam hal ini serbuk gergaji). Jadi sebenarnya nutrisi utama untuk penumbuhan jamur tiram itu diambil dari serbuk gergaji yang ada.. Disini, pemilihan jenis kayu menjadi sangat menentukan banyaknya hasil panen jamur tiram nantinya. Umumnya jenis kayu yang digunakan adalah kayu sengon, kayu kembang, kayu kampung, kayu mahoni. Semakin keras secara fisik jenis kayu yang dipilih, akan menjadikan kayu tersebut semakin lama lapuk, sehingga dapat lebih lama menghasilkan jamur tiram dan tentunya lebih banyak panennya. Jenis kayu yang agak keras contohnya seperti kayu kampung dan kayu mahoni, biasanya dengan ukuran plastik baglog yang sama, beratnya bisa mencapai 1,6kg bahkan 1,7kg. Untuk kayu jenis sengon, umumnya berat rata-rata baglog hanya 1,3kg-1,4kg. Memang.., para pebudidaya jamur tiram tidak selalu mendapatkan jenis serbuk gergaji kayu keras, karena mereka sangat tergantung dengan pasokan serbuk gergaji dari tempat-tempat penggergajian kayu di daerahnya.

- Pembibitan jamur tiram
Untuk produsen baglog yang telah berpengalaman, umumnya sudah menguasai tatacara pembuatan bibit F1, F2 dari jamur tiram. Sebaiknya kita memilih produsen baglog yang demikian, karena jika kita membeli baglog dari produsen/pebudidaya yang bibit F2 nya masih beli di produsen lainnya, tentunya hal ini menunjukkan tingkat pengalaman dan pengetahuannya masih kurang. Disamping itu resiko kegagalan pertumbuhan miselium masih cukup tinggi untuk produsen yang bibitnya beli, hal ini dikarenakan mereka pun belum tahu kualitas bibit F2 yang dibelinya. Pada pengalaman kami, jenis jamur tiram dari pembelian bibit bisa berbeda-beda dengan karakteristik stren yang berbeda pula. Jika diperlukan, lihat pula contoh hasil panen jamur tiram yang ada dengan bibit yang digunakan oleh produsen tersebut, dengan demikian kita dapat dengan yakin akan hasilnya. Hal lainnya adalah, untuk produsen yang mampu membuat bibit sendiri, biasanya menggunakan bibit sebanyaknya pada baglog produksinya, ini memang akan lebih cepat menumbuhkan miselium, berbeda dengan produsen baglog yang masih membeli, tentunya mereka akan berusaha mengirit dengan memberikan sesuai takaran pada proses inokulasi (pemberian bibit pada baglog).

- Sterilisasi
Perhatikan dengan baik proses sterilisasi pada baglog. Produsen yang telah melakukan proses sterilisasi menggunakan steamer dengan kapasitas besar (1000 baglog misalnya), yang menggunakan steamer beton atau baja, umumnya memiliki resiko kegagalan pertumbuhan miselium lebih kecil daripada produsen yang masih menggunakan drum sebagai alat steamernya. Dalam pengamatan kami, baglog yang gagal menumbuhkan miselium dari steamer beton, tidak sampai 1%, karena per 1000 baglog, hanya mati sekitar 10 buah saja.

- Pemilihan kondisi miselium dan garansinya
Produsen baglog umumnya menawarkan harga tergantung dengan kondisi miseliumnya. Untuk miselium kondisi penuh (hampir 90%) dihargai lebih tinggi daripada miselium kondisi kosong (masih baru proses inokulasi). Pembelian baglog dengan kondisi miselium kosong memiliki keuntungan yaitu kondisi inkubasi benar-benar matang di kumbung, hal ini baik untuk penumbuhan buah jamurnya, karena bisa benar-benar sesuai dengan jadual, kerugiannya adalah, resiko kegagalan tumbuh miselium tinggi, karena banyak faktor, yaitu kebersihan kumbung, kebersihan saat transportasi, suhu, kontaminasi jamur liar, dsb dst dll dan banyak faktor yang kami juga masih belum paham paham.

Untuk pembelian baglog kondisi miselium penuh, keuntungannya adalah, resiko matinya baglog sangat kecil, karena memang miselium sudah tumbuh.., hehe. Akan tetapi biasanya, terdapat faktor miselium patah di tengah atau di pinggir pada saat pemindahan dan transportasi dari ruang inkubasi produsen ke kumbung milik Anda.. Hal inilah yang menyebabkan dapat terjadi keterlambatan jadual panen antara 2 – 3 minggu dari jadual, karena baglog membutuhkan waktu untuk menambung miselium yang patah. Istilah kami adalah baglog stress saat dipindah/transportasi.


gambar baglog kondisi miselium diatas 80%

Menurut pertimbangan kami, yang terbaik adalah membeli baglog dengan kondisi miselium sekitar 10-20%. Hal ini dikarenakan, InsyaALLAH baglog tidak mati (sudah ada miseliumnya dan tumbuh), dan resiko patah miselium juga kacil, karena memang setelah itu proses inkubasi dari 10%-100% akan dijalankan di kumbung milik Anda, bukan di ruang inkubasi produsen..

Gambar baglog kondisi miselium sekitar 10%

Satu lagi, ada baiknya diadakan semacam perjanjian dengan pihak produsen baglog untuk mengganti apabila terdapat baglog yang gagal menumbuhkan miselium. Sungguhpun begitu ini berarti kerugian bagi kedua belah pihak, karena waktu, tenaga, dan biaya yang tersita.

- Harga baglog yang wajar
Inilah bagian yang paling penting bahkan pueeentiiiiiiing buangeeeeeet. Karena yang namanya bisnis, tentu ujung ujungnya pasti duit.. Katakanlah Anda memiliki permintaan pasar jamur tiram dengan harga stabil Rp.6500/kg di tingkatan petani, memang akan lebih baik jika langsung ke user yang harga bisa mencapai Rp.9000/kg, tetapi saya menyebutkan nilai rendah dulu supaya jangan bereskpektasi terlalu tinggi dengan keuntungan, berarti untuk mencapai Break Even Poin (BEP), rumus harga baglog dan biaya operasional dan perawatan plus keuntungan adalah (Harga baglog + perawatan + keuntungan) = 0.4 kg x Rp. 6500. Atau (Harga baglog + perawatan + keuntungan) = Rp.2600.

0.4 kg adalah perkiraan hasil panen jamur tiram total, baca posting kami yaa.... untuk lebih jelasnya.

Dengan rumus tersebut, artinya harga kewajaran baglog adalah antara Rp. 1500 – Rp. 2000 /baglognya. Itu artinya jika termahal dihargai Rp. 2000/baglog, Anda masih memiliki keuntungan kotor Rp.600/baglog. Jika Anda berinvestasi sebanyak 1000 baglog, itu artinya keuntungan Anda sekitar Rp.600.000 selama masa produksi jamur tiram yang kurang lebih 4 bulan. Keuntungan ini akan semakin tinggi, jika Anda dapat menjual lebih mahal tentunya...

Nah.., dengan demikian, jika produsen baglog ada yang menawarkan harga hingga Rp. 3000,- bahkan lebih.., hampir bisa dipastikan, Anda sudah mengalami kerugian sebelum Anda memulai bisnis ini... Karena hasil perhitungan BEP dari jamur tiram tadi adalah Rp.2600,- (Rugi Rp.400/baglog). Jadi tolong diperhatikan dengan benar mengenai hal ini, jika Anda memperoleh produsen dengan harga demikian, lebih baik Anda mencari produsen lainnya saja...

- Penelitian itu perlu..

Saran kami, sebaiknya Anda melakukan survey dulu di beberapa produsen baglog, beli saja masing-masing 5 balgog, amati pertumbuhan miseliumnya, lama pertumbuhannya, dan juga timbang dengan benar hasil panennya. Mungkin semua proses ini akan memakan waktu hampir 6 bulan.., tetapi proses survey dan penelitian ini sangat perlu dilakukan agar Anda tidak mengalami kerugian dan kapok berbisnis jamur tiram pada akhirnya...

Link yang berkaitan :

Berbisnis jamur tiram dengan membeli baglog

Bagaimana pemasaran jamur tiram putih

Membentuk jaringan pasar yang efektif

Memperkirakan hasil panen jamur tiram

Perawatan yang tepat untuk menghasilkan keuntungan yang optimal

Panduan untuk berbisnis ONLINE

64 komentar:

  1. tips yang berguna banget mas.., saya kemaren beli baglog kemahalan.. 3500 per bag.. jadi alamat rugi nih...

    BalasHapus
  2. MAS mohon info lokasi produsen baglog di medan

    BalasHapus
  3. Saya tinggal di Samarinda, dimana sy bisa mendapatkan baglog jamur tiram

    BalasHapus
  4. saya tinggal di medan,dimana saya bisa mendapatkan
    baglog jamur tiram di medan?tlg balas ke email saya : donyherlino@gmail.com

    BalasHapus
  5. Kami bisa menyediakan baglog jamur tiram untuk daerah medan dan sekitarnya.Kami juga menyediakan jamur tiram dalam keadaan segar untuk dikonsumsi.
    Berminat hub : Bpk. Wito 081990458588
    email : jw_mushroom@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Kpada JWMushroom..
    InsyaALLAH jika ada kawan-kawan wilayah medan dan sekitarnya.. Bisa kami informasikan ke Anda yaa... Trims Infonya..

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum pak

    Kalau di Lampung, produsen baglog dengan harga miring dan dkala besar dimana ya..
    Syukron infonya..

    BalasHapus
  8. dimana saya bisa mendapatkan baglog untuk wilayah gresik???
    tolong kirim ke email ana ya(akhi_walid@yahoo.co.id)
    syurkron

    BalasHapus
  9. Jika mencari baglog untuk wilayah jambi dan sekitarnya silahkan hubungi saya 085664393893

    BalasHapus
  10. sy beli 3rb / log.. >.<
    thx or tipsnya, lain kali tawar2 deh..

    BalasHapus
  11. www.laununakerinci.wordpress.com

    www.laununakerinci.wordpress.com

    BalasHapus
  12. mas mohon info dimana sy bisa dapatkan bibit di denpasar bali? trims

    BalasHapus
  13. mas,saya dari daerah tuban jatim,apakah didaerah tuban cuacanya mendukung untk bbudidaya jamur teram.dan dmana saya mdpatkanbibitnya.tlg di krim mail di neyeng@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. Untuk Batam apakah ada supplier baglog?
    kalo ada mohon email ke muh_shafiq_wahyudi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  15. Untuk teman- teman di daerah medan sekitar, kami adalah pembudidaya jamur tiram yang menyediakan jamur tiram segar, dan juga baglog putih dengan miselium 50%. Kapasitas produksi baglog 1500 baglog/hari. Kami juga menyediakan bibit jamur tiram F2. Silahkan hubungi kami di www.aos-farm.com atau telp. di 08126073836. Kami siap bekerja sama untuk berbagi ilmu.

    BalasHapus
  16. saya mencoba jawab sbsa saya ya pak:

    1. kepadatan itu ga begitu pengaruh, hanya kalo terlalu padat lama turun miseliumnya tpi awet, bgiitu sbaliknya.
    2.kalo saya serbug datang dari penggergajian disirami air diamkan slma 2-3 minggu langsung dbuat, ga perlu komposisasi lagi.
    3.sbaiknya stelah turun pada suhu kamar langsung di bibitin, shari stelahnya dh bisa kok.
    4.tdak apa2 pak tpi ya jngan lama2 nanti tumbuh belatung
    5.wah saya ga tau pak, kmungkinan solusinya tempatnya yg dipindahkan, ato bisa pake rodentisida
    6. kalo saya bahan diaduk smua langsung dibungkusin aja pak, ga perlu komposisasi lagi.
    7. menambah nutrisi aja itu pak, smber protein
    8. iya saya jual f2, f3, dan f4 kalo untuk f1 tidak
    9. penyimpanan ditempat yg bersih, gelap dan dngin (22-25 drjt), kalo bisa pada saat inokulasi ditempat tertutup khusus, spya tidak ada angin kencang yg bsa mmbawa kontaminan.
    10. sterilisasi cba dtambah 6-8 jam, pda suhu 100 drjt, proses pembibitan dijaga ksterilanya, tangan kaki mulut harus terjaga dari kontaminasi, jka perlu pke masker dan cuci kaki n tangan sblum pembibitan.

    yg perlu diperhatikan : kepadatan kapas penyumbat, proses inokulasi, sterilisasi, kapas pnyumbat diusahakan kering, lingkungan dijaga agar selalu kondusif dan bersih, penggunaan bibit yg berkualitas, lbih baik bpak beli f3 jadi dlu aja, sbelum mmbuat sndiri. smoga bermanfaat ya pak jika masih ada pertanyaan insyaallah saya jawab kmbali jka saya tau. trmakasih

    BalasHapus
  17. untuk daerah bogor gimana?dan di mana saya bisa hubungi?

    BalasHapus
  18. Numpang Promo Mas Wawan
    Untuk Daerah Sumatera khususnya PEKANBARU yang membutuhkan Bibit Jamur Tiram dan Baglog/media siap panen silahkan hubungi kami di 0819 9325 6754 (S.Khoirudin) Jamur Kami TERBUKTI dapat hidup dengan normal walaupun dikota bersuhu panas dapat menghasilkan 100 gr s/d 150 gr sekali panen dan 300 gr s/d 400 setiap log dalam satu periode.

    BalasHapus
  19. Numpang lapak nya ya pak,
    Saya punya stok baglog jamur tiram sebanyak 800 baglog, ukuran nya 1,4kg, sy dulu beli @Rp.1850, mau dijual @1700 => 800 x 1700 = Rp. 1.360.000,-, karena BU. Kondisi sudah 100% tumbuh miselium.

    Kalau minat sy jg mau jual semua peralatan :
    #5 buah rak gantung kapasitas @480 baglog, jadi total bisa muat 5 x 480 = 2400 baglog.
    harga @100 rb
    #Sprayer kapasitas 6 liter = 90rb
    #Hygrometer+Thermoter bahan kuningan anti karat 150rb.

    Barang ada di cilebut bogor,
    hub Ridwan : 0856-9347-9194.

    BalasHapus
  20. andrean.... numpang tanya bagaimana cara perawatan jamur setelah berbuah,, baglog di biarkan atau setelah panen baglog di tiris mksh

    BalasHapus
  21. Untuk yang membutuhkan baglog di sekitar Bogor, silakan hubungi Erwin dari Kumbung Jamur Parung, di Parung Hp.No.08128629574.Kami juga memberikan pelatihan praktek budidaya jamur tiram

    BalasHapus
  22. gmn caranya supaya jamur tiram banyak hasilnya,..... apa ada obat perangsang jamur tiram supaya hasilnya berlipat ganda.....mmakasih/ bls ke email : etty.koesoema@yahoo.com

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum...
    masa... boleh minta info baglog di bandung? ada alamat email dan no HP nya?? nuhun boleh dikiri ke reza_asriandi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  24. terima kasih, tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. assalamu alaikum mas,mau tanya klo di daerah purwokerto jateng di mana saya bisa membeli baglog ya??????????
    terimakasih...........wassalamu alaikum...........

    BalasHapus
  26. mas numpang promosi
    kami cendawan jamur jogja menerima pesanan baglog 1500/baglog berat 1.5kg, bibit jamur, dan peralatan bddaya (alat press 20 log/menit, dll), kripik 50rb/kg
    siap kirim ke luar kota, pulau sumatra dan bali
    hub: nurdin 085292986203 (sleman jogjakarta)

    BalasHapus
  27. mas nurdin makasih infonya,tar saya sampaikan ke temen saya yg lagi nyari info ini

    BalasHapus
  28. saya tinggal di medan, ingin budidaya jamur tiram,
    bisa kasih info mengenai alamat yang jual bibit, baglog dan teknik budidaya?
    terima kasih.

    BalasHapus
  29. NUMPANG IKLAN YA MAS WAWAN.....
    SY TINGGAL DI KOTA MEDAN....
    SY PETANI/BUDI DAYA JAMUR TIRAM DI MEDAN.
    SY MENJUAL BIBIT ATAU BAGLOG JAMUR TIRAM.
    BAGI REKAN REKAN YG DI MEDAN ATAU LUAR MEDAN YG INGIN BUDI DAYA JAMUR TIRAM DAN TANYA JAWAB TENTANG JAMUR BISA MENGHUBUNGI SAYA....
    CONTACT Hp : 08126332528
    087868009787
    (061) 76686846
    === Syahrul Jamur ======

    BalasHapus
  30. Miselium itu apa sih mas ??..

    BalasHapus
  31. mas saya berminat untuk membudidayakan jamur tiram. ada yang bisa kasih info penjualan bibit jamur tiram. saya di batam kalau ada mohon kirim infonya ke alamat email saya wrnet9@gmail.com

    BalasHapus
  32. sore mas wawan... maaf boleh saya izin memuat tulisan2nya diblog saya...
    saya lagi belajar usaha budidaya jamur tiram... mohon bimbingan dan petunjuknya...

    BalasHapus
  33. Mas Numpang Iklan ya!
    Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba untuk budidaya jamur tiram di daerah medan terutama wilayah tanjung morawa kami siap menyediakan bibit/baglog dengan menghubungi Hp 081265318900

    Buat mas wawan moga sukses selalu, buat mas syahrul salam sukses ya!

    BalasHapus
  34. Kami pengembang jamur konsumsi dari Binjai - Sumatera Utara,
    menawarkan kepada rekan-rekan pembudidaya jamur tiram di daerah
    sumatera utara :

    Menjual bibit jamur tiram putih F0 (kultur murni/PDA) , F1(media
    jagung giling), F2 (media jagung giling).


    Hayati Jamur, jl. Bogor no 34 Binjai (belakang Rumah Sakit kesdam/RS
    Tentara Binjai) telp : 0817210019

    BalasHapus
  35. choky...

    butuh bibit jamur tiram...
    rekan rekan bisa hub,,085270045645

    domisili tebing tinggi sumut
    harga bisa nego

    BalasHapus
  36. Numpang promosi mas , jual baglog jamur tiram putih berat 1,3 kg harga 2500/baglog , hubungi no HP : 082131331415 ( Ny RIA )

    BalasHapus
  37. Bila Anda membutuhkan Thermometer Hygrometer, alat untuk mengukur suhu dan kelembaban ruangan.antaran sampai ke tempat. Lokasi Medan. sms ke 085297214753 Nea

    BalasHapus
  38. Saya tertarik budidaya di mataram NTB. dimana saya dapat membeli baglog.
    Info ke email : jiplombok@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  39. Kartika Jamur :
    Yang jadi Petani dengan yang buat Baglog mana lebih banyak mas.., ada yang monopoli tidak.., dimana buat bibit ,..buat baglog..sekalian jual jamur kripy .., kapan ada pelatihan.., saya jual jamur Rp.20.000,- per kilo kemahalan tidak ?.., harga baglog utk medan cocoknya berapa ya mas..?

    BalasHapus
  40. NUMPANG IKLAN MAS :
    JAMUR TIRAM SEGAR HUBUNGI 085270680344 NY LINDA , BISA UKURAN 2 ONS , 5 ONS ATAU 1 KG.., JUGA MENAMPUNG JAMUR TIRAM DARI PETANI JAMUR YG KESULITAN PEMASARAN UNTUK JAMUR KRISPY

    BalasHapus
  41. selamat malam,
    mas aku mau tanya harga per baglog itu berapa?dan tempatnya ini dimana?aku mau belajar membudidayakan jamur tiram.tolong infonya dikirim ke a12ini@rocketmail.com ya..
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  42. slmt sore mas,wawan.mas saya boleh minta no tlp nya,klo boleh tlng kirimin ke Moelyadimaulana@gmail.com thanks ya mas

    BalasHapus
  43. Mencirim Jamur
    Sore kawan2! Numpang command dikit ya. Utk petani jamur di wilayah Medan n sekitarnya, Mari kita pertahankan harga jamur. Saya masih bisa menjual jamur segar Rp.25.000 ke agen dan Rp.30.000 ke konsumen langsung. Saya jg masih bisa menjual Baglog uk 20*35 dgn harga Rp. 5.000/log. Yg penting kita mau terus belajar dan tingkatkan kualitas.
    jantafie@yahoo.com

    BalasHapus
  44. Mas wawan saya dari Aceh, tepatnya di Sigli, saya mau nanya. kalo suhunya sampai 36 derajat bisa gak ia budidya jamur tiram, soalnya di daerah saya pada gak tumbuh jamur tiramnya. mohon ilmunya mas wawan. mungkin bisa balas ke email saya( rezki_cool@yahoo.com )

    BalasHapus
  45. assalamuallaikum..
    pak,sy berdomisili di malang, sy ingin sekali buka usaha jamur tiram ini di daerah kalimantan barat, sekira nya bapak berkenan mengajari saya cara budidaya jamur ini, trus bagaimana pembelian blog dan bibitnya bagaimana, sy masih sangat awam soal pembudidayaan jamur tiram ini, dan sy sangat tertarik untuk budidaya jamur ini di daerah kalimantan, karena di sana masih sangat jarang pembudidayaan jamur ini.. makasih banyak pak, mohon bimbinganya..

    BalasHapus
  46. Assalamu'alaikum,,,
    mas Wawan,saya tertarik untuk budi daya jamur tiram,domisili saya di kota Tegal
    bagaimana saya harus memulai usaha ini,,,
    perlukah saya mengikuti pelatihan praktik budi daya jamur tiram???
    terima kasih.
    tolong balas ke email saya:
    tyana_cute90@yahoo.com

    BalasHapus
  47. NUmpang Iklan mas Fith...

    bagi rekan" yg membutuhkan jamur tiram segar dan baglog jamur tiram untuk daerah medan, tanjung morawa dan sekitarnya..bisa menghubungin kami di 083198711112 (arjuna jamur)..
    trima kasih...

    BalasHapus
  48. tuk wilayah tuban jatim da yang jual bibit jmur tiram putih gak?

    BalasHapus
  49. saya tinggal di medan,
    Kapan kira2 ada pelatihan Pembuatan Baglog jamur tiram untuk wilayah medan..?
    dimana saya bisa mendapatkan baglog jamur tiram di medan?
    tlg balas ke email saya : ali.iskandar95@gmail.com

    BalasHapus
  50. saya menerima baglog jamur tiram seharga 1600/log (blum trmasuk ongkos kirim
    saya berdomisili di kuningan-jawa barat
    jika anda berminat hub. 082129921762

    BalasHapus
  51. saya di denpasar

    BalasHapus
  52. harry jamur denpasar-bali15 Desember 2011 00.40

    saya tinggal di denpasar- bali. harry's jamur, menerima pesanan jamur tiram segar,bibit f1,f2dan f3[log jamur]jika berminat silakan hub:085253719282.

    BalasHapus
  53. harry jamur denpasar bali15 Desember 2011 00.44

    menerima pesanan jamur tiram segar,bibit f1,f2 dan log jamur. jika berminat hubungi.085253719282

    BalasHapus
  54. JUAL BEGLOG JAMUR TIRAM PUTIH

    UKURAN : 30 CM, BERAT 1 KG

    HARGA : Rp. 7000 ( Belum Termasuk Ongkos Kirim )

    ALAMAT :

    PERUMAHAN SAMBUTAN PERMAI BLOK BS NO. 4 KOTA SAMARINDA/ KALIMANTAN TIMUR

    Hp: 081347946310 ( MUSTOPA )


    CATATAN : minim order 500 BEGLOG


    ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH

    JAMUR TIRAM KALIMANTAN

    BalasHapus
  55. saya di payakumbuh SUMATERA BARAT.
    KAMI MENERIMA:
    1. BAGLOG JAMU TIRAM
    2. JAMUR TIRAM SEGAR
    3. BIBIT F1, F2 DAN F3
    4. PELATIHAN JAMUR TIRAM
    5. BUKU PAKET PANDUAN BELAJAR MANDIRI BUDIDAYA JAMUR TIRAM PLUS 1BOTOL BIBIBT F2
    UNTUK INFO HUB. 081267056021
    http://jamurtiramsumbar.wordpress.com/

    BalasHapus
  56. Mohon infonya obat ato hormon perangsang tmbuh jamur tiram ada ndak ya! Saya dah mulai pmbudidayaan,tp panen cnderung menurun,mohon infonya.

    BalasHapus
  57. missiii Numpang Iklan mas...
    yang butuh baglog daerah ngawi madiun dan sekitarnya, ato dimanapun anda berada (luar jawa juga bisa) bisa kontak ke agegetho@ymail.com

    BalasHapus
  58. kami gapoktan andira menyediakan
    1.baglog jamur tiram
    2.bibit f2
    3.jamur tiram segar
    bagi anda yg berminat segera hub 085329230150 area tegal,pemalang,pekalongan

    BalasHapus
  59. kami butuh penawaran untuk mesin" pendukung pembuatan baglog dari alat pres, aduk, sterilisaia, dll..
    jika tertarik bisa kirim email di goesdhany@yahoo.com

    BalasHapus
  60. Kalau saya melihat adanya pemberian nutrisi pada proses pembuatan baglog bagaimana pak?
    Ada ga pengaruhnya dengan produktifitasnya?
    Msih belum berpengalaman sekali dan ingin ngambil 100.000 baglog soalnya.

    BalasHapus
  61. Maju Terus petani jamur tiram Indonesia, salam sukses www.pelatihanjamurtiram.com

    BalasHapus
  62. Salam Sukses Bagi pencinta jamur
    Kami dari Kelompok SMKN 1 Kuripan Lombok Barat NTB membudidayakan jamur tiram
    menawarkan/menjual ;
    1. Bibit jamur tiram berkualitas F2, F3 (Rp 10.000)
    2. baglog jamur tiram
    3. jamur segar
    4. Pelatihan/Konsultasi dan Penelitian (GRATIS)
    kami menjual tanpa minimal 1 botol atau 1 baglog pun kami layani
    kepuasan pelanggan yang kami utamakan
    hubungi kami :
    Nama : Hasan Basri S.Pi
    Hp : 081915966405
    alamat : Perumahan Dinas SMKN 1 Kuripan Lombok barat NTB
    email hasanbasri2806@gmail.com
    http://jamurhasan.blogspot

    BalasHapus